Home / Franchise / Empuknya Bisnis Cuci Sofa

Empuknya Bisnis Cuci Sofa

Tentu kita telah mengenal dengan istilah Blue Ocean Strategy.  Blue Ocean Strategy adalah strategi yang dilakukan dalam sebuah bisnis dengan cara memperluas jangkauan usaha melalui penambahan varian yang memungkinkan berkurangnya pesaing. Inti strategi ini bukan menghindarkan diri dari pesaing tetapi untuk mendapatkan pasar baru dari hasil perluasan usaha.

Salah satu strategi blue ocean yang bisa Anda lakukan adalah memperluas cakupan pasar dari seputar bisnis laundry. Apa saja yang memungkin hal itu terjadi? Cukup banyak. Anda bisa memproduksi chemical laundry, menjadi reseller, menciptakan paket usaha bisnis laundry, menyusun sistem franchise, menambah layanan cuci karpet atau menambah layanan bisnis cuci sofa dan spring bed.

Nah, yang kami sebutkan terakhir adalah yang bakal dibahas pada halaman ini. Ya, Anda bisa memperluas pasar dengan menambah layanan laundry sofa dan springbed. Pasar ini terbuka cukup luas. Bayangkan saja, jika setiap satu rumah memiliki satu set sofa, maka peluang Anda mendapatkan pelanggan sangat luas.

Pasar laundry sofa juga terbuka dari perkantoran maupun instansi lain. Anda bisa menyediakan layanan ini di rumah atau datang ke pelanggan dengan layanan home service. Lalu apa saja alat yang dibutuhkan? Berapa modalnya?Mampang Prapatan-20121115-00369

Untuk memulai bisnis laundry sofa, dua hal yang paling dibutuhkan adalah sikat sofa dan sofa extractor. Sikat sofa berfungsi sebagai pembersih dengan sebelumnya sofa dibasahi deterjen. Kini banyak dijual sikat sofa dengan kumparan listrik yang menghasilkan putaran super cepat. Ini tentu saja membuat pekerjaan semakin mudah dan cepat. Pembasahan dengan air yang dicampur dengan deterjen tidak perlu terlalu banyak, fungsinya hanya untuk meredeposisi noda saja. Tidak perlu sampai basah kuyup hingga bagian dalam sofa.

 

Three-in-One-Sofa-Cleaner

 

Sebelum dilakukan pembasahan, pembersihan saat kering sangat dianjurkan. Pembersihan ini dapat dilakukan dengan menggunakan vacuum cleaner. Hal ini untuk menghilangkan debu, pasir, tungau dan kotoran kecil lainnya. Pembersihan selain dengan sikat juga sangat bagus jika menggunakan sofa maintainer. Dengan kecepatan putaran yang tinggi maka proses pembersihan semakin cepat.

Sofa extractor pada dasarnya adalah gabungan mesin spotting dan wet vacuum cleaner. Alat ini bekerja sekaligus yakni menyemprot sofa dengan air bertekanan tinggi, dan dalam waktu yang sama nozzle yang lain menyedotnya sehingga air kotor yang ada dalam permukaaan sofa langsung tersedot dan masuk tabung penampungan.

Kelebihan menggunakan sofa extractor adalah tidak membiarkan air kotor meresap terlalu jauh ke bagian dalam sofa. Ini tentu saja membuat proses pengeringan menjadi lebih cepat. Daya sedot wet vacuum-nya yang sangat kuat tidak membiarkan sisa-sisa air di dalam kulit atau busa sofa sehingga begitu sofa dikeringkan, tidak muncul bau apek khas tumbuhnya mikroorganisme. Bahkan ketika sofa dibungkus dengan plastik wrap, tidak muncul embun pada plastiknya.

Jika tidak menggunakan alat ini, air yang disiramkan bersama dengan deterjen bisa jadi meresap terlalu jauh ke dalam sofa. Jika hal ini terjadi, maka pengeringan akan menjadi lebih lama bahkan jika tidak kering sempurna, sofa menjadi bau dan kurang nyaman. Dengan disedot airnya menggunakan wet vacuum cleaner, pengeringan spring bed atau sofa dengan cara dijemur cukup satu hari.blower alat cleaning service

Untuk memiliki perangkat bisnis cuci sofa dan spring bed ini dibutuhkan modal sekitar Rp. 10 jutaan. Pengeluaran paling banyak untuk pembelian extractor dan sikat.  Dua alat penting tersebut sangat membantu pekerjaan untuk laundry sofa dan spring bed. Jika Anda ingin menambah layanan cuci karpet, bisa Anda tambahkan dengan polisher dan blower. Blower berfungsi untuk menyemburkan angin berhawa panas agar karpet, sofa atau spring bed segera mengering.

Foto milik: CV. LIBRA WIJAYA SEJAHTERA

BACA JUGA: Strategi Marketing Bisnis Cuci Sofa

baca artikel lain di majalah laundry

Ada komentar?

Baca Juga

Jangan lupa share :)

About Majalah Laundry

Majalah Laundry adalah media referensi usaha laundry. Terbit untuk Anda yang ingin menambah pengetahuan, wawasan dan tips serta trik dalam mengembangkan dan mengelola usaha laundry. Kami terus berupaya menghadirkan sesuatu yang baru ke hadapan Anda.

BACA JUGA

maomoto

Daftar Penyedia Mesin dan Perlengkapan Laundry

Berikut ini daftar penyedia, penjual dan supplier peralatan laundry di seluruh Indonesia. Silahkan cari penyedia ...

shares