Home / Marketing / 10 Tips Mengembangkan UKM Laundry Melalui Digital

10 Tips Mengembangkan UKM Laundry Melalui Digital

Bagikan Sekarang!

Jika Anda mengelola website dan sosial media untuk membantu meningkatkan volume bisnis, sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini. Kami mengumpulkan setidaknya sepuluh hal yang perlu Anda penuhi guna meningkatkan konversi atas strategi pemasaran yang Anda lakukan di website atau sosial media.

Strategi ini cukup ampuh bagi Anda yang sedang mengelola UKM.

1. Berteman baiklah dengan Google

Mengapa harus berteman baik dengan Google? Karena sesuai data yang diperolah, bahwa lebih dari 80% pengguna internet menggunakan Google sebagai mesin pencari ketika membutuhkan sesuatu. Umumnya orang akan mengetikkan sejumlah kata untuk mendapatkan informasi yang ia cari. Kata-kata tersebut bernama keywords atau kata kunci, jadi Anda harus menyiapkan keywords pula yang bisa disematkan di website atau setidaknya mudah bagi orang untuk menemukan kata-kata tersebut di website Anda dengan bantuan mesin pencari Google.

2. Pemilihan Kata Kunci

Pilih kata kunci yang sesuai dengan bisnis UKM yang Anda jalankan dan juga sering dicari oleh target market Anda. Namun, karena pengguna keyword dengan satu kata sangatlah banyak, Anda dapat mencoba menggunakan keyword lebih dari 1 kata atau long-tail-keyword yang terdiri dari banyak kata untuk dimasukkan dalam konