Home / Chemical / Mengenal MES Methyl Ester Sulfonate

Mengenal MES Methyl Ester Sulfonate

Deterjen yang kita pakai untuk mencuci terbuat dari bahan baku bernama surfaktan. Dalam penjelasan secara ilmiah, surfaktan memiliki fungsi untuk untuk menurunkan tegangan pada permukaan air, pada dasarnya agar membuat lebih basah sehingga lebih mungkin untuk berinteraksi dengan minyak juga lemak.

Deterjen pada jaman sekarang banyak mengandung zat lebih dari sekedar surfaktan. Detergen atau Produk pembersih juga kebanyakan mengandung enzim untuk mendegradasi protein berbasis noda, whitening untuk penghilang warna noda dan menambah daya agen pembersih, dan pewarna biru untuk melawan penguningan.

Dari sekian bahan surfaktan yang ada di industri deterjen, ada salah satu yang cukup dikenal yakni methyl ester sulfonate atau kita sebuah dengan istilah MES. MES terbuat dari bahan baku minyak kelapa sawit atau crude palm oil (CPO).

Meskipun secara umum, MES kalah popular dibanding LAS, LABS, SLS atau SLES, bahan baku lainnya yang terbuat dari minyak bumi.

Padahal, MES memiliki sejumlah keunggulan dibanding LAS. Apa lagi Indonesia merupakan negara penghasil kelapa sawit terbesar di dunia.

Hal ini menjadikan negara kita memiliki potensi untuk mengembangkan industri hilir seperti biodiesel, minyak goreng, sabun, dan industri surfaktan. Metil Ester Sulfonat (MES) adalah surfaktan anionik yang berasal dari CPO tadi.

MES telah dianggap sebagai surfaktan anionik alternatif untuk Linier Alkyl Benzene Sulfonates (LAS). MES memiliki detergensi yang baik, toleransi kesadahan air, dan biodegradabilitas yang cepat.

Teknologi produksi MES berkembang perlahan-lahan. Umumnya, proses produksi MES melalui proses 4 tahap, yaitu sulfonasi, pemutihan, netralisasi, dan pengeringan. Pengeringan dilakukan jika produk yang diinginkan adalah MES dalam bentuk granular.

MES METHYL ESTER SULFONATE

Tetapi kebanyakan MES di Indonesia diproduksi dalam bentuk flake atau serpihan. Methyl Ester Sulfonate  flake inilah yang kemudian menjadi komoditi yang diperdagangkan untuk pembuatan sejumlah barang lain termasuk deterjen laundry.

Dari penjelasan di atas, deterjen laundry berbahan MES memiliki daya bersih yang lebih baik dibanding deterjen berbahan LAS/LABS.

MES juga merupakan bahan baku utama yang terdapat pada bahan deterjen SNOWFLAKE. Snowflake adalah paket bahan deterjen cair yang mudah dibuat, cepat dan murah.

Karena berbahan baku MES yang murah, Snowflake menjadi alternatif bagi para ibu rumah tangga atau pengusaha laundry yang ingin membuat deterjen sendiri dengan lebih hemat dan tentu saja ramah lingkungan.

Kini, Snowflake mulai tersebar ke seluruh Indonesia melalui sejumlah agen dan dapat digunakan sebagai alternatif.


Artikel tentang Methyl Ester Sulfonate ini dirangkum dari berbagai sumber.

 

Sponsored

Expo Laundry 2018

Baca Juga

Jangan lupa share :)

Ada komentar?

About Majalah Laundry

Majalah Laundry adalah media referensi usaha laundry. Terbit untuk Anda yang ingin menambah pengetahuan, wawasan dan tips serta trik dalam mengembangkan dan mengelola usaha laundry. Kami terus berupaya menghadirkan sesuatu yang baru ke hadapan Anda.

BACA JUGA

cara memilih deterjen laundry

Cara Memilih Deterjen Laundry

Tidak semua deterjen yang ada di pasaran layak digunakan untuk usaha laundry. Selain harganya yang ...

shares