Home / Peluang Usaha / Ini Dia Tri Amelia, Pengusaha Setrika Keliling

Ini Dia Tri Amelia, Pengusaha Setrika Keliling

Peluang selalu ada bagi mereka yang kreatif. Ketika peka terhadap kebutuhan masyarakat, seorang pengusaha kreatif pasti akan menemukan ide untuk dijadikan lahan bisnis. Hal itulah yang dilakukan oleh Irsan Heryadi dan istri Tri Amelia.

Pasangan suami istri yang tinggal di perumahan Villa Mutiara Gading, Bekasi, Jawa Barat itu membuka usaha yang terbilang langka. Mereka menyediakan jasa setrika keliling dari rumah ke rumah.

Saat Tabloid Laundry menghubungi, Tri Amelia menyebut nama usahanya dengan nama Icha Gokil atau Gosok Keliling. Icha adalah sebutan untuk anak mereka yang pertama. Menurut Tri Amelia, cara berkeliling itu merupakan cara terbaru yang mereka jalankan.

Sebelumnya, selama ini mereka telah menjalankan usaha setrika di tempat tinggal mereka. Usaha itu itu sudah mereka jalankan selama tiga tahun. “Sebelumnya membuka usaha laundry selama dua tahun,” kata Tri.

Kini mereka lebih fokus pada usaha setrika pakaian. Hingga akhirnya menjalankannya dengan berkeliling. “Ide ini sebetulnya sudah lama sekali, tetapi baru sekarang bisa merealisasikannya,” kata Tri.setrika keliling

Ketika foto aktifitas Tri diupload ke media sosial, sontak menjadi viral dan dibagi ulang oleh ribuan pengguna. Mereka rata-rata mengungkapkan rasa salut atas kreatifitas dan kerja kerasnya. Betapa tidak, untuk berkeliling dengan sepeda motor Honda Revo, Tri membawa satu set setrika uap yang berisi air dengan berat mencapai puluhan kilogram.

Selain setrika uap, ia juga membawa kompor dan tabung elpiji sebagai bahan bakar untuk menghasilkan panas dan uap. Semua perlengkapan itu ia masukkan dalam sebuah box cargo yang sekaligus berfungsi sebagai meja setrika.

Untuk area kerja, Tri memilih lokasi yang dekat dengan perumahan tempat tinggalnya. “Untuk saat ini di sekitaran Perumahan Prima Harapan dulu,” kata Tri. Di perumahan tersebut, ia sudah bisa mendapatkan pelanggan. Bahkan beberapa penghuni perumahan itu sudah meminta nomor teleponnya untuk bisa menghubungi sewaktu-waktu membutuhkan jasa setrika.

Di sekitar tempat tinggalnya, tak kurang lima perumahan yang dijadikan target oleh Tri. Perumahan-perumahan itu tersebar di sekitar Villa Mutiara Gading dengan jarak antara 2 – 3 km.

Tri tidak selalu mengerjakan jasa setrika itu di rumah pelanggan. Beberapa diantaranya ia bawa pulang untuk dikerjakan di rumah. Sang suami, Irsan Heryadi bersama karyawan juga mengerjakan order setrika.

“Untuk yang pengerjaan di rumah, sehari bisa mencapai 180 – 220 kg,” ujarnya. Untuk mendapatkan hasil tersebut, Tri dan suami memang terbilang rajin melakukan promosi seperti menyebarkan brosur, silaturahmi ke teman-teman sambil promosi termasuk keliling dengan menggunakan sepeda motor dan gosok di tempat.

Untuk layanan antar jemput, Tri mengaku masih melakukannya sendiri. Selain sambil antar jemput ia juga berharap bisa menambah jumlah pelanggan dengan menawarkan jasa tersebut ke warga sekitar pelanggannya.

Disinggung mengenai postingannya di jejaring sosial yang menuai berbagai komentar, Tri mengaku bersyukur. Ibu tiga anak ini tak menyangka postingan tersebut bisa menjadi inspirasi bagi orang lain. “Seneng pastinya,” imbuhnya.

Foto yang awalnya hanya dishare di grup ASLI (Asosiasi Laundry Indonesia) di Facebook kemudian dishare ulang oleh Tri Yuni yang kemudian menjadi viral. Sontak, berbagai media cetak dan televisi mengunjunginya untuk melakukan wawancara.

Tri lantas mengaku kewalahan menerima permintaan pertemanan di Facebook. Namun ia mengaku senang dan bangga bisa bergabung dengan ASLI, karena postingannya di grup pengusaha laundry tersebut menjadi berkah baginya.

 

Ada komentar?

Baca Juga

Jangan lupa share :)

About Majalah Laundry

Majalah Laundry adalah media referensi usaha laundry. Terbit untuk Anda yang ingin menambah pengetahuan, wawasan dan tips serta trik dalam mengembangkan dan mengelola usaha laundry. Kami terus berupaya menghadirkan sesuatu yang baru ke hadapan Anda.

BACA JUGA

peluang usaha laundry hotel

Peluang Usaha Laundry Hotel

Peluang Usaha Laundry Hotel Persaingan bisnis laundry terbilang cukup ketat, berbagai macam strategi sudah seharusnya ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares