Home / Marketing / Cara Berjualan di Grup Facebook Supaya Laris

Cara Berjualan di Grup Facebook Supaya Laris

Apakah Anda cukup aktif menggunakan jejaring sosial Facebook? Memanfaatkannya untuk berjualan? Meskipun kini muncul begitu banyak jejaring sosial, tetapi Facebook masih tetap menjadi salah satu pilihan favorit para netter untuk berinteraksi. Bagi para pedagang online, situs media sosial ini masih menarik untuk dijadikan lahan berjualan. Salah satunya adalah grup Facebook.

Nah, jika Anda pedagang online yang juga mengandalkan grup di Facebook sebagai lahan berjualan, tak ada salahnya menyimak tips berikut ini.  Cara berjualan di grup Facebook ini termasuk dalam strategi marketing dengan metode soft selling. Meskipun tips ini bisa juga dimanfaatkan di platform lainnya, tetapi penting juga untuk diperhatikan agar Anda menjadi primadona dengan nilai omzet yang fantastis.

13 Tips Cara Berjualan di Group Facebook Supaya Laris dan Tidak Terkesan Spamming

Sebelum masuk menjadi member sebuah grup di facebook, pastikann untuk membaca peraturannya. Ada beberapa grup yang bukan merupakan forum jual beli, tetapi mengijinkan anggotanya untuk berjualan atau menawarkan barang, tetapi dengan syarat khusus. Perhatikan syaratnya. Misal, hanya boleh menawarkan barang di akhir pekan atau hanya boleh di malam hari dll. Jangan sampai mengirimkan penawaran di wall grup dengan membabi-buta tanpa membaca peraturannya. Anda akan dianggap spam atau diremove oleh adminnya.

 

  1. Postinglah produk Anda dengan bahasa pemasaran yang menarik. Buatlah bahasa postingan secara powerful yang mampu menarik perhatian dan dapat membuat penasaran para member di group untuk mau membaca atau mengklik postingan Anda.
  2. Buatlah judul postingan Anda di group facebook. Jangan hanya mengisinya mengenai produk-produk Anda, tetapi buatlah judul yang membuat para member group menjadi penasaran dan ingin membaca isi postingan Anda.
  3. Sisipkanlah gambar produk yang menarik, selain judul dan isi dari postingan Anda siapkan juga satu gambar yang menarik sehingga mampu mengalihkan perhatian member lain ke group Anda. Jika perlu, Anda bisa mendesain gambar sendiri dan kemudian memberi garis merah pada pinggir gambar agar tampak lebih mencolok.
  4. Jangan melakukan banyak postingan status hanya dalam waktu singkat di satu group. Sebenarnya Anda tidak perlu melakukannya, Anda cukup menuliskan komentar di postingan Anda sebelumnya dan dengan sendirinya postingan yang telah di bawah akan naik di posisi atas.
  5. Jangan gunakan akun profil abal-abal untuk melakukan promosi. Jika nama profil yang Anda pergunakan untuk promosi sudah tidak meyakinkan, maka kemungkinan orang tidak yakin dengan akun Anda dan enggan melakukan transaksi dengan Anda. Oleh sebab itu, gunakanlah nama asli yang bisa mengenalkan diri Anda sebenarnya.
  6. Jadwalkan waktu Anda untuk posting status di group facebook, karena tidak setiap waktu para pengguna facebook aktif di depak komputer untuk melihat group. Dengan begitu, Anda harus paham kondisi kapan kira-kira user sedang on di facebook.
  7. Bergabunglah dengan banyak facebook yang memiliki member di atas 10 ribu member. Berdasarkan penelitian, dengan member yang sudah lebih dari 10 ribu paling tidak ada sekitar 20% yang mau membaca dan melihat status yang Anda buat dan sekitar 10% mau melakukan transaksi pembelian.
  8. Arahkan member group untuk menuju website yang Anda miliki. Cara ini merupakan strategi dengan dua keuntungan. Jika Anda memiliki toko online atau website untuk promosi produk. Anda dapat membuat status kemudian dibawahnya bisa Anda cantumkan link yang mengarah ke website Anda. Keuntungan yang Anda dapatkan adalah promosi dan jualan di group serta mendapatkan traffic untuk website Anda.
  9. Baca dan pahami aturan yang telah dibuat oleh admin group. Sebelum Anda melakukan promosi, sebaiknya Anda membaca dan memahami aturan yang dibuat oleh admin group. Jangan pernah melakukan sesuatu hal yang tidak diperbolehkan di group tersebut agar Anda tidak di blokir dari member group.
  10. Cantumkan kontak sehingga orang mudah menghubungi Anda. Buatlah juga deskripsi secara rinci mengenai manfaat dan juga kelebihan jika mereka menggunakan produk Anda.
  11. Jangan pernah sekali-kali berniat untuk melakukan penipuan, karena sekali Anda melakukan curang maka Anda akan selamanya di backlist oleh member group. Hal itu juga akan sangat memudahkan para pengguna sosial media untuk menyebarkan pada masyarakat luas bahwa Anda seorang penipu.
  12. Bangunlah interaksi yang baik dengan member lain. Misalnya saja dengan membuat status motivasi, tips, kata-kata mutiara dan lain sebagainya. Usahakan juga untuk memberikan komentar pada status orang lain dan melakukan like status ke group lain. Hal itu dapat memberikan efek bagus yaitu Anda bisa mendapatkan hal yang sama dari orang lain ketika Anda membuat status.
  13. Hindari hit and run. Banyak penjual di grup Facebook hanya memanfaatkan momen berjualan saja. Meninggalkan jejak dengan memposting produk, lalu tidak pernah nongol lagi di grup tersebut. Hal ini akan menurunkan tingkat kepercayaan para calon pembeli.

Demikian sedikit cara berjualan di grup Facebook. Semoga bermanfaat. Silahkan share.

beli majalah laundry

Ada komentar?

Baca Juga

Jangan lupa share :)

About Majalah Laundry

Majalah Laundry adalah media referensi usaha laundry. Terbit untuk Anda yang ingin menambah pengetahuan, wawasan dan tips serta trik dalam mengembangkan dan mengelola usaha laundry. Kami terus berupaya menghadirkan sesuatu yang baru ke hadapan Anda.

BACA JUGA

simply-fresh-palembang

Pentingnya Split Testing Untuk Usaha Laundry

Pentingnya Split Testing Untuk Usaha Laundry Dalam dunia advertising dikenal istilah split testing. Split testing ...

shares