Home / Marketing / Cara Membuat Membership Laundry

Cara Membuat Membership Laundry

Ada banyak cara untuk mengikat pelanggan agar tidak berpaling ke laundry lain. Sebagai sebuah strategi marketing laundry, salah satunya adalah dengan menerapkan sistem membership. Sama halnya dengan layanan belanja atau pemanfaatan jasa di bidang lain, membership dimaksudkan untuk memberikan kemudahan serta kenyamanan pelanggan.

Lalu bagaimana cara membuat membership untuk pelanggan laundry dan apa saja yang diperlukan? Kali ini kita akan membahas bagaimana menyiapkan sistem membership untuk laundry Anda. Kita buat saja perumpamaan laundry Anda menerapkan kiloan dengan harga Rp. 5.000,- per kilogram.

Biasanya, seorang member akan mendapatkan potongan 10% dari setiap transaksi. Besaran 10% merupakan besaran yang ideal, tidak terlalu menekan cost dan pelanggan juga ikut senang dengan potongan tersebut. Artinya, setiap pelanggan yang sudah menjadi member akan mendapatkan diskon 10% dari setiap transaksi.

Tapi Anda juga bisa meng-custom layanan apa saja yang bisa didiskon. Misal, khusus layanan satuan, sepatu dan karpet tidak berlaku. Atau hanya berlaku diskon jika dalam satu struk minimal 4 kilogram. Atau bahkan Anda memberlakukan apapun jenis cucian dan berapapun transaksinya. Itu terserah Anda. Plus minus dari hal tersebut tidaklah banyak.cara membuat membership laundry

Lalu yang jadi pertanyaan, bagaimana cara pelanggan mendapatkan membercard? Nah, di sini Anda juga bisa memilih member card yang “gratisan” atau “bersyarat”. Gratisan maksudnya, siapa saja bisa mendapatkan kartu member gratis tanpa syarat. Cukup mendaftar dan langsung bisa membawa pulang kartu member aktif.

Namun, menurut hemat saya, berikan member card kepada pelanggan dengan syarat khusus. Misal, pelanggan akan mendapatkan member card apabila membawa cucian dengan berat minimal 5 kilogram. Atau Anda bisa juga memberikan syarat, akumulasi nota dalam beberapa transaksi mencapai Rp. 100.000,- akan mendapatkan member card, dsb.

Yang penting, hindari cara menjual membercard. Jangan meminta pelanggan membayar dengan uang cash untuk mendapatkan member card. Hal itu akan memberatkan pelanggan. Member card diterbitkan untuk memudahkan pelanggan dan memberi kesan keringanan, jika pelanggan harus mengeluarkan uang tunai, itu bukan keringanan tetapi justru memberatkan.

Setelah pelanggan memiliki member card, kini tinggal pemberlakuan diskon. Anda bisa memberlakukan diskon all services tanpa kecuali, misal 10%. Dengan cara ini Anda punya peluang untuk mengikat pelanggan agar tidak pindah ke laundry lain. Umumnya, pelanggan akan tetap loyal ke laundry Anda karena adanya diskon.

Anda juga bisa memberlakukan sistem kuota. Misal, dengan deposit Rp. 100.000 pelanggan mendapatkan kuota 22kg. Misal dengan harga normal Rp. 5.000,-/kg maka pelanggan mendapatkan keringanan sampai 2 kilogram.

Jika Anda memberlakukan kuota seperti di atas, maka ketentuan untuk menjadi member bisa dipermudah. Atau bahkan sistem kuota bisa berlaku untuk siapa saja, baik member ataupun non member. Bisa juga pembelian paket kuota Rp. 100.000,- pelanggan mendapatkan member card. Besaran kuota dan nilai tranksi bisa Anda sesuaikan sendiri.

Tapi seperti tujuan semula bahwa penerbitan membership untuk mengikat pelanggan, tetap berikan privillege bagi pelanggan yang mendaftar menjadi member.

