Home / Internasional / Laundry Terbesar Ada di India

Laundry Terbesar Ada di India

Mencuci memang merupakan sebuah kegiatan yang wajib dilakukan oleh manusia, terutama mencuci badan dan pakaian. Tuhan menciptakan air dengan berbagai manfaat, salah satunya adalah untuk membersihkan pakaian.

Aktifitas mencuci juga merupakan aktifitas wajib yang dilakukan oleh manusia, baik sejak jaman kuno maupun manusia modern. Bayangkan jika pakaian yang kita kenakan tidak dicuci, betapa kotor dan baunya.

Jika saat ini kita Anda berkecimpung di bisnis laundry, tahukah Anda bahwa kegiatan komersial mencuci pakaian milik orang lain sudah ada sejak jaman dulu kala? Mari kita sejenak menegok sejarah. Kami perkenalkan Dhobi Ghat, di Mumbai, India.

Dhobi Ghat adalah sebutan untuk sebuah tempat di India yang menyediakan layanan cuci. Jangan membayangkan sebuah layanan laundry modern dengan mesin dan deterjen merek terkenal. Dhobi artinya tukang cuci, ghat artinya tempat cuci terbuka. Biasanya terbuat dari tembok dengan bahan dasar bata merah.dhobi-ghat

Dhobi Gats berada di sekitar sungai Gangga dan hanya berupa kolam-kolam berisi air untuk mencuci. Cara mencucinya juga tidak menggunakan mesin melainkan disikat dan dibanting. Terdapat ribuan orang menggantungkan hidupnya sebagai dhobi atau tukang cuci di tempat ini.

Dari delapan puluh ghat, terdapat dua ghat yang memiliki sejarah panjang. Dasaswamedh Ghat dan Manikarnika Ghat. Arus manusia paling deras mengalir dari Dasaswamedh Ghat yang telah berdiri semenjak tahun 1748. Sebagai ghat terbesar, Dasaswamedh biasa digunakan untuk melakukan upacara puja yang diselenggarakan setiap hari pada pagi dan sore.OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Dasaswamedh berasal dari kata dasa yang artinya sepuluh, aswa artinya kuda dan medh yang artinya kurban. Berdasarkan mitologi yang ada, konon Dewa Brahma mengurbankan sepuluh kuda di ghat ini.

Sementara itu Manikarnika Ghat terkenal sebagai tempat kremasi jenazah dan dipercaya sebagai tempat paling menguntungkan untuk kremasi. Proses kremasi boleh ditonton oleh siapapun namun tidak diperbolehkan merekam atau memotret.

Tempat ini menjadi tujuan bagi para wisatawan. Untuk bisa menuju tempat ini adalah dengan menyusuri sungai Gangga. Terdapat boat yang bisa digunakan untuk menyusuri sungai Gangga dan menemukan ghat-ghat ini.

Penduduk lokal telah memulai kegiatannya sejak pagi buta. Hawa yang dingin tidak menyurutkan penduduk lokal untuk memulai aktivitas di Sungai Gangga. Baik aktivitas yang sifatnya keagamaan ataupun aktifitas lain.

 

Mandi, sikat gigi, mencuci, berdoa, ibadah berjamaah, kremasi, melarung abu kremasi, melarungkan doa, menenggelamkan jenazah, berdagang, bertapa, bermain, berdansa, semua bisa dijumpai di bahu sungai suci ini.

Perlu diketahui pula bahwa aktivitas berdagang juga berlangsung di atas Sungai Gangga. Bentuknya mirip seperti pasar terapung yang ada di Kalimantan. Hanya saja para pedagang di sungai suci ini menjajakan barang dagangannya dengan cara menghampiri perahu turis satu persatu.

Selain itu juga ada yang menarik lain yakni flower candle. Flower candle adalah rangkaian bunga kecil dengan lilin di atasnya. Setelah lilin dinyalakan, biasanya flower candle dilarungkan ke Sungai Gangga sembari memanjatkan doa. Konon katanya doa yang dipanjatkan di sini akan dikabulkan.

Sebagian besar penduduk India masih terikat dengan ritual tradisional yang telah berlangsung sejak ratusan tahun lalu. Dari atas sungai suci ini gambaran kehidupan penduduk India yang unik dan masih sarat dengan tradisi tersaji dengan sempurna di balik kabut pagi.

Saking fenomenalnya Dhobi Ghat, sebuah film pernah dibuat dengan judul yang sama, Dhobi Ghat. Film garapan sutradara Kiran Rao ini dirilis tahun 2011 di Amerika dengan pemeran dari India. Sebut saja Aamir Khan, Monica Dogra, Prateik Babbar, Kriti Malhotra dan beberapa bintang lainnya.

Nah, tertarik untuk menyusuri sungai Gangga sambil melihat sejarah binatu?

Ada komentar?

Baca Juga

Jangan lupa share :)

About Majalah Laundry

Majalah Laundry adalah media referensi usaha laundry. Terbit untuk Anda yang ingin menambah pengetahuan, wawasan dan tips serta trik dalam mengembangkan dan mengelola usaha laundry. Kami terus berupaya menghadirkan sesuatu yang baru ke hadapan Anda.

BACA JUGA

Tips aman menggunakan internet banking

Tips Aman Menggunakan Internet Banking

Duduk di kantor, jalan-jalan  atau sedang  di rumah tetapi transaksi perbankan jalan terus menggunakan m-banking ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares