Home / Marketing / Trik Marketing Laundry Dengan Karangan Bunga

Trik Marketing Laundry Dengan Karangan Bunga

Strategi marketing bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Berikut ini adalah trik marketing laundry yang tak biasa yang bisa jadi tidak pernah Anda pikirkan. Cara-cara berikut ini sangat mudah untuk dilakukan dan memiliki efek yang sangat baik, selain itu lebih mudah dalam targeting. Bagi pengusaha laundry, cara ini sangat memungkinkan untuk diaplikasikan.

Pertama adalah trik karangan bunga. Trik ini bisa diaplikasikan oleh Anda yang sedang mengadakan pembukaan cabang, relaunching, sehabis renovasi, pindahan atau sedang even khusus, misalnya ulang tahun.

Sebelum membongkar trik marketing ini, mari kita perhatikan karangan bunga-karangan bunga yang ada di setiap event terutama grand opening sebuah instansi atau outlet tertentu. Biasanya, kita akan menoleh jika ada sederetan karangan bunga di sebuah outlet baru atau tempat tersebut. Baik itu karangan bunga berisi ucapan selamat maupun dukacita. Rasa penasaran dan ingin tahu membuat kita hampir pasti menoleh ke tempat yang dikelilingi karangan bunga.

Kali ini kita akan membuat karangan bunga yang isinya ucapan selamat. Nah, ini bisa digunakan jika Anda membuka cabang baru. Ajukan permohonan karangan bunga ucapan selamat kepada siapa saja, baik itu instansi pemerintah, bank, organisasi, supplier, mitra maupun  orang pribadi.

Jika instansi yang diminta memiliki kerjasama dengan Anda atau terdapat hubungan bisnis maupun emosional, biasanya mereka akan mengirimkan karangan bunga yang Anda ajukan. Dengan begitu, pelaksanaan grand opening outlet baru Anda akan lebih meriah. Ini akan mengundang perhatian setiap mereka yang lewat.

Lalu bagaimana jika tidak ada yang mengirimkan karangan bunga atau Anda tidak memiliki hubungan bisnis dengan pihak lain? Gampang. Pesan saja karangan bunga di florist dengan mencantumkan nama saudara, organisasi tempat Anda bernaung atau lembaga lain. Tapi pastikan Anda meminta ijin terlebih dahulu.

Asal nilainya positif, Anda akan dengan mudah diijinkan untuk membuat karangan bunga atas nama mereka. Lalu pesan saja karangan bunga di florist. Karangan bunga dengan ukuran dan bahan standar, harganya antara Rp. 300.000,- sampai Rp. 500.000,-

Dengan bermodalkan satu juta rupiah, Anda sudah bisa mendapatkan dua sampai tiga buah karangan bunga ucapan selamat. Setidaknya acara opening Anda akan jadi meriah. Bagi Anda yang ingin lebih berhemat, Anda bisa membuat sendiri karangan bunga dengan modal yang sangat minim.

Hanya dengan modal uang Rp. 100.000,- sampai Rp. 150.000,- Anda sudah bisa membuat sebuah karangan bunga ukuran standar. Anda bisa membuat dengan ukuran bingkai 150cm x 100cm. Yang Anda butuhkan adalah kayu reng sebanyak 6 batang, sterofoam dan bunga-bunga.

Untuk bunga, bisa digunakan bunga asli ataupun bunga kertas yang banyak dijual di pasaran. Untuk sterofoam, biasanya dilukis dengan cat khusus. Tapi jika Anda tidak punya keterampilan dalam melukis, Anda bisa gunakan banner MMT. Cukup datang ke percetakan, minta dibuatkan sesuai keinginan lalu cetak.

Selanjutnya Anda bisa merangkai sendiri banner MMT dengan bingkai kayu reng, lalu dihias dengan bunga-bunga. Karangan bunga seperti di atas akan tahan hingga satu bulan. Artinya, selama satu bulan Anda akan mencuri perhatian orang yang sedang lewat.

Dengan membuat sendiri, biaya satu juta rupiah bisa dapat enam buah karangan bunga, bahkan lebih. Karangan bunga seperti itu bisa digunakan untuk memeriahkan acara buka cabang. Jika memang tidak ada acara buka cabang, Anda bisa gunakan saat relaunching.

Relaunching biasanya dilakukan setelah outlet tutup beberapa saat untuk dilakukan renovasi, pindahan atau sekedar pengecatan ulang. Agar terlihat lebih meriah, gunakan trik karangan bunga ini saat relaunching.

Saat relaunching biasanya pelanggan datang lebih banyak, manfaatkan momen tersebut untuk membuat customer engagement. Caranya; berikan diskon khusus atau kupon. Dengan kupon, pelanggan cenderung memiliki potensi untuk melakukan repeat order.

Pasang papan diskon besar-besar di depan outlet, agar ketertarikan untuk sekedar menoleh menimbulkan dorongan untuk datang ke outlet Anda. Diskon bisa diterapkan dengan membuat membership. Ini juga cara membuat customer interest. Tips membuat membership ada di artikel lain.

Demikian trik marketing laundry menggunakan arangan bunga.

 

Ada komentar?

Baca Juga

Jangan lupa share :)

About Majalah Laundry

Majalah Laundry adalah media referensi usaha laundry. Terbit untuk Anda yang ingin menambah pengetahuan, wawasan dan tips serta trik dalam mengembangkan dan mengelola usaha laundry. Kami terus berupaya menghadirkan sesuatu yang baru ke hadapan Anda.

BACA JUGA

simply-fresh-palembang

Pentingnya Split Testing Untuk Usaha Laundry

Pentingnya Split Testing Untuk Usaha Laundry Dalam dunia advertising dikenal istilah split testing. Split testing ...

shares