Home / Peluang Usaha / Lukmanul Hakim, Membangun Bisnis Dari Luar dan Dalam

Lukmanul Hakim, Membangun Bisnis Dari Luar dan Dalam

Buatlah pengkondisian customer dengan harga jual yang pantas, tidak banting harga, dibarengi dengan layanan berkualitas sehingga menghasilkan kepuasan semua pihak.

Itulah penggalan paragraf yang menjadi salah satu poin wawancara kami dengan Lukmanul Hakim, pemilik PT. Kharisma Putra Sejahtera. Sebuah perusahaan penyedia mesin dan peralatan laundry.

Perusahaan itu lebih sering disebut PMLC atau akronim dari pusatmesinlaundry.com, website resmi milik PT. Kharisma Putra Sejahtera. Lukman, begitu ia disapa menjelaskan berbagai hal yang menurutnya perlu dipahami oleh para pengusaha. Terutama usaha laundry.

Ia sangat menekankan pentingnya “customer oriented”. Karena baginya kepuasan pelanggan tidak bisa ditawar lagi. Meski banyak sekali pengusaha yang orientasinya tidak hanya pada customer tetapi profit.

Selain tentang kualitas layanan, Lukman juga menggarisbawahi mengenai manajemen internal. “Ciptakan keterbukaan dan kekeluargaan dalam menjalankan manajemen perusahaan,” ujarnya.

Lukman menegaskan, dalam memimpin sebuah organisasi bisnis atau perusahaan tentunya sang owner berharap memiliki karyawan yang produktif dan berkualitas. Pembinaan, pengarahan dan edukasi di bidangnya sangatlah penting, tapi tidak kalah pentingnya seorang pimpinan juga harus dapat menciptakan sumber daya manusia yang ahli di bidangnya dan berkarakter.

lukmanul hakim pmlc
lukman dan keluarga

Untuk itulah, Lukman terus memupuk integritas serta kapabilitas karyawannya, termasuk rutin mengadakan pengajian di kantor pusatnya. “Pengajian rutin di perusahaan kami setiap dua pekan sekali dengan memanggil seorang ustad adalah usaha kami untuk pembentukan karakter atau sikap setiap karyawan,” ujarnya.

Ia berharap dengan adanya kegiatan tersebut, setiap personil dapat menjalankan tugasnya dengan didasari nilai-nilai kebaikan karena dengan dasar itulah produktifitas dan kualitas kerja akan mudah tercapai.

front office pmlc depan
front office pusat mesin laundry

 

“Tentunya tujuan dengan diadakan pembinaan secara menyeluruh akal dan mental dari setiap karyawan kami berharap perusahaan kami dapat berkembang dengan baik dan bermanfaat untuk pemililk perusahaan, para karyawan dan juga lingkungan sekitar,” terangnya.

Dengan begitu, Lukman optimis keberkahan dan etos kerja setiap karyawan selalu mendapat bimbingan dari Allah SWT.

Adapun peserta pengajian adalah seluruh karyawan dan pimpinan PT.Kharisma Putra Sejahtera. Setidaknya ada dua ustadz yang secara rutin memberikan kajian bersama di PMLC. Ustad pertama khusus pembahasan materi Aqidah dan tahsin Al-Quran. Sedangkan Ustad kedua khusus pembahasan Fiqih , Ahlaq dan sejarah Islam.

Menurut suami dari Dian Hermawati ini, manfaat dari kegiatan pengajian rutin selain pembinaan kepribadian, juga tentang leadership, manajemen, komunikasi , tertib administrasi dan lainnya. “Itu semua untuk menunjang kinerja karyawan agar mereka dapat bekerja dengan baik dan benar,” imbuhnya.

pmlc plus asli aceh
lukman ketika dikunjungi sejumlah pengurus asosiasi laundry indonesia

Sebab menurut Lukman, bekerja baik belum tentu benar. “Contohnya, seorang karyawan datang selalu pagi-pagi dan pulangnya pun selalu lewat jam kantor. Dia sudah menjalankan tugas-tugasnya secara formal sampai lewat waktu kerja, tapi sampai saat ini dia belum mendapatkan hasil. Setelah dianalisa oleh tim kerja dan pimpinannya, karyawan tersebut tidak menjalankan strategi atau cara-cara jitu yang telah di ajarkan oleh pimpinan. Oleh karenanya usaha dia belum membuahkan hasil yang maksimal,” terangnya.

Selain itu, Lukman juga menekankan sholat berjamaah di setiap waktu sholat bagi karyawan laki-laki di mushola yang disediakan oleh perusahaan. Pada saat waktu sholat, perusahaan akan tutup untuk sementara.

Tak hanya itu, perusahaan juga menyediakan waktu untuk karyawan yang ingin menunaikan sholat dhuha. “Perusahaan juga memberangkatkan satu karyawan untuk beribadah umrah setiap tahunnya,” kata Lukman.

PMLC juga rutin mengadakan family gathering stiap akhir tahun. Bagi hasil keuntungan perusahaan dan satu karung beras juga diberikan setiap bulan kepada karyawan yang telah melewati masa kerja lebih dari tiga bulan.

Kini, ayah tiga anak ini masih menyimpan segenggam impian. Diantaranya memiliki yayasan sosial yang bergerak di bidang pendidikan dan kesehatan untuk lingkungan sekitar kantor. “minimal bisa memiliki ambulans yang bisa dipakai warga sekitar kantor,” ujarnya penuh harap.

show room pmlc depan
showroom pusat mesin laundry

Hal itu merupakan salah satu kiatnya menjadi orang yang baik dan berguna. “Tidak ada pencapaian terbaik dalam hidup saya. Saya tidak ingin menjadi yang terbaik, saya hanya ingin menjadi yang baik, dengan begitu saya akan terus melakukan perbaikan secara terus menerus agar senantiasa berada diantara yang baik,” pungkasnya. [anto]

Ada komentar?

Baca Juga

Jangan lupa share :)

About Majalah Laundry

Majalah Laundry adalah media referensi usaha laundry. Terbit untuk Anda yang ingin menambah pengetahuan, wawasan dan tips serta trik dalam mengembangkan dan mengelola usaha laundry. Kami terus berupaya menghadirkan sesuatu yang baru ke hadapan Anda.

BACA JUGA

reza-rahadian-tas-promosi-jogja

Produksi Laundry Bag Reza Terus Meningkat

Bisnis laundry terbukti merupakan bisnis yang dapat mengurangi pengangguran. Usaha ini dikenal dengan usaha yang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares