Home / Peluang Usaha / Peluang Usaha Laundry Hotel

Peluang Usaha Laundry Hotel

peluang usaha laundry hotel

Peluang Usaha Laundry Hotel

Persaingan bisnis laundry terbilang cukup ketat, berbagai macam strategi sudah seharusnya dijalankan. Bukan hanya intensifikasi tetapi juga ekstensifikasi. Salah satunya adalah mengambil peluang laundry dari hotel. Sebagian pengusaha laundry memang sudah mengambil potensi ini secara profesional. Bukan hanya hotel, peluang seperti ini juga cukup besar untuk rumah sakit maupun pabrik.

Memang, tak semua pemilik pabrik dan rumah sakit memiliki unit khusus laundry. Sama halnya dengan hotel. Untuk hotel besar, terutama bintang lima, memang tersedia unit laundry inhouse. Namun, itu berbeda dengan hotel-hotel kecil yang menyerahkan urusan mencuci ini ke pihak ketiga. Padahal, kebutuhan akan laundry sangat besar bagi hotel.

Hal ini lantaran unit laundry membutuhkan ruang dan biaya cukup besar. Apalagi, hotel yang tingkat okupansinya tak selalu tinggi. Untuk membuat unit laundry, hotel butuh ruangan seluas sekitar 100 m2. Lalu, mereka butuh karyawan. Saat peak season, unit laundry memang beroperasi maksimal.

Namun selama masa sepi tamu, pihak hotel tetap harus membayar pengeluaran laundry. Bagian laundry dianggap hanya akan menjadi cost centre bagi hotel, jadi mereka lebih memilih menambah jumlah kamar karena dianggap lebih menguntungkan.

Terdapat banyak kota yang memiliki potensi laundry hotel yang bisa digarap seperti Malang, Bandung, Yogyakarta, Makassar dan Balikpapan. Jika ingin mencoba, Anda bisa memulainya dengan cara melakukan riset kecil-kecilan untuk memtakan bisnis ini.

Dari hasil riset, tingkat okupansi hotel di Malang misalnya, terbilang cukup tinggi, mencapai lebih dari 75% per hari. Demikian juga dengan Yogyakarta dan Bandung yang memiliki tingkat okupansi rata-rata berkisar 65% hingga 70%. Belum lagi daerah-daerah yang memiliki daerah wisata pegunungan dengan banyaknya villa atau hotel melati seperti di Kaliurang, Batu, Bandungan, Baturraden dan Lembang.

Tingkat okupansi dan pertumbuhan jumlah hotel yang tinggi jadi peluang menjanjikan untuk membuka usaha laundry. Di samping itu, saat ini belum banyak pemilik laundry yang benar-benar fokus menangani cucian hotel. Padahal, peluang usahanya masih terbuka lebar. Dari satu kamar saja, setidaknya ada tujuh item yang harus dicuci setiap hari, seperti seprai, selimut, taplak meja, handuk tamu, dan keset. Selain perlengkapan kamar, peluang  juga datang dari restoran dan guest laundry atau cucian milik tamu hotel.

Setidaknya ada dua faktor utama yang diharapkan pihak hotel dari pengusaha laundry. Yang pertama ialah kualitas. Lantaran menyangkut citra hotel, sudah pasti standar yang harus diterapkan sama seperti laundry professional.  Para pengelola hotel biasanya sangat concern dengan kualitas, seperti derajat keputihan, kelembutan, dan kerapian item yang diserahkan untuk dicuci dan disetrika.

Selain itu, pihak hotel sangat mengharapkan ketepatan waktu pengambilan dan pengiriman cucian. Ini sangat penting. Apalagi ketika peak season. Sebisa mungkin pihak hotel tidak kehabisan stok linen untuk tamu.

Hanya saja, untuk melayani cucian dari hotel seperti ini dibutuhkan modal yang lebih banyak. Karena biasanya pihak hotel memberikan pembayaran dengan tempo satu bulan atau cucian satu bulan dihitung kemudian dibayar belakangan. Inilah yang kerap menjadi kendala bagi para pengusaha laundry. Namun hal ini tergantung negosiasi dan kesepakatan kedua belah pihak.

Jadi untuk bisa menangani laundry hotel diperlukan persiapan yang harus matang mulai dari jumlah mesin, ruang workshop yang memadai, jumlah tenaga dan prosedur pencucian yang berstandar hotel. Sudah banyak pengusaha laundry yang menangani cucian hotel seperti ini dengan cucian mencapai ratusan kilogram perhari. Anda tertarik dengan peluang usaha laundry hotel?

Berikut ini contoh proposal laundry hotel. Silahkan download.

DOWNLOAD CONTOH PROPOSAL

 

beli majalah laundry

Sponsored

Expo Laundry 2018

Baca Juga

Jangan lupa share :)

Ada komentar?

About Majalah Laundry

Majalah Laundry adalah media referensi usaha laundry. Terbit untuk Anda yang ingin menambah pengetahuan, wawasan dan tips serta trik dalam mengembangkan dan mengelola usaha laundry. Kami terus berupaya menghadirkan sesuatu yang baru ke hadapan Anda.

BACA JUGA

BONGKAR PELUANG BISNIS CUCI SEPATU

Peluang Bisnis Cuci Sepatu, Tas dan Helm

Peluang Bisnis Cuci Sepatu, Tas dan Helm Bisnis Laundry terus berkembang. Pertumbuhan industri ini seiring ...

shares