Home / Keuangan / Begini Cara Mengelola Keuangan Laundry

Begini Cara Mengelola Keuangan Laundry

Cara Mengelola Keuangan Laundry

Kesibukan terhadap berbagai macam aktivitas pekerjaan sekarang ini membuat sebagian besar masyarakat menggunakan tanaga orang lain untuk menyelesaikan pekerjaan rumah, salah satunya adalah aktivitas mencuci yang mana banyak orang menggunakan jasa laundry.

Dengan hadirnya usaha laundry tentu saja akan lebih mempermudah orang yang mungkin memiliki waktu terbatas dan sangat dibutuhkan oleh sebagian besar orang.

Banyak yang menganggap menggunakan jasa laundry lebih efektif karena nantinya hasil cucian dari jasa laundry sudah bersih, rapi dan juga wangi. Selain itu berbagai macam jenis pakaian juga bisa diterima.

Jika memang Anda memiliki usaha jasa laundry, maka mengatur setiap keuangan tentu saja sangat penting, oleh karena itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara untuk mengatur keuangan dalam usaha jasa laundry agar nantinya usaha Anda menjadi lebih maju dan menghindari resiko kebangkrutan serta mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengelola manajemen keuangan usaha jasa laundry yang bisa Anda lakukan:

Mengutamakan Persediaan Kelengkapan Operasional

Yang pertama adalah mengutamakan persediaan dari kelengkapan operasional, contohnya saja seperti detergen, kemudian pengharum pakaian dan juga perlengkapan yang lainnya untuk operasional sehari – hari, usahakan untuk selalu tersedia.

Kemudian Anda juga perlu mengusahakan agar jangan sampai kehabisan karena nantinya bisa mengganggu jalannya operasional dari laundry Anda dan tentu saja akan mengecewakan konsumen.

Anda bisa menyisihkan kurang lebih 30%dari keuntungan Anda untuk nantinya membelanjakan perlengkapan operasional agar proses dari usaha tidak terhambat.

Melakukan Perawatan Peralatan

Kemudian yang kedua adalah Anda sangat perlu untuk melakukan perawatan terhadap semua peralatan secara rutin. Selain memperhatikan kelengkapan, peralatan operasional juga sangat penting untuk diperhatikan.

Anda bisa selalu memeriksa secara rutin kondisi dari mesin cuci, mesin pengering, timbangan dan juga setrika. Jangan sampai nantinya beberapa jenis mesin tersebut rusak dan menimbulkan kecelakaan kerja.

Hal tersebut tentu saja akan berakibat fatal, selain itu Anda juga bisa memberikan dana khusus kurang lebih 10% dari keuntungan yang Anda dapatkan untuk membiayai perawatan dan juga perbaikan dari peralatan usaha laundry milik Anda.

Melakukan perawatan dengan rutin pada setiap peralatan nantinya akan mencegah terjadinya kerusakan parah. Selain itu dengan rutin melakukan perawatan tentu saja akan mengurangi pengeluaran.

Memperhatikan Kesejahteraan Pegawai

Lalu yang ketiga adalah memperhatikan kesejahteraan dari setiap pekerja yang Anda miliki. Berikan upah yang layak kepada setiap pekerja di usaha jasa laundry.

Sebaiknya alokasikan dana sebesar 40% dari keuntungan untuk menggaji setiap pegawai Anda. Selain itu Anda juga perlu memperhatikan keselamatan kerja dari para pegawai Anda karena bekerja dengan menggunakan mesin tentu saja memiliki resiko yang cukup tinggi bagi keselamatan kerja pegawai.

Anda bisa membiasakan untuk memberikan pelatihan kepada pegawai sebelum mengoperasikan mesin.

Melakukan Promosi

Selain itu Anda juga bisa melakukan promosi secara intensif dan juga maksimal, kesuksesan dari usaha tentu saja membutuhkan promosi secara efektif.

Untuk promosi Anda bisa mengalokasikan dana sebesar 10%. Anda bisa memilih media promosi yang memiliki biaya murah, contohnya saja seperti pamphlet ataupun menggunakan media sosial sebagai media iklan.

Anda bisa memanfaatkan sosial media seperti facebook, twitter, instagram atau yang lainnya.

Jadi itulah beberapa tips yang bisa diterapkan di dalam mengelola manajemen keuangan dari jasa laundry yang sedang Anda jalankan.

Selain itu ada baiknya juga jika Anda menyisihkan 2,5% dari keuntungan Anda sebagai infaq dan sisanya sendiri bisa disisihkan untuk dana darurat ataupun investasi.

Itulah cara mengelola keuangan laundry yang bisa Anda terapkan.

Ada komentar?

Baca Juga

Jangan lupa share :)

About Majalah Laundry

Majalah Laundry adalah media referensi usaha laundry. Terbit untuk Anda yang ingin menambah pengetahuan, wawasan dan tips serta trik dalam mengembangkan dan mengelola usaha laundry. Kami terus berupaya menghadirkan sesuatu yang baru ke hadapan Anda.
shares