Home / Keuangan / Tips Aman Menggunakan Internet Banking

Tips Aman Menggunakan Internet Banking

Tips aman internet banking

Duduk di kantor, jalan-jalan  atau sedang  di rumah tetapi transaksi perbankan jalan terus menggunakan m-banking dan internet banking memang menyenangkan. Tanpa harus mengantri di teller bank, semua transaksi bisa dijalankan dengan ponsel atau komputer.

Internet banking saat ini menjadi bagian dari kehidupan banyak orang. Mereka memberikan penawaran untuk bertransaksi secara lebih efektif. Meski demikian, internet banking juga memiliki beberapa kelemahan yang harus diperhatikan. Ini dia enam tips internet banking yang aman yang harus diketahui:

  1. Mengubah password setiap beberapa bulan sekali

Mengubah password internet banking secara rutin setiap beberapa bulan sekali akan membuat lebih aman dan mengurangi kemungkinan pencurian online atau tindakan hacking. Hindari menyimpan password di tempat yang mudah diketahui orang lain.

  1. Jangan lupa sign out

Jika kita mengakses internet banking melalui computer umum atau miliki orang lain, pastikan untuk me-sign-out dan menghapus history yang ada. Usahakan untuk menggunakan komputer atau gadget pribadi untuk mengakses internet banking.

  1. Baca email dari bank dengan teliti

Email apapun dari bank harus dibaca dengan teliti dan cermat. Ini akan membantu kita untuk memastikan bahwa kita tidak menanggapi email dari sumber lain yang tidak berhubungan dengan bank.

  1. Waspada dengan pishing email

Email ini terlihat mirip dengan yang dikirimkan oleh bank, namun kita harus lebih berhati-hati apalagi mengenai rincian yang sensitif. Kita harus menyadari hal ini dan segera menghubungi bank jika kita merasa melakukan kesalahan pada internet banking kita.

  1. Jangan mengunduh e-statement dari komputer lain dan meninggalkannya

Untuk men-download segala hal yang terkait internet banking, sebaiknya menggunakan gadget pribadi. Jika dalam keadaan darurat yang terpaksa dilakukan melalui perangkat miliki orang lain, segeralah menghapus file hingga bersih setelah men-download.

  1. Jangan memberitahu informasi akun ke sembarang orang

Kita harus menjaga rahasia tentang informasi akun internet banking kita ke orang lain. Selain username dan password, nomor rekening juga perlu dijaga dengan benar. Jangan memberitahu informasi ini ke pada siapapun, terkecuali beberapa anggota keluarga inti yang memerlukan.

Nah, itu tadi enam tips aman menggunakan internet banking. Menjaga agar Anda selalu aman dalam memiliki, mengelola dan menggunakan internet banking. Jangan sampai acuh dengan hal-hal tadi ya.[anto]

Ada komentar?

Baca Juga

Jangan lupa share :)

About Majalah Laundry

Majalah Laundry adalah media referensi usaha laundry. Terbit untuk Anda yang ingin menambah pengetahuan, wawasan dan tips serta trik dalam mengembangkan dan mengelola usaha laundry. Kami terus berupaya menghadirkan sesuatu yang baru ke hadapan Anda.

BACA JUGA

buat apa punya mentor

Buat Apa Punya Mentor?

Buat apa punya mentor? Pertanyaan itu mungkin sedikit frontal. Tapi sejatinya itu akan menjadi kunci ...

shares