Home / Strategi / Cara SEO Website Laundry Tanpa Jasa SEO

Cara SEO Website Laundry Tanpa Jasa SEO

Website: shutterstock.com

Jika Anda mencari tips-tips tentang Cara SEO website atau Search Engine Optimation di internet, mungkin akan banyak disarankan dengan cara-cara yang terbilang teoritis. Kami juga terus mencari cara SEO website yang benar.

Tetapi artikel yang pertama kali kami lihat di Google, dengan kata kunci “cara SEO website yang benar” juga ternyata tidak mengajarkan sesuatu yang bisa langsung dipraktekkan.

Nah, bagi Anda yang ingin benar-benar bisa menempatkan posisi artikel atau web di urutan halaman pertama, berikut ini tips praktis (bisa dipraktekkan langsung) agar artikel Anda memenuhi keinginan mesin pencari Google.

Ini juga berlaku untuk Anda yang memiliki website laundry. Mari kita bahas cara SEO website laundry.

Google tidak begitu saja dapat menangkap semua artikel lalu menempatkannya di halaman hasil pencarian. Kami melakukan riset dan mendapatkan hal-hal ini sebagai cara SEO website paling praktis, original, organik dan terukur.

Ini sangat bagus digunakan terutama bagi Anda yang tidak memiliki cukup dana membayar jasa SEO.

Yuk kita pelajari bagaimana cara menulis artikel yang masuk kategori SEO Google.

  1. Artikel Jangan Kurang Dari 300 Kata.

Sebaiknya tulislah artikel dengan panjang yang ideal. Tidak kurang dari 300 kata tetapi juga tidak lebih dari 500 kata. Jika artikel Anda terlalu banyak, gunakan pagination agar artikel bisa terpecah menjadi beberapa halaman.

  1. Judul Artikel Tidak Lebih Dari 70 Karakter.

Angka 70 karakter ini merujuk pada tampilan hasil pencarian mesin Google yang dicantumkan pada halamannya. Jika melebihi 70 kata, Google akan cenderung memotong dan bisa jadi artikel tersebut tidak ditampilkan.

Tetapi banyak pemilik blog membuat judul fantastis yang sangat panjang seperti “JIKA ANDA PEDULI, SEBARKAN!! INI ADALAH CARA MUDAH MENYEMBUHKAN PENYAKIT EKSIM TANPA OBAT KIMIA”.

Artikel seperti itu biasanya dibuat hanya untuk optimasi Adsense atau mengundang traffic dengan cara menyebarkannya ke jejaring sosial Facebook. Tetapi secara SEO organik, belum tentu berhasil.

  1. URL Pendek Lebih Baik

URL jangan terlalu panjang, tetapi harus tetap menyertakan fokus keyword yang Anda inginkan. Misal Anda ingin keyword “cara membersihkan noda tinta” maka empat kata itu sebaiknya tercantum dalam URL. Ini penting dalam cara SEO website.

  1. Tulisan Asli Dan Baru Pertama Diunggah ke Internet.

Jika Anda menggunakan prinsip rewrite, sebaiknya benar-benar rewrite. Banyak orang mengatakan rewrite tetapi sejatinya dia copy paste. Rewrite yang benar adalah tulisan dicopy, dipaste lalu ditulis dengan cara penulisan lain meski menggunakan makna yang sama. Bukan dicopy dari web orang lain, dipaste ke MS Word lalu dicopas ke editor blog/web. Itu sama saja dengan copas. Persis. Hindari.

Mesin Google akan mengutamakan artikel yang pertama kali terindex oleh mesin mereka. Kami mencoba bereksperimen dengan satu artikel kami post ke 4 web milik kami. Hasilnya, tulisan pertama-lah yang SEOnya berhasil.

Kami menganjurkan tulisan original buatan sendiri. Meskipun sumber bisa dikumpulkan dari beberapa web, ini namanya literasi. Dalam cara SEO website, ini sangat penting. Ketika tulisan Anda dicopas oleh orang lain, maka Anda akan tetap berada di atas.

  1. Kalimat Mudah Dibaca

Jangan menggunakan anak kalimat yang memanjangkan kalimat seperti misal; “Pria yang dulu pernah bekerja sebagai staff ahli bagian hukum di Kementerian Koperasi dan UMKM pada tahun 2011 itu kini sudah menjadi seorang pengusaha yang sukses dengan memiliki seribu karyawan yang tersebar di hampir dua puluh kota di Indonesia.”. Kalimat itu sepertinya menarik, bagi wartawan kalimat seperti itu kerap digunakan dalam penulisan berita, tetapi Google bisa pusing tujuh keliling membacanya.

  1. Gunakan Outbond Link

Outbond link adalah sebuah link yang disematkan pada satu kata atau kalimat yang mengarah ke luar web. Biasanya jika sebuah artikel memuat merek, tokoh, brand, atau nama perusahaan, sematkan link luar. Agar lebih gampang carilah link di Wikipedia. Atau jika Anda menuliskan kata “Telkomsel” dalam sebuah artikel, berilah link “www.telkomsel.com” pada kata tersebut. Anda bisa menyertakan lebih dari satu outbond link, tetapi jangan terlalu banyak.

