Home / Uncategorized / Dua Laundry dari Indonesia Siap Bertarung di Milan

Dua Laundry dari Indonesia Siap Bertarung di Milan

Industri hospitality di Indonesia, bahkan dunia terus menunjukkan tanda-tanda menggeliat akhir-akhir ini. Hal tersebut dipengaruhi oleh gaya hidup, teknologi serta dukungan modernisasi di segala aspek kehidupan. Lihat saja, memesan hotel, memilih kamar, reservasi tiket perjalanan sudah sangat mudah dilakukan dari ponsel di mana saja.

Semua entitas berlomba-lomba menghadirkan layanan yang terbaik. Ekosistem dalam industri hospitality saling terkait satu sama lain untuk memberikan kepuasan pelanggan. Termasuk jasa laundry.

Pertumbuhan bisnis laundry terus meningkat diiringi dengan berbagai pembaruan teknologinya. Bagi para pengusaha laundry, inilah saatnya untuk berkompetisi meraih akuisisi pelanggan sebanyak-banyaknya.

Hal tersebut lantas menjadikan bisnis laundry menjadi sebuah industri yang menggiurkan sekaligus penuh persaingan.

Kompetisi dan berbagai penghargaan juga kemudian diadakan agar para pengusaha binatu ini memiliki ruang untuk bersaing secara nyata melalui sebuah penilaian.

Global Best Practices Awards 2018 (GBPA2018) adalah salah satunya. Acara ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh CINET, komite internasional untuk para  pengusaha laundry atau International Committee of Textile Care.

CINET yang berkedudukan di Belanda secara kontinyu mengadakan kompetisi. Tahun ini, GBPA2018 diikuti oleh 20 negara. Setiap negara mengirimkan perwakilannya.  GBPA2018 diadakan di Milan, Italia besok tanggal 19 Oktober 2018 bersamaan dengan acara ExpoDetergo, sebuah pameran bisnis laundry dan general cleaning berskala internasional.

Terdapat 20 pengusaha laundry industri dan 25 pengusaha laundry retail. Indonesia mengirimkan dua orang perwakilan. Satu dari segmen dry cleaning dan satu orang dari segmen laundry kiloan.

Di segmen dry cleaning ada Markus Taslim, dari Jeeves Indonesia. Sementara Daniel Christian Tarigan mewakili Indonesia dari kategori laundry kiloan. Daniel adalah pemilik sekaligus pengelola QnC Laundry yang berpusat di Makassar.

Markus Taslim Jeeves Indonesia Pemenang IBPLA2018 Dry Cleaner R

Baik Markus maupun Daniel telah melewati masa penjurian. Keduanya menang dalam kompetisi serupa setingkat nasional yang diadakan oleh Asosiasi Laundry Indonesia (ASLI) dalam Indonesia Best Practices Laundry Awards 2018, 29 Maret 2018 lalu di JIEXPO Kemayoran, Jakarta.

Menurut Eva Maria, penanggungjawab program ini di Indonesia, saat di Milan nanti, Markus dan Daniel akan melakukan pitching di depan 25 juri. Mereka akan memperebutkan predikat terbaik dengan sejumlah parameter penjurian.

Eva Maria, yang juga Sekretaris Jenderal Asosiasi Laundry Indonesia menambahkan, ini merupakan kesempatan Indonesia bertarung di kancah dunia.

“Kami bangga bisa ikut berpartisipasi dalam event ini. Apapun hasilnya nanti, yang penting kami sudah berusaha melakukan yang terbaik. Inilah kesempatan kita membuat sejarah pada  industri laundry di tingkat dunia,” ujar Eva.

Sebagai country captain, Eva juga akan memberikan pidatonya di depan peserta dan pengunjung tentang pertumbuhan penduduk, ekonomi, gaya hidup masyarakat Indonesia yang berimbas pada kebutuhan usaha laundry.

Ia juga mengucapkan selamat kepada kedua nominator dari Indonesia. “Lakukan yang terbaik, apapun hasilnya, ini sudah membanggakan,” pungkasnya.

 

Sponsored

Expo Laundry 2018

Baca Juga

Jangan lupa share :)

Ada komentar?

About Majalah Laundry

Majalah Laundry adalah media referensi usaha laundry. Terbit untuk Anda yang ingin menambah pengetahuan, wawasan dan tips serta trik dalam mengembangkan dan mengelola usaha laundry. Kami terus berupaya menghadirkan sesuatu yang baru ke hadapan Anda.

BACA JUGA

logo jogja istimewa

Jogjakarta Kota 1001 Laundry

Pola hidup peradaban manusia terus berkembang. Berbagai macam perubahan gaya hidup dan evolusi teknologi terus ...

shares