Home / Peluang Usaha / Produksi Laundry Bag Reza Terus Meningkat

Produksi Laundry Bag Reza Terus Meningkat

Bisnis laundry terbukti merupakan bisnis yang dapat mengurangi pengangguran. Usaha ini dikenal dengan usaha yang padat karya sehingga dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah banyak.

Bukan hanya usaha laundry itu sendiri, tetapi usaha lain yang bersinggungan dengannya juga terbilang cukup sibuk dengan pertumbuhan usaha cuci-cuci  ini. Salah satunya adalah usaha dalam bidang tas laundry.

Salah satu pemilik  usaha tas laundry ini adalah Reza Rahadian. Usaha dengan nama Tas Promosi Jogja ini merupakan salah satu dari sekian vendor tas kantong laundry (laundry bag) yang direkomendasikan para pengusaha laundry di berbagai kota di Indonesia.

Di temui di sela-sela acara Halal bi Halal Komunitas Laundry Jogjakarta di kawasan Jalan Kaliurang beberapa waktu lalu, Reza mengungkapkan alasannya menggeluti usaha tersebut.

“Usaha saya ini pangsa pasarnya luas, tetapi tidak banyak pemain,” kata Reza. Di samping itu, Reza juga secara diplomatis mengatakan, ia ingin sekali memberi kontribusi positif terhadap kelestarian lingkungan dengan cara menggeluti usaha yang ramah lingkungan.

Hal tersebut cukup beralasan. Pasalnya, laundry bag yang diproduksi Tas Promosi Jogja berbahan furing atau biasa disebut spunbond. Bahan ini dikenal sebagai bahan non woven yang penggunaannya semakin populer bahkan di negara-negara maju.

Bahan spunbond selain kuat, awet, tahan kimia juga dapat didaur ulang sehingga penggunaannya menggantikan kantong kresek sudah sangat dibutuhkan. Alasan-alasan itulah yang mendorong Reza terus meningkatkan kapasitas produksinya.

“Pemerintah mencanangkan tahun 2020 Indonesia sudah bebas kantong kresek. Masyarakat harus segera beralih menggunakan bahan lain yang dapat menjawab itu,” ujar Reza. Ia juga bersyukur, bahan furing ini cukup mudah didapat sehingga ia tak kesulitan memenuhi permintaan pasar.

Reza juga sangat fokus pada pemberdayaan kaum perempuan. Di usaha miliknya, tak kurang dari 20 ibu-ibu ikut ambil bagian sebagai penjahit. Dengan sistem komisi, Reza memberi kebebasan kepada mitranya tersebut untuk bergabung dan mengerjakan setiap ada proyek pesanan.

Saat ini, produksi Reza memang paling banyak untuk laundry bag. Hal itu disebabkan karena ia sengaja masuk dalam komunitas pengusaha laundry. Salah satunya adalah Komunitas Laundry Jogja.

Tak hanya itu, Reza juga ringan tangan ketika diminta untuk menjadi sponsor acara di komunitas pengusaha laundry seperti Asosiasi Laundry Indonesia (ASLI). Hampir setiap kegiatan ASLI di Jakarta dan berbagai daerah, Reza ambil bagian sebagai salah satu sponsor.

Dari situlah semakin banyak orang merekomendasikan Tas Promosi Jogja ketika mencari kantong laundry. Reza juga getol mengikuti pameran-pameran UKM dan menyebarkan brosur untuk berpromosi.

Media tas yang ditawarkan Reza, selain berfungsi sebagai wadah cucian juga dimaksudkan untuk media promosi. “kan kalau tas itu dibawa-bawa, nama brand laundrynya akan terbaca, jadi bisa tambah terkenal,” kata Reza.

Selain itu dengan kantong laundry yang sudah diberi merek khusus, maka akan semakin menarik si pelanggan. Pelanggan akan senderung bertahan di laundry yang telah memberinya kantong cucian.

Tas produksi Reza juga dikenal memiliki kualitas yang baik. Usaha yang ia rintis sejak Mei 2012 ini awalnya hanya dimulai dengan modal kisaran sepuluh jutaan. Kini, omzet perbulan Tas Promosi Jogja telah mencapai angka Rp. 40 juta.

Ke depan, Reza ingin mendirikan sendiri pabrik kain furing atau spundbond. Untuk itu, ia sangat berharap adanya perhatian dari pihak pemerintah terutama soal modal dan bantuan promosi. “Diberlakukannya kebijakan MEA membuat siapapun pengusaha UKM untuk terus meningkatkan kualitas dan layanan, demikian pula dengan Tas Promosi Jogja,” pungkasnya. [anto]

 

HARGA TAS PROMOSI JOGJA BERDASARKAN SPESIFIKASINYA

 

NO JENIS BAHAN UKURAN HARGA @ KETERANGAN
1 Furing 50gr 20 x 30 CM

30 X 40 CM

40 x 50 CM

40 X 60 CM

Rp 4.000,-

Rp 4.500,-

Rp 5.000,-

Rp 6.000,-

Harga tersebut belum termasuk ongkos kirim ke luar kota
2 Furing 60gr 20 x 30 CM

30 X 40 CM

40 x 50 CM

40 X 60 CM

Rp 5.000,-

Rp 5.500,-

Rp 6.000,-

Rp 7.000,-

3 Furing 75gr 20 x 30 CM

30 X 40 CM

40 x 50 CM

40 X 60 CM

Rp 6.000,-

Rp 6.500,-

Rp 7.000,-

Rp 8.000,-

4 Furing 100gr 20 x 30 CM

30 X 40 CM

40 x 50 CM

40 X 60 CM

Rp 7.000,-

Rp 7.500,-

Rp 9.000,-

Rp 10.000,-

Kontak Reza Rahadian 081804272505

Ada komentar?

Baca Juga

Jangan lupa share :)

About Majalah Laundry

Majalah Laundry adalah media referensi usaha laundry. Terbit untuk Anda yang ingin menambah pengetahuan, wawasan dan tips serta trik dalam mengembangkan dan mengelola usaha laundry. Kami terus berupaya menghadirkan sesuatu yang baru ke hadapan Anda.

BACA JUGA

maomoto

Daftar Penyedia Mesin dan Perlengkapan Laundry

Berikut ini daftar penyedia, penjual dan supplier peralatan laundry di seluruh Indonesia. Silahkan cari penyedia ...

shares