Home / Chemical / Ini Perbedaan Chlorine Bleach Dengan Oxygen Bleach

Ini Perbedaan Chlorine Bleach Dengan Oxygen Bleach

Pernah lihat iklan pembersih pakaian yang digunakan untuk menghilangkan noda membandel? Si pemeran iklan di tayangan televisi tersebut dengan sedikit ketakutan khawatir jika produk yang disarankan oleh temannya membuatnya luntur. “jangan, nanti luntur!” kata pemeran iklan tersebut.

Nah, bukan hanya si pemeran iklan yang ketakutan jika pakaiannya akan luntur. Anda mungkin yang belum mengetahui bahan dasar pembersih tersebut juga pasti akan ketakutan menggunakan karena khawatir luntur. Tulisan ini akan memberikan informasi kepada Anda bagaimana produk itu bekerja. Lalu bagaimana produk pencerah tidak menimbulkan luntur bagi pakaian yang berwarna.

Lalu apa perbedaan  chlorine bleach dengan oxygen bleach?

Terdapat perbedaan mendasar antara produk pemutih pakaian (chlorine bleach) dan pencerah pakaian (oxygen bleach) yang perlu Anda pahami. Produk pencerah pakaian (oxygen bleach) bisa dipakai untuk menghilangkan noda, bau tidak sedap, dan kuman pada bahan berwarna. Namun disarankan produk pencerah sebaiknya tidak dipakai untuk kain yang sensitif.

chlorine bleach versus oxygen bleach

Oxygen bleach aman digunakan pada bahan berwarna, sedangkan chlorine bleach hanya untuk bahan putih. Hal ini berlaku pada kain dan material lain yang akan dibersihkan. Selain itu, oxygen bleach boleh dicampur dengan deterjen. Sedangkan pemutih berbahan klorin tidak aman dicampur dengan produk lain. Selain tidak aman, kinerja pemutih akan terganggu jika tercampur dengan deterjen. Bahan pemutih lebih bersifat korosif atau mengikis daripada oxygen bleach.

Chlorine bleach memiliki komposisi pemutih pakaian berbahan aktif sodium hypochlorite atau kaporit. Chlorine bleach juga bisa digunakan sebagai disinfektan dan penghilang noda membandel dan bau tak sedap. Karena chlorine bleach bersifat korosif, maka harus ditangani secara hati-hati dan dijauhkan dari jangkauan anak-anak.

Produk pencerah pakaian (oxygen bleach) merupakan bahan pembersih yang efektif mengatasi noda dan mencerahkan cucian tanpa bahan pemutih pakaian. Tidak hanya itu, produk ini ramah lingkungan dan aman digunakan untuk berbagai tugas rumah tangga sehingga merupakan salah satu bahan wajib dalam sebagian besar produk pembersih rumah dan di outlet laundry.
Oxygen bleach merupakan nama populer untuk sodium percarbonate, senyawa kristal soda alami dan hydrogen peroxide. Sebutan sehari-harinya adalah pencerah pakaian. Oxygen bleach banyak dipakai sebagai bahan aktif dalam deterjen dan produk pembersih lainnya. Oxygen bleach berbentuk padat seperti serbuk dan perlu dilarutkan dalam air sebelum dipakai. Namun kini telah banyak beredar produk turunan berbentuk cair.

Begitu oxygen bleach terkena air, reaksi kimiawi terjadi melepaskan oksigen. Oxygen bleach sering dipakai untuk menghilangkan noda karena gelembung-gelembung oksigennya membantu menghancurkan kotoran, bau, dan kuman. Serbuk oxygen bleach dinilai ramah lingkungan karena hanya menghasilkan abu soda sebagai produk sampingan. Abu soda merupakan zat yang tidak beracun dan tidak mencemari air.

Perbedaan chlorine bleach dengan oxygen bleach lainnya, oxygen bleach bekerja sangat baik untuk mengatasi noda organik pada kain, seperti noda makanan, minuman, tanaman, dan noda darah. Meskipun mampu mengurangi penampakan noda minyak dan sintetis, bahan ini mungkin tidak menghilangkannya secara sempurna. Berhati-hatilah saat menggunakan oxygen bleach karena jika bahan belum dicampur dan mengenai kulit bisa menimbulkan melepuh sementara dan sedikit gatal.

Campurkan 50ml oxygen bleach cair dengan 5 liter air untuk noda yang ringan lalu rendam selama satu jam. Jika noda cukup membandel, Anda bisa menambahkan komposisinya atau direndam hingga satu malam. Jangan gunakan oxygen bleach untuk kain sensitif seperti kain sutra dan wol. Anda juga bisa menambahkan oxygen bleach ke dalam deterjen yang biasa Anda gunakan.

Nah, itulah perbedaan chlorine bleach dengan oxygen bleach. Semoga bermanfaat.[anto]

baca artikel lain di majalah laundry

Ada komentar?

Baca Juga

Jangan lupa share :)

About Majalah Laundry

Majalah Laundry adalah media referensi usaha laundry. Terbit untuk Anda yang ingin menambah pengetahuan, wawasan dan tips serta trik dalam mengembangkan dan mengelola usaha laundry. Kami terus berupaya menghadirkan sesuatu yang baru ke hadapan Anda.

BACA JUGA

maomoto

Daftar Penyedia Mesin dan Perlengkapan Laundry

Berikut ini daftar penyedia, penjual dan supplier peralatan laundry di seluruh Indonesia. Silahkan cari penyedia ...

shares