  1. Tambahkan Inbond Link

Inbond link adalah link yang mengarah ke dalam web itu sendiri. Biasanya link yang berisi tag atau kategori atau link artikel itu sendiri.

  1. Tuliskan Keyword Setidaknya Tiga Kali

Dengan menuliskan keyword sebanyak tiga kali, mesin Google bisa menemukan dengan mudah tanpa kesulitan. Jika Anda menulis artikel “Cara Memandikan Bayi” maka sematkan kalimat “cara memandikan bayi” sebanyak tiga kali dalam artikel tersebut. Lebih baik lagi jika salah satunya diberi link atas artikel itu sendiri. Tentu saja mendapatkan link-nya setelah artikel diposting lalu diedit.

  1. Tambahkan gambar.

Jika nama file gambar tersebut masih original seperti “IMG-20160709” ganti dengan nama yang sesuai dengan keyword Anda. Jangan lupa, sematkan “Alt Text” berisi keyword yang Anda inginkan.

  1. Keyword Terdapat Pada Paragraf Pertama

Sebar keyword Anda di beberapa bagian, tetapi paling penting adalah ada satu di paragraf pertama tulisan artikel tersebut.

  1. Buat Subheading Pada Paragraf Pertama

Subheading bisa Anda tambahkan dengan menyertakan kode <h2> atau <h4>. Jangan lupa untuk menutupnya.

  1. Keyword Tidak Dibuat Lebih Dari Tiga Kali Dalam Satu Web

Jika Anda menuliskan beberapa artikel yang hampir sama, pastikan untuk membuat fokus keyword yang berbeda. Jika lebih dari tiga kali dalam satu web, maka artikel Anda yang lain akan tergusur dan tidak naik ke halaman pertama Google. Ini karena Google menganggapnya sebagai spamming.

  1. Gunakan Plugin SEO

Agar lebih terukur, gunakan plugin SEO seperti YOAST atau All In One SEO. Tetapi jika Anda sudah menggunakan prinsip di atas, maka artikel Anda akan dengan mudah dikenal oleh Google meski tanpa Plugin SEO.

Untuk membuat website laundry yang memiliki SEO bagus, misal Anda ingin fokus pada kata kunci “laundry sepatu di Magelang”, maka lakukan hal ini

  1. Buat web dengan nama domain persis keyword misal www.laundrysepatumagelang.com
  2. Jika sudah punya domain sendiri atau domain tersebut sudah dimiliki orang, gunakan judul web atau deskripsi sesuai keyword.
  3. Buat artikel atau page yang memiliki kata kunci fokus. Dalam post atau page tersebut ikuti kaidah seperti yang sudah kami jabarkan di atas. Jangan membuat artikel dengan fokus keyword yang sama lebih dari tiga kali. Jika ingin membuat page atau post yang berkaitan, gunakan fokus keyword lain misal “cuci sneaker magelang”
  4. Baik post maupun page tidak selalu harus dimunculkan di home. Anda bisa membuat page yang memiliki kata kunci tersebut tetapi tidak menampilkannya di menu, tak masalah.
  5. Banyak orang membuat page atau post yang mengarah ke keyword random dengan menambahkan tag bejibun. Sering kita lihat artikel hanya seratus kata tapi tagnya seribu kata. SEO mungkin bisa berhasil tetapi layout website jadi berantankan dan tidak baik. Malah bisa jadi Google tidak menyukai hal seperrti ini. Kami tidak sarankan.

Untuk mendukung agar website Anda memiliki traffic dan cepat terindex oleh Google, lengkapi dengan akun media sosial. Ada akun Facebook, Twitter dan Google+ yang terintegrasi dengan website tersebut.

Jangan lupa setiap setelah artikel jadi dan berhasil dipost, unggah artikel Anda ke Google Console, caranya buka http://google.com/addurl lalu masukkan link artikel Anda dan submit. Ini gunanya agar artikel Anda terindex oleh Google meskipun belum ditemukan secara organik oleh pengunjung.

Itulah cara SEO website laundry yang bisa dipraktekkan langsung. Semoga bermanfaat. Jika Anda mencari kalimat “cara SEO website laundry” di Google, Anda akan menemukan tulisan ini di halaman pertama karena tulisan ini menganut semua kaidah yang telah kami bongkar!

Bagi yang sedang mencari Hosting Handal, gunakan http://bit.ly/HostingCepat

Ada komentar?

Baca Juga

Jangan lupa share :)

About Majalah Laundry

Majalah Laundry adalah media referensi usaha laundry. Terbit untuk Anda yang ingin menambah pengetahuan, wawasan dan tips serta trik dalam mengembangkan dan mengelola usaha laundry. Kami terus berupaya menghadirkan sesuatu yang baru ke hadapan Anda.

BACA JUGA

buat apa punya mentor

Buat Apa Punya Mentor?

Buat apa punya mentor? Pertanyaan itu mungkin sedikit frontal. Tapi sejatinya itu akan menjadi kunci ...

shares