Home / Uncategorized / Unik, Outlet Binatu Ini Terima Laundry Keris, Tombak dan Kujang

Unik, Outlet Binatu Ini Terima Laundry Keris, Tombak dan Kujang

MAJALAHLAUNDRY.COM – Laundry biasanya untuk pakaian, perlengkapan tidur, sepatu, tas atau jaket. Lalu apa yang ada di benak Anda ketika mendengar kata “laundry keris”? Merinding atau biasa saja?

Redaksi Majalah Laundry baru saja mewawancarai seorang pengusaha laundry yang memiliki layanan tambahan berbeda dan unik. Namanya Srikandi Laundry. Selain mencuci pakaian, sepatu, tas dan jaket, laundry ini juga menerima laundry pusaka.

Jika Anda berkunjung ke outlet laundry ini jangan kaget karena akan melihat sejumlah keris terpampang di atas rak di antara sepatu dan tas yang dipajang setelah selesai dicuci.

Rupanya selain keris koleksi sang pemiliknya, keris tersebut juga merupakan hasil cucian di Srikandi Laundry. Outlet binatu ini berada di basement Blok M Square, Jakarta.

Arry Prasetya Pemilik Laundry Keris

Pemiliknya, Arry Prasetya memang memiliki hobi mengoleksi keris pusaka sejak tahun 2006. Arry mengaku, hobi tersebut diturunkan dari ayahnya yang memiliki kegemaran yang sama.

Awalnya ia tidak berniat secara khusus untuk membuka layanan laundry keris. Ia mengaku, ide menggabungkan layanan laundry dengan cuci pusaka atau jamasan datang dari mimpi. “Saya pernah mimpi banyak keris diantar ke laundry saya,” kata Arry.

Kemudian ia mencoba menafsirkan mimpi tersebut dan terbersitlah ide untuk melayani cuci pusaka seperti keris, tumbak, kujang maupun pusaka lainnya.

Keahliannya mencuci keris memang dipelajarinya sendiri sejak lama. “Dulu saya setiap menjelang Suro pasti ke guru saya di Lampung untuk mencucikan keris saya, tapi lama-kelamaan saya mencoba belajar sendiri dan bisa,” kata Arry.

Ia mengaku kewalahan jika harus mencucikan keris koleksinya ke orang lain. Dari belajar tersebut, Arry mulai bisa merawat sendiri koleksinya.WhatsApp Image 2017-07-12 at 11.24.46

Kini, ilmunya mencuci pusaka ia gabungkan dengan usaha laundry dan jadilah layanan tambahan laundry keris. Untuk layanan cuci pusaka tersebut, Arry melakukannya sendiri. Tidak ada yang dikerjakan oleh karyawan. “Karena cuci pusaka itu harus pakai pakem. Tidak bisa hanya dengan dicuci menggunakan penghilang karat yang ada di pasaran,” ujarnya.

Pelanggannya pun beragam. Mulai dari kolektor biasa hingga pejabat. Meski ia mengaku, pelanggan laundrynya kerap menanyakan perihal keris yang ia pajang di laundrynya. Lambat laun, pelanggan mulai paham bahwa Srikandi Laundry memang menerima jasa cuci pusaka atau jamasan. (aw/ml)

Ada komentar?

Baca Juga

Jangan lupa share :)

About Majalah Laundry

Majalah Laundry adalah media referensi usaha laundry. Terbit untuk Anda yang ingin menambah pengetahuan, wawasan dan tips serta trik dalam mengembangkan dan mengelola usaha laundry. Kami terus berupaya menghadirkan sesuatu yang baru ke hadapan Anda.
shares