Home / Marketing / Begini Cara Mencipatakan Customer Evangelist

Begini Cara Mencipatakan Customer Evangelist

Dalam strategi marketing selalu ditemukan cara membuat sebuah trik pemasaran dengan anggaran rendah atawa low budget. Biasanya, marketing low budget itu terkait erat dengan creative marketing. Salah satunya adalah menciptakan Customer Evangelists. Apa itu? Bagaimana cara menciptakan customer evangelist?

Suatu ketika, ada seorang pengguna instagram memposting sebuah gambar kursi sofa yang merupakan kombinasi dari dua gambar. Gambar yang satu bertuliskan before, gambar satunya bertuliskan after. Orang tersebut juga menambahkan caption, “wow, luar biasa. Terima kasih Cleanup Laundry, sofaku dicuci di Cleanup Laundry jadi baru lagi. Keren! Recommended laundry ever”

Postingan itu adalah “kerjaan” si customer evangelist. Secara singkat costumer evangelist adalah sebuah cara di mana pemasar mendorong pelanggan untuk mempromosikan sebuah barang/jasa yang telah dinikmati agar orang lain tertarik untuk mencobanya juga. Nah salah satu cara melakukan costumer evangelist ya melalui testimoni tadi. Jadi seorang pembeli yang telah merasakan manfaat dari sebuah produk misalnya, dimintai pendapatnya agar orang lain yang belum memakai, tertarik mencobanya juga.

Pertanyaan selanjutnya, “Lalu apa keuntungan dari strategi pemasaran ini?” Jawabannya adalah untuk menstimulasi orang lain melakukan pembelian tanpa kesan berpromosi secara berlebihan. Seperti kita ketahui ada banyak masyarakat yang sudah muak dengan pesan komersial, seperti pada iklan yang dilihat hanya menjual sisi positif dari sebuah produk.

Kalau sekarang kita adalah seorang salesman dan menawarkan produk pasti orang akan mudahnya mengatakan: “Ya iyalah bilang barangnya bagus, kan dia pedagang” atau “Jelaslah semuanya bagus, dia kan dibayar untuk promosi”.

Karena alasan itulah mengapa seorang pebisnis harus mengembangkan para customer evangelist di mana orang-orang seperti ini dipersiapkan untuk mempromosikan produk mereka. Biasanya para costumer evangelist adalah pelanggan yang merasa terpuaskan oleh servis yang diberikan sehingga dengan senang hati akan merekomendasi barang atau jasa tersebut pada orang lain.

Lalu bagaimana membuat mereka menjadi evangelist bagi layanan laundry kita? Berikut ini tipsnya.

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mendapatkan costumer evangelist adalah dengan membuat pelanggan terkesan. Anda memang harus menyediakan jasa yang memikat mereka. Datangi pelanggan dan tanyakan apa yang masih kurang. Selanjutnya lakukan perbaikan dan buatlah pelanggan betul-betul jatuh cinta dengan layanan laundry Anda. Jangan lupa juga untuk selalu membuatmu terlihat terbuka akan kritik dan saran sehingga pelanggan merasa diperlukan sebagai “raja”. Semakin pelangganmu merasa istimewa dan puas dengan produk yang dipunya, maka makin tinggi pula Anda bisa mendapatkan costumer evangelist.

Setelah memahami apa itu costumer evangelist dan mendapatkan hati pelanggan, maka langkah selanjutnya adalah membuat mereka mau mempromosikan barangmu. Mungkin sekarang ini Anda sudah memiliki pelanggan setia yang mengirimimu chat berisi rasa puas setelah menggunakan barang jualanmu. Manfaakan mereka untuk menjadi agen laundry Anda berdasarkan pengalaman yang telah dialami baik dengan melakukan “word of mouth” secara langsung atau bisa juga via media sosial seperti Facebook, Twitter, dan juga Instagram.

Yang ketiga adalah, apresiasi setiap pelanggan yang sudah melakukan promosi dengan memberikan hadiah atau potongan harga pada pembelian berikutnya. Tiap kerja atau kebaikan seseorang harus dihargai, termasuk juga pelanggan yang sudah melakukan promosi.

Karena itu Anda dapat memberi hadiah baik itu berbentuk souvenir atau potongan harga saat pelanggan tersebut melakukan transaksi. Dengan cara ini ada dua efek yang terasa di benak pelanggan. Pertama jelas adalah kualitas produkmu dan kedua adalah caramu menghargai usaha mereka dalam mempromosikan jasa yang Anda kelola. Ke depannya jangan kaget kalau pelanggan-pelanggan tersebut makin terpesona dengan layanan serta strategi pemasaranmu.

Selanjutnya, pelihara hubungan baik dengan para costumer evangelist dan buat jaringan yang makin luas secara terus menerus. Lakukan maintenance secara apik para costumer evangelist yang telah Anda punya. Jadikan mereka pelanggan sekaligus partner bisnis yang memiliki peran esensial terhadap keberhasilan bisnis. Ingat, semakin banyak orang yang jatuh cinta dan rela melakukan promosi gratisan, maka makin tinggi pula keuntungan yang akan di dapatkan. Anda pun tidak perlu lagi menghabiskan banyak uang untuk biaya promosi.

Nah, tips selanjutnya adalah kenali si customer yang berpotensi menjadi evangelist Anda. Misal customer Anda adalah salah satu anggota arisan sosialita kota setempat. Atau sekarang lagi ngetren istilah “macan ternak” alias mama cantik anter anak. Jangan salah, mereka merupakan komunitas sosialita yang selalu up to date dan mudah terpengaruh oleh sesuatu yang bersifat euforia.

Jika Anda memiliki produk unggulan atau layanan baru, pastikan untuk mendekati mereka dan mejadikan salah satu diantaranya menjadi customer evangelist.

Itulah cara menciptakan customer evangelist. Selamat mencoba.

beli majalah laundry

Ada komentar?

Baca Juga

Jangan lupa share :)

About Majalah Laundry

Majalah Laundry adalah media referensi usaha laundry. Terbit untuk Anda yang ingin menambah pengetahuan, wawasan dan tips serta trik dalam mengembangkan dan mengelola usaha laundry. Kami terus berupaya menghadirkan sesuatu yang baru ke hadapan Anda.

BACA JUGA

pelanggan laundry kabur

Pelanggan Laundry Kecewa dan Kabur? Begini Tips Mengembalikannya

Pelanggan Laundry Kecewa dan Kabur? Begini Tips Mengembalikannya Seorang pengusaha laundry mengirimkan pesan ke redaksi ...

shares