Home / Perlengkapan / Bagian-bagian dari Sepatu

Bagian-bagian dari Sepatu

Bagian-bagian Dari Sepatu

MAJALAH LAUNDRY – Seiring dengan pertumbuhan usaha laundry, kini mulai banyak pengusaha laundry yang merambah lahan bisnis cuci sepatu. Bahkan ada yang secara khusus membuka outlet cuci sepatu. Selain itu, juga banyak bermunculan brand-brand perawatan sepatu. GlowsOn salah satunya. Brand yang awalnya hanya mengeluarkan produk perawatan helm ini, sekarang juga menyediakan produk khusus sepatu, tas dan apparel kulit.

Belum lama ini, Majalah Laundry mendapatkan kiriman dari GlowsOn berisi sketsa bagian-bagian dari sepatu. Sneaker yang merupakan sepatu dengan bagian paling banyak, dijadikan model untuk menjelaskan apa saja bagian-bagian yang ada pada sepatu.

Berikut ini penjelasan bagian-bagian dari sepatu atau komponen sepatu.

 

BAGIAN SNEAKER
Bagian pada sneaker – GlowsOn

Outersole

Ini adalah sol yang ada yang ada pada bagian bawah. Bagian yang menapak tanah. Biasanya terbuat dari plastik, karet, sintetis hingga kayu (high heel). Bagian ini biasanya paling kuat karena selain menopang berat badan si pemakainya, juga selalu bertumpu pada tanah dengan segala kondisinya.

Setiap sepatu memiliki ciri khas berbeda-beda. Bahkan ada beberapa sepatu yang menempatkan outersole sebagai bagian dari branding. Artinya, setiap bekas tapak sepatu menjadi ciri khas brand tersebut.

Wakai misalnya, memiliki outersole yang unik sehingga bekas tapaknya dapat ditengarai.

Midsole

Midsole adalah bagian samping yang berada persis di atas outersole. Bagian ini biasanya melingkar menyeluruh pada sepatu. Dia berfungsi menjaga upper agar terintegrasi dengan outersole. Midsole harus menempel kuat pada outersole, jika tidak maka jari kaki bisa nongol keluar mengintip. 🙂

Upper

Upper adalah bagian atas secara umum. Bagian samping, depan, belakang atau boleh juga disebat mainbody. Meski begitu, upper juga memiliki bagian-bagian yang masing-masing punya nama dan fungsi berbeda.

Insole

Insole adalah lembaran baik yang menyatu maupun dapat dilepas, yang berada persis di bawah telapak kaki. Insole biasanya lembut dan empuk agar kaki nyaman menapak. Lekuk pada insole tentu saja mengikuti lekuk pada telapak kaki.

Eyelet/Lubang Tali Sepatu

Eyelet selalu ada untuk sepatu yang memiliki tali. Fungsinya sudah jelas untuk memasukkan tali agar mengikat kuat kaki kita pada sepatu. Cara menali sepatu juga terdapat bermacam-macam gaya. Biasanya terlihat di atas ada yang menyilang ada juga yang lurus.

Tongue/Lidah

Lidah sepatu adalah bagian yang menjulur yang tenggorokannya terikat oleh tali. Ini untuk menjaga kenyamanan pergelangan kaki bagian atas

Eyestay/Papan Lubang Tali

Eyestay ini adalah bagian khusus pada sneaker yang berfungsi untuk menjaga lubang tali. Biasanya terbuat dari panel yang lebih kuat dari quarter, ada juga yang terbuat dari suede. Bahkan di beberapa brand, eyestay ini terbuat dari plastik keras dengan bentuk bervariasi. Ini untuk menjaga agar lubang tali menjadi kuat, kokoh dan tidak mudah koyak.

Toe Tip/Ujung Jari

Bagian ini ada di upper yang persis berada di ujung jari. Biasanya terbuat dari suede, seirama dengan eyestay. Menyambung antara midsole dengan front upper. Beberapa merek sepatu, terdapat lubang angin pada bagian ini.

Quarter

Quarter adalah bagian pada sisi kanan dan kiri. Pada sneaker biasanya terbuat dari kain. Bisa dikatakan, ini sebetulnya bagian utama pada upper setelah upper diberi beberapa bagian lain. Quarter menyambungkan antara midsole dengan bagian-bagian di atas seperti eyestay, topline, lekuk tumit dan di bagian depan, quarter menyambung antara panel ujung kaki dengan eyestay.

Ada komentar?

Baca Juga

Jangan lupa share :)

About Majalah Laundry

Majalah Laundry adalah media referensi usaha laundry. Terbit untuk Anda yang ingin menambah pengetahuan, wawasan dan tips serta trik dalam mengembangkan dan mengelola usaha laundry. Kami terus berupaya menghadirkan sesuatu yang baru ke hadapan Anda.

BACA JUGA

cara membersihkan sepatu kets

Cara Membersihkan Sepatu Kets Dengan Baking Soda

Kesulitan membersihkan sepatu kets yang dekil? Kini ada cara yang cukup mudah. Anda bisa gunakan ...

shares