Home / Business / Manjakan Pelanggan, Arief Fatoni Vibrasikan Barbershop Dengan Cuci Sepatu

Manjakan Pelanggan, Arief Fatoni Vibrasikan Barbershop Dengan Cuci Sepatu

Jeli melihat peluang, pandai memanfaatkan momentum. Itulah gambaran sekilas sosok Muhammad Arief Fatoni, pemilik merek gerai Arfa Barbershop. Bagaimana tidak, saat bisnis cukur rambutnya mulai menggeliat, ia melirik bisnis lain yakni layanan cuci sepatu.

Semakin padatnya kegiatan masyarakat sehari-hari membuatnya tak memiliki banyak waktu untuk mencuci sepatu di rumah. Selain itu, tidak semua sepatu dapat dibersihkan dengan cara awam seperti biasanya. Alasan itulah yang melatarbelakangi Toni, sapaan akrabnya, untuk menekuni usaha cuci sepatu yang ia beri nama Soekaer.

Alasan lain yang diutarakan Toni adalah budaya masayarakat urban di Indonesia yang hobi membeli apparel mahal tetapi malas untuk merawatnya. Sementara peminat di pasar seken cukup banyak dan mereka inilah yang yang merawatnya.

Kenapa cuci sepatu? “Pelanggan Arfa Barbershop merupakan pasar yang cukup besar untuk menjadi target konsumen usaha ini. Oleh karenanya, Soekaer akan melakukan marketing vibrasi dengan Arfa Barbershop sebagai target market,” ujar Toni kepada Majalah Laundry belum lama ini.

Selain itu, Toni ingin menjadikan Soekaer sebagai bentuk kontribusi manajemen Arfa Barbershop kepada para mitra bisnisnya. “Ini sebagai benefit kepada mitra Arfa Barbershop,” imbuhnya. Bukan hanya sepatu, Soekaer juga mengerjakan tas, jaket kulit, dompet, sabuk atau apparel berbahan kulit lainnya.

Soekaer sendiri diambil dari bahasa Inggris “shoes care” atau perawatan sepatu. Nama yang unik dipadukan dengan tampilan outlet yang luxury oldies membuat outlet sekaligus workshop Soekaer terlihat sangat professional.

Selain Yogyakarta, saat ini Soekaer telah ada di beberapa kota. Outlet Soekaer menjadi satu dengan management Arfa Barbershop. “Kita akan segera membuka workshop di Semarang, Solo, Surabaya dan Jakarta  agar segera dapat melayani pelanggan Arfa di kota-kota tersebut,” kata Toni.

Nantinya setiap gerai Arfa Barbershop akan ada satu Professional Care Representative (PCR). Layanan Soekaer akan berada di semua gerai Arfa Barbershop. Toni menyebutnya sebagai vibrasi. Arfa Barbershop akan berkolaborasi dengan Soekaer dalam memberikan layanan “One Stop Grooming For Men”. Saat ini sudah ada lebih dari 60 gerai Arfa Barbershop yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Suami dari Yuni Astuti ini juga akan memastikan setiap PCR memiliki skill yang sudah teruji. Untuk itu, ia mengadakan training khusus baik teori maupun praktek yang diberikan langsung oleh prinsipal produk yang ia gunakan.

Muhammad Arief Fatoni
Muhammad Arief Fatoni

Ia yakin, bisnis ini akan memiliki sustainability yang bagus, bukan sekedar trend. “Prospek usaha ini sangat besar dengan populasi penduduk yang sangat tinggi baik di kota maupun di secondary city, ditambah dengan semakin padatnya kegiatan masyarakat, sehingga tidak banyak waktu tersedia untuk melakukan pekerjaan ini sendiri di rumah,” ungkapnya.

Untuk urusan bahan pembersih, Toni tak ingin coba-coba. Ia hanya menggunakan bahan yang sudah direkomendasikan serta memiliki kualitas yang baik. Di workshop Soekaer juga memungkinkan pelanggan melihat secara detail cara treatment jika pelanggan ingin menunggu sepatunya dibersihkan.

Toni juga menegaskan, Soekaer memberikan layanan garansi apabila pelanggan merasa tidak puas dengan layanannya, bahkan bersedia mengganti apabila sepatu atau tas yang dikerjakan terjadi kerusakan.

Saat ditanya tentang strategi marketing, Toni mengaku mempercayakan kepada timnya yang menggunakan media sosial sebagai salah satu jalur promosi. Ia sadar betul bahwa sosial media dan sosial chatting saat ini merupakan lahan yang terbuka dan potensial untuk melakukan pendekatan marketing. [anto]

Ada komentar?

Baca Juga

Jangan lupa share :)

About Majalah Laundry

Majalah Laundry adalah media referensi usaha laundry. Terbit untuk Anda yang ingin menambah pengetahuan, wawasan dan tips serta trik dalam mengembangkan dan mengelola usaha laundry. Kami terus berupaya menghadirkan sesuatu yang baru ke hadapan Anda.

BACA JUGA

reza-rahadian-tas-promosi-jogja

Produksi Laundry Bag Reza Terus Meningkat

Bisnis laundry terbukti merupakan bisnis yang dapat mengurangi pengangguran. Usaha ini dikenal dengan usaha yang ...

shares