————–

Cara membuat membership laundry dan memulai menerbitkan sistem member, Anda bisa memulai segera dengan persiapan berikut ini:

  • Member Card. Member card bisa Anda terbitkan dengan menggunakan bahan kertas seperti kartu nama atau agar lebih awet gunakan mika seperti yang digunakan untuk kartu ATM. Jika menggunakan bahan kertas, pilih kertas artpaper yang ketebalannya di atas 210gr. Untuk bisa lebih awet, tambahkan laminasi saat pencetakan.

 

Buatlah desain yang menarik tetapi simpel. Selain berfungsi sebagai kartu member, buatlah kesan agar pelanggan bangga memiliki kartu tersebut. Anda bisa mencetak massal dengan numerisasi. Untuk masa aktif bisa ditulis manual pada kartu tersebut.

 

Untuk mencetak kartu dengan tulisan masa aktif tercetak, pastikan Anda memberi jeda waktu yang cukup. Misalnya, untuk kartu yang berlaku dua tahun hingga Desember 2017, maka kartu tersebut sudah harus terdistribusi sebelum Desember 2015. Jika kartu beredar mulai November 2015, maka masa aktif tidak terpotong, tapi jika beredar setelah Desember 2015, otomatis masa berlaku tidak jadi dua tahun. Tentu saja ini tidak fair.

 

Harga kartu dengan menggunakan kertas artpaper tebal plus laminasi, perbuah tidak sampai Rp. 1000,-. Jika menggunakan mika, harganya sekitar Rp. 10.000. Tapi jika diproduksi dalam jumlah sangat banyak harganya bisa lebih murah, tetapi tentu saja ini disesuaikan kebutuhan Anda.

 

  • Pembukuan Khusus. Pembukuan khusus member ini sangat penting, fungsinya adalah untuk membuat database. Selain itu Anda juga bisa memeriksa masa aktif member dan memeriksa transaksi. Jika Anda menggunakan transaksi yang komputerisasi, pencetakan member card bisa dilengkapi dengan barcode dan didukung dengan alat scanner sehingga semua transaksi member dapat terekam di komputer. Ini akan memudahkan Anda mengelola database, mengirimkan promo-promo dan program lainnya.

 

  • Untuk mendukung kelancaran program membership ini, Anda perlu membuat promo yang menarik. Cetak program membership Anda di sebuah poster yang mudah dilihat oleh pelanggan saat berkunjung ke outlet Anda.

 

Jika Anda ingin membuat promosi di luar gunakan poster-poster yang tersebar di sekitar target pasar Anda. Gunakan bahasa yang menarik, simpel dan membuat penasaran.

  • Persiapkan bingkisan menarik untuk pelanggan yang loyal. Meski hanya berupa mug atau payung, tetapi ini sangat membantu promosi Anda. Anda juga bisa menyiapkan program besar yang melibatkan pelanggan Anda, misal aksi sosial, gathering dan pertemuan khusus. Meski ini membutuhkan biaya besar, tapi dengan manajemen yang baik, tidak mustahil bisa terlaksana.

 

Anda juga bisa memberikan privillege kepada member untuk program-program lain yang Anda lakukan di luar laundry. Misal, tour ke Bali bersama karyawan. Nah, member bisa saja ikutan dengan diskon khusus. Atau Anda adalah distributor sebuah produk tertentu, berikan diskon khusus untuk member laundry Anda.

 

Selamat mencoba!

baca artikel lain di majalah laundry

Ada komentar?

Baca Juga

Jangan lupa share :)

About Majalah Laundry

Majalah Laundry adalah media referensi usaha laundry. Terbit untuk Anda yang ingin menambah pengetahuan, wawasan dan tips serta trik dalam mengembangkan dan mengelola usaha laundry. Kami terus berupaya menghadirkan sesuatu yang baru ke hadapan Anda.

BACA JUGA

pelanggan laundry kabur

Pelanggan Laundry Kecewa dan Kabur? Begini Tips Mengembalikannya

Pelanggan Laundry Kecewa dan Kabur? Begini Tips Mengembalikannya Seorang pengusaha laundry mengirimkan pesan ke redaksi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares