Home / Franchise / Strategi Marketing Bisnis Cuci Sofa

Strategi Marketing Bisnis Cuci Sofa

Setelah Anda memiliki seperangkat alat untuk usaha laundry  sofa dan spring bed, tentunya perlu dipikirkan mengenai strategi bisnis, perluasan peluang dan strategi marketingnya. Jangan sampai setelah semua alat lengkap tersedia, Anda malah kesulitan berproduksi karena kurangnya strategi. Inilah strategi marketing bisnis cuci sofa.

Secara umum strategi dibagi menjadi dua yaitu strategi input dan strategi output. Strategi input adalah strategi yang dititikberatkan pada peningkatan kuantitas atau jumlah order. Sedangkan strategi output adalah strategi yang berfokus pada kualitas layanan. Dengan strategi output yang baik, diharapkan pelanggan puas dan bahkan mereferensikan pelanggan lain. Di sinilah terkadang strategi output berkontribusi sangat baik pada strategi input. Hematnya, layanan yang memuaskan akan mendatangkan lebih banyak pelanggan.

Sebelum kita bahas mengenai strategi, mari kita lihat peluang bisnis laundry sofa dan spring bed. Anda harus membuka wawasan bahwa pasar dari usaha ini bukan hanya untuk perumahan atau konsumen rumah tangga. Meskipun peluang konsumen rumah tangga sangat besar, tetapi ada potensi lain yang tak kalah besarnya yakni konsumen corporate.

Jika Anda lihat di bank, kantor pos, terminal, hotel,  bandara atau tempat-tempat publik lainnya, pasti akan ditemukan kursi-kursi ruang tunggu. Karena kursi tersebut dipakai oleh umum, biasanya potensi untuk kotor lebih cepat. Peluang itulah yang bisa kita bidik untuk dijadikan klien. Belum lagi kursi atau sofa yang ada di dalam perkantorannya, juga bisa menjadi peluang bisnis bagi Anda.

Petugas kebersihan yang ada di tempat-tempat itu biasanya hanya melakukan perawatan saja. Untuk general cleaning yang dilakukan secara berkala biasanya dikerjakan oleh pihak ketiga. Di sinilah peluang Anda menjadi pihak ketiga dari program general cleaning-nya.

Untuk bisa mendapatkan order dari instansi-instansi itu tentu saja tidak hanya sekedar menawarkan lewat lisan, Anda harus mengajukannya menggunakan proposal. Contoh proposal bisa Anda download di www.majalahlaundry.com

EOS 10D CMOS RAW IMAGE

Biasanya, sekali mendapatkan order di instansi untuk cuci sofa, order akan merembet ke yang lain seperti cuci karpet, poles lantai, poles kamar mandi bahkan perawatan gedung. Dengan disertai pembelajaran dan minat untuk berkem bang, bukan tidak mungkin hal-hal tersebut terjadi.

Selain dengan proposal, strategi input lain yang bisa Anda gunakan adalah dengan cara memasang pamflet atau banner-banner di tempat strategis. Namun demi menjaga lingkungan agar tetap tidak tersemar serta mengganggu estetika, pastikan memasang banner atau pamflet di tempat-tempat yang tidak dilarang. Mamasang pamflet dengan memaku di pohon peneduh di tepi jalan merupakan tindakan yang tidak diperbolehkan karena akan mengganggu tumbuh kembang si pohon.

Memasang pamflet secara berlebihan di tiang-tiang listrik juga dianggap mengganggu keindahan kota sehingga hal tersebut harus ditanggulangi. Anda sebagai pengusaha yang terdidik tentu saja wajib menjaga hal ini sebagai bentuk perhatian dan atanggungjawab Anda terhadap lingkungan.

Untuk target konsumen lokal, Anda bisa menyebarkan brosur-brosur di perumahan karena akan diterima langsung oleh si pemilik rumah. Selain itu, manfaatkan juga kerjasama dengan para pengantar atau loper koran yang biasanya mengirim koran-koran langganan ke rumah-rumah. Brosur Anda bisa diselipkan di tengah-tengah eksemplar koran. Begitu koran diterima dan dibuka oleh si pembaca, maka brosur Anda akan menjadi “headline” karena biasanya ketika seseorang membuka koran dan menemukan sesuatu yang jatuh dari dalamnya, pasti ia akan memperhatikannya terlebih dahulu sebelum membaca koran tersebut.

Lakukan juga kerjasama dengan outlet-outlet laundry di sekitar target pasar Anda. Buatlah kerjasama dengan mereka dengan cara menjadikan mereka agen dan memberikan margin 20 -25 persen dari nilai order cuci sofa dan spring bed. Optimalkan sistem kerjasama tersebut dengan cara memasang pamflet atau banner di outlet laundry yang Anda jadikan agen. Dengan begitu, Anda akan memiliki pintu masuk order lebih banyak. Bukan hanya outlet laundry, Anda juga bisa bekerjasama dengan outlet lain seperti toko kelontong, kios buah atau toko pakaian.

Untuk strategi outputnya, Anda perlu fokus pada hasil akhir dan layanan tambahan. Kebersihan, keharuman serta kecepatan dalam pelayanan menjadi wajib. Jika hal tersebut dapat terpenuhi, biasanya harga jual juga akan mengikuti dengan sendirinya. Artinya, pelanggan tidak akan terlalu rewel dengan harga jika layanan yang Anda berikan dapat menjawab semua kebutuhan mereka.

Anda juga bisa menggunakan strategi kecepatan dengan cara menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dari kesepakatan. Misal, jika Anda mendapatkan order cuci sofa dan disepakati selesai dalam waktu tiga hari, padahal Anda bisa menyelesaikan dalam waktu dua hari saja, maka segera selesaikan dan dalam dua hari kirim hasil cucian Anda kepada pelanggan. Hal ini akan memberikan efek “wow” pada pelanggan.

Efek “wow” lain yang bisa Anda tambahkan ketika mendapatkan order cuci sofa dengan kombinasi kayu adalah dengan cara memoles kayunya dengan treatment khusus. Di pasaran banyak tersedia cairan atau bahan treatment untuk sofa kayu. Sehingga bukan hanya bagian busa saja yang terlihat seperti baru, namun ornamen kayunya juga lebih mengkilap dan tampak baru.

Layanan antar jemput cucian adalah layanan tambahan yang wajib diperhitungkan. Buatlah pelanggan merasa dimanjakan. Mereka hanya ingin menikmati kenyamanan tanpa perlu repot-repot mengirim sofa kotor ke workshop Anda. Nah, Anda atau tenaga marketing juga harus jeli mengenai peluang lain ketika mengantar cucian ke rumah pelanggan. Anda bisa menawarkan layanan lainnya seperti poles lantai, poles kamar mandi atau bahkan general cleaning untuk rumah pelanggan tersebut.

Anda juga bisa meminta testimoni dari pelanggan setelah pelanggan menerima hasil cucian. Testimoni yang mereka kirimkan melalui SMS atau BBM bisa Anda gunakan untuk menambah amunisi marketing secara online. Pastikan juga untuk membuka diri menerima saran dan kritik. Komunikasi dua arah antara Anda dan pelanggan dapat mempererat hubungan, sehingga Anda memiliki lebih banyak pelanggan potensial. Selain itu, mintalah juga referensi kepada pelanggan Anda. Mungkin saja, saudara atau kerabat mereka membutuhkan layanan yang sama. Jangan lupa untuk meninggalkan kontak Anda atau marketing Anda agar pelanggan mudah menghubungi jika membutuhkan layanan Anda. [anto]

baca artikel lain di majalah laundry

Ada komentar?

Baca Juga

Jangan lupa share :)

About Majalah Laundry

Majalah Laundry adalah media referensi usaha laundry. Terbit untuk Anda yang ingin menambah pengetahuan, wawasan dan tips serta trik dalam mengembangkan dan mengelola usaha laundry. Kami terus berupaya menghadirkan sesuatu yang baru ke hadapan Anda.

BACA JUGA

tips pengembangan usaha laundry

Tips Ringan Cara Mengembangkan Usaha Laundry

Pada dasarnya tidak ada rumus atau tips khusus untuk meningkatkan penjualan atau omzet. Tidak ada ...

shares