Home / Franchise / 10 Langkah Memfranchisekan Laundry

10 Langkah Memfranchisekan Laundry

Ketika usaha bisnis laundry Anda sudah mulai berkembang. Membuka cabang juga sudah mulai menunjukkan hasil, masa-masa kritis juga sudah terlampaui, ada baiknya Anda mulai membakukan usaha tersebut menjadi sebuah sistem yang bisa berjalan dengan baik. Budaya kerja yang positif di bisnis laundry Anda juga sudah mulai bisa diuplikasikan, maka tak ada salahnya Anda berpikir untuk mengambangkan bisnis tersebut melalui cara waralaba atau franchise.

Nah, untuk memulai memfranchisekan usaha laundry Anda, berikut ini tips yang kami saring dari berbagai sumber.

Langkah Mewaralabakan laundry Pertama adalah, mempersiapkan satu konsep laundry yang matang. Konsep sangat penting dalam sebuah bisnis, karena ia akan menjadi roda dalam sistem operasional sebuah bisnis.

Langkah Mewaralabakan laundry Kedua adalah, mempersiapkan tim bisnis yang kuat dan baik, mulai dari tim manajemen hingga karyawan dimana setiap level memahami dengan baik sistem, berbagai masalah hukum dan etika serta hakikat dari sebuah bisnis franchise. Persiapkan juga tim yang akan berkonsentrasi pada pengembangan franchise itu sendiri, diluar tim yang mengelola bidang usahanya.

Langkah Mewaralabakan laundry Ketiga adalah, membuat dan menentukan nilai jual produk atau bisnis sebagai suatu keunikan dibanding yang lain. Tanpa keunikan dan perbedaan dari yang lain rasanya sulit bagi sebuah produk atau jasa mengambil pasar. Berikan nilai plus sebagai pembeda laundry Anda daripada yang lain.

fr3sh laundry Jogjakarta
fr3sh laundry Jogjakarta

Langkah Mewaralabakan laundry Keempat adalah, memastikan bahwa laundry Anda bisa distandarisasi, bahan baku tidak sulit didapat, dapat dikerjakan dengan sistem, dan mudah dikerjakan.

Langkah Mewaralabakan laundry Kelima adalah, membuat sistem semudah mungkin bagi operasional sehingga mudah diajarkan. Semakin simple akan semakin mudah dan semakin sukses.

Langkah Mewaralabakan laundry Keenam adalah, membuat usaha atau bisnis tersebut mudah diduplikasi orang lain kepihak lain.

Ketujuh adalah, mendaftarkan merek usaha dan hak cipta untuk melindungi usaha dari berbagai tindakan yang tidak baik dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Langkah Mewaralabakan laundry Kedelapan adalah, membuat berbagi paket investasi yang menarik bagi calon investor dengan return secepat mungkin namum tetap reliable dan realistis.

Langkah Mewaralabakan laundry Kesembilan adalah, mendaftarkan waralaba di Departemen Perdagangan untuk mendapatkan STPW (surat tanda perdaftaran waralaba) dan jangan lupa bergabung ke asoasi franchise yang ada. Seperti Asosiasi Franchise Indonesia dan Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (Wali).

Langkah Mewaralabakan laundry Kesepuluh adalah, memasarkannya melalui Franchise Expo atau pasang iklan di media.

baca artikel lain di majalah laundry

Ada komentar?

Baca Juga

Jangan lupa share :)

About Majalah Laundry

Majalah Laundry adalah media referensi usaha laundry. Terbit untuk Anda yang ingin menambah pengetahuan, wawasan dan tips serta trik dalam mengembangkan dan mengelola usaha laundry. Kami terus berupaya menghadirkan sesuatu yang baru ke hadapan Anda.

BACA JUGA

reza-rahadian-tas-promosi-jogja

Produksi Laundry Bag Reza Terus Meningkat

Bisnis laundry terbukti merupakan bisnis yang dapat mengurangi pengangguran. Usaha ini dikenal dengan usaha yang ...

shares