Home / Marketing / Wonderwash Group Luncurkan LaundryManager, Aplikasi Kasir Laundry Online

Wonderwash Group Luncurkan LaundryManager, Aplikasi Kasir Laundry Online

LaundryManager.id, Solusi Aplikasi Kasir Laundry Online.

 

Dunia kewirausahaan di Indonesia tumbuh dengan pesat. Tidak sedikit anak-anak muda yang beralih orientasi dari menjadi karyawan menuju pengusaha. Munculnya komunitas-komunitas wirausaha menjadi faktor yang mempercepat pertumbuhan tersebut. Ditambah lagi dengan kebijakan pemerintah pusat dan daerah yang mendorong terciptanya ekosistem ekonomi sektor riil sehingga membuat jumlah pengusaha meningkat secara siginifikan.

 

Salah satu bidang usaha yang dilirik oleh calon-calon wiraswastawan baru adalah laundry. Jasa pencucian pakaian dan aksesoris ini memang memiliki potensi pasar yang terus berkembang. Kebutuhannya pun kini tidak lagi di kota-kota besar, namun juga kota-kota kecil dan perumahan-perumahan. Skalanya mulai dari kecil hingga korporat. Apalagi kue pasarnya masih sangat terbuka. Tidak heran jika peminat bisnis laundry ini juga cukup besar.

 

Andi Setiawan merupakan salah satu profil pengusaha muda yang sukses mengembangkan bisnis laundry-nya. Baru-baru ini, di bawah bendera “Digilife Media”. Salah satu perusahaan START-UP Digital tersebut meluncurkan LaundryManager.id. Ini merupakan Software –as-a-Service (SaaS) manajemen atau Point of Sale (POS) untuk laundry yang berbasis online (cloud). LaundryManager.id membantu pemilik usaha laundry agar dapat menjalankan bisnisnya secara lebih mudah, produktif, efisien dan real time. Pemilik usaha laundry tidak harus memantau usahanya secara fisik 24 jam.

 

Kontrol jarak jauh tentang kinerja perusahaannya bisa melalui aplikasi ini. Bagi yang baru terjun di industry tersebut, software LaundryManager.id ini dapat meminimalisir kesalahan-kesalahan tim lapangan yang tidak terpantau. Sedangkan bagi yang sudah lama menjalankan usaha laundry, software ini bisa membantu mempermudah tim kerja dan pelaporannya.

 

“Saat ini cloud computing sudah menjadi kebutuhan bagi perusahaan-perusahaan yang sedang bertransformasi ke digital culture. Banyak yang sudah mengalihdayakan infrastruktur teknologinya ke sistem komputasi awan ini, mulai dari starts up hingga korporat. Digilife Media memahami tren tersebut saat meluncurkan LaundryManager ini,” tutur Andi.

Banner Laundry Manager-02 12.22.05 AM

Keunggulan software ini, tambah Andi, sangat banyak. Antara lain dari sisi kemudahan. Bisnis laundry bisa berjalan secara autopilot tanpa harus dipantau terus menerus oleh pemilik atau orang kepercayaannya. Hal ini bisa mengurangi potensi mismanajemen yang kerap terjadi pada usaha-usaha yang baru berkembang.

 

“Bukankah lebih praktis ketika kita mampu mengontrol layanan laundry kita melalui telepon genggam? Ditambah lagi kita bisa mengukur tingkat kesigapan tim lapangan dalam memenuhi layanan-layanan konsumen. Adanya aplikasi ini tidak saja membantu efisiensi operasional, tapi juga meningkatkan servis kita.”

 

Selain itu, LaundryManager.id juga bersifat kustomisasi apabila pemilik usaha laundry menawarkan layanan khusus yang tidak dimiliki kompetitornya. Aplikasi ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan layanan yang ditawarkan sehingga tidak perlu khawatir ada laporan atau prosedur yang terlewat.

Banner Laundry Manager 1-02 12.22.06 AM

 

“Setiap bisnis memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Keunggulan yang kami tawarkan dalam aplikasi ini adalah fleksibilitas dalam menentukan layanannya. Itulah sebabnya meski baru diluncurkan, aplikasi LaundryManager sudah banyak yang menggunakan,” katanya lagi.

 

Disamping itu juga, software ini bisa menyajikan laporan dan kinerja bisnis secara real time. LaundryManager merupakan aplikasi berbasis cloud yang dapat dipantau secara langsung dan tidak perlu melakukan instalasi apapun.

 

Menurut Andi Setiawan, LaundryManager.id bukanlah software pertama yang mengakomodasi kebutuhan pengusaha laundry di Indonesia. Namun Andi menegaskan bahwa aplikasi ciptaannya ini menawarkan fitur-fitur yang lebih lengkap dan mutakhir dari yang sudah ada di pasaran sebelumnya.

 

“Aplikasi ini kami bangun berdasarkan riset pasar yang cukup panjang serta proses memahami market insight industry laundry di berbagai kota di Indonesia. Melalui layanan ini, masalah-masalah yang sering dihadapi pengguna aplikasi sejenis bisa kami atasi dengan efektif.”

 

Sebagai pengusaha yang sudah malang melintang di bisnis laundry selama bertahun-tahun, Andi memahami kebutuhan pasar dan pemilik usaha yang belum dapat dipenuhi oleh software-software sejenis. Kemampuannya dalam membaca tren dan pertumbuhan industry laundry diterapkan dalam mengembangkan LaundryManager.id tersebut.

 

Nilai tambah (add value) yang ditawarkan aplikasi laundry online ini sangat beragam, antara lain bisa meningkatkan kualitas pelayanan itu sendiri. Fungsi LaundryManager.id ini adalah mempercepat proses transaksi sehingga menjadi lebih sistematis. Konsumen akan dimudahkan dari penggunaan aplikasi ini.

 

Selain itu, secara tidak langsung software ini dapat memperkuat branding laundry yang menggunakannya. Mengapa demikian, karena konsumen akan terpuaskan dengan layanan yang cepat dan professional. Selain akan melakukan repeat order, konsumen akan menjadi brand advocate bagi layanan laundry yang memuaskan mereka.

 

“Kita tahu bahwa di era digital ini, konsumen mudah sekali mengungkapkan kekecewaannya pada jasa atau produk yang dikonsumsi ke media sosial. Demikian juga jika mereka puas, mereka tidak segan-segan merekomendasikannya pada orang lain dengan sukarela,” ungkapnya.

 

Software ini juga membantu pengusaha laundry untuk lebih unggul dibandingkan kompetitor karena memanfaatkan fitur Point of Sales. Minimal keunggulan tersebut terlihat dari sisi efisiensi waktu. Selain itu, LaundryManager.id juga mempermudah proses controlling dan pengambilan keputusan. Semua laporan usaha dapat diakses di mana saja dengan cepat. Dampaknya, pengambilan keputusan menjadi lebih efektif baik kolektif maupun personal.

Keunggulan kompetitif (competitive advantage) dari software ini bisa dilihat dari user-interface yang menarik. Pengguna bisa menganalisis bisnisnya secara mudah, mengontrol cabang-cabang tanpa harus mengunjungi outlet, memantau persediaan bahan baku sehingga pembelanjaan untuk operasional bisa lebih terukur, dan memiliki laporan keuangan yang terintegrasi tanpa harus memiliki akuntan. Selain itu, LaundryManager bisa diakses melalui smartphone atau tablet.

 

“Aplikasi ini juga bisa mencatat transaksi secara real time dengan pelanggan, memantau sumber daya manusia, menghitung total omset dengan cabang-cabang, membaca laporan laba rugi, piutang, memantau absensi karyawan, merekap gaji dan juga SMS Gateway. Jadi fitur-fiturnya sangat lengkap dan komprehensif, sesuai dengan kebutuhan bisnis laundry itu sendiri.”

 

Menurut Andi, pengguna aplikasi ini sudah mencapai ratusan pengusaha laundry. Targetnya tahun 2017 ini adalah terus menggenjot angka pengguna, selain juga mengembangkan fitur-fitur baru sesuai kebutuhan industri. Digilife Media sendiri memiliki tim riset dan pengembangan yang terus menerus melakukan penelitian pasar dan teknologi terbaru agar aplikasi ini dapat dikenal lebih luas lagi oleh masyarakat.

Banner Laundry Manager 1-01 12.22.06 AM

Bagi calon-calon pengusaha laundry, Andi menyarankan untuk selalu fokus pada layanan konsumen. Di era kompetisi yang semakin padat seperti sekarang ini, perang harga tidak lagi relevan. Konsumen semakin kritis dan bersedia membayar lebih untuk nilai yang didapat.  Apalagi dengan maraknya penggunaan sosial media yang bisa menghancurkan reputasi merk di ranah digital. Jika tidak mengindahkan nilai-nilai etika, perusahaan laundry akan mengalami “hukuman publik” dengan tidak dipilih sebagai penyedia solusi pakaian.

 

“Aplikasi LaundryManager ini sebagai bagian dari strategi penyedia jasa laundry untuk terus menerus memberikan servis terbaik mereka kepada konsumen. Teknologi saat ini bukan lagi menjadi nilai tambah, tapi sudah menjadi nilai standart. Kalau tidak menggunakan teknologi, maka kompetitor yang akan memanfaatkannya. Dan jangan salahkan konsumen apabila produk kita digilas oleh pasar,” tutupnya

Dapatkan FREE TRIAL aplikasi ini dengan KLIK DISINI

Ada komentar?

Baca Juga

Jangan lupa share :)

About Majalah Laundry

Majalah Laundry adalah media referensi usaha laundry. Terbit untuk Anda yang ingin menambah pengetahuan, wawasan dan tips serta trik dalam mengembangkan dan mengelola usaha laundry. Kami terus berupaya menghadirkan sesuatu yang baru ke hadapan Anda.

BACA JUGA

smart-laundry-karpet-pakai-promo-r

Contoh Brosur Laundry Keren

Banyak pertanyaan masuk ke redaksi Majalah Laundry menanyakan contoh brosur laundry yang bisa digunakan sebagai ...

shares