Home / Komunitas / Parlagawi, Paguyuban Laundry Ngawi

Parlagawi, Paguyuban Laundry Ngawi

PALAGAWI r

Peluang usaha laundry di Indonesia masih terus menjanjikan. Ribuan pengusaha laundry terus bermunculan karena demand di bidang ini selalu ada dan terus ada. Seiring bertumbuhnya industri laundry diikuti munculnya berbagai komunitas-komunitas yang menjadi wadah para pengusaha laundry.

Bukan hanya yang berskala nasional, komunitas pengusaha laundry dengan basis lokalpun banyak bermunculan. Salah satunya adalah Palagawi atau Paguyuban Laundry Ngawi. Paguyuban ini adalah kumpulan dari para perantau di sekitar Surabaya, Malang, Gresik, Sidoarjo dan sekitarnya yang memiliki usaha laundry dan merupakan warga asal Kabupaten Ngawi.

Palagawi terbentuk pada tahun 1998 dan diprakarsai oleh enam orang yang masih kerabat dan sama-sama memiliki usaha laundry. Semangat pembentukan pada awalnya hanya sekedar untuk membuat wadah berkumpul yang bisa menjadi ajang silaturahmi maupun sharing-sharing.

Kini paguyuban tersebut masih berdiri dan semakin kuat meskipun jumlah anggotanya tidaklah terlalu banyak. Anggota Palagawi saat ini berjumlah 26 orang dan semuanya aktif. Bukan hanya membentuk organisasi, Palagawi juga telah membentuk koperasi yang mereka gagas untuk kesejahteraan bersama.

“Tingkat kepatuhan di Palagawi itu seratus persen,” kata Sulardi, salah satu anggotanya. Menurut Sulardi, meskipun tempat tinggal anggotanya tersebar di berbagai kota, namun setiap kali diadakan pertemuan rutin satu bulan sekali, mereka semua datang. “Kecuali memang sama sekali ada kepentingan yang tidak dapat ditinggalkan,” sambung Sulardi.

Kepatuhan tersebut juga didukung oleh aturan dimana setiap kali seseorang tidak hadir dalam pertemuan rutin bulanan, mereka akan dikenai denda. Denda akan dikumpulkan dan dimasukkan ke dalam uang kas.

Sementara itu, koperasi yang mereka bentuk memiliki modal dari iuran wajib para anggota sebanyak Rp. 100.000,-/bulan. Untuk mendukung kebersamaan dalam bergotong royong membantu sesama anggota yang membutuhkan bantuan, setiap anggota paguyuban juga dikenai iuran dana sosial senilai Rp. 15.000,-. Iuran tersebut masih ditambah iuran sukarela yang kegunaannya multifungsi.

“Kalau ada anggota yang terkena musibah sakit atau ada yang meninggal, kita bergotong royong membantu meringankan,” ujar Margono, salah satu anggota. “Jika ada uang lebih, kita gunakan untuk rekreasi bersama,” tambahnya.

Yang paling besar dalam penggalangan dana setiap bulan adalah dana arisan. Setiap anggota wajib menyetor Rp. 500.000,-/bulan sebagai dana arisan yang dikocok atau diundi untuk digilir setiap bulan satu pemenang arisan. Setidaknya terkumpul Rp. 13 juta setiap bulan dari dana arisan. “Uangnya bisa digunakan untuk menambah beli mesin, tambahan modal usaha atau keperluan lain,” ujar salah satu anggota.

Pada kesempatan pertemuan rutin bulanan yang diadakan di rumah salah satu anggota di kawasan Perumahan Sawojajar 2, Kota Malang Sabtu (12/12) lalu dibahas berbagai agenda kegiatan dan saling sharing berbagai macam pengalaman, kendala dan problem masing-masing.

Bukan hanya itu, dalam pertemuan tersebut juga diwacanakan untuk Palagawi bergabung dengan organisasi profesi bidang laundry yang lebih besar. Dua orang anggota Palagawi yang sudah bergabung dengan Asosiasi Laundry Indonesia (ASLI) yakni Margono dan Sulardi berbagi pengalaman mereka ketika mengikuti Musyawarah Nasional (Munas) ASLI di Jakarta beberapa waktu silam.

Dalam diskusi tersebut, Sulardi pemilik Cherry Laundry Sidoarjo ditunjuk sebagai koordinator untuk pendaftaran anggota Palagawi yang ingin bergabung dengan ASLI. Keputusan dalam forum tersebut menyatakan, Palagawi tetap berdiri secara mandiri, namun dipersilahkan masing-masing anggotanya untuk bergabung dengan ASLI secara pribadi.

Ada komentar?

Baca Juga

Jangan lupa share :)

About Majalah Laundry

Majalah Laundry adalah media referensi usaha laundry. Terbit untuk Anda yang ingin menambah pengetahuan, wawasan dan tips serta trik dalam mengembangkan dan mengelola usaha laundry. Kami terus berupaya menghadirkan sesuatu yang baru ke hadapan Anda.

BACA JUGA

kopdar asli banten

Persiapkan Musda ASLI, Pengusaha Laundry Banten Gelar Kopdar

Setelah sekian lama vacuum dari  kegiatan, sejumlah pengusaha laundry yang tergabung dengan ASLI di wilayah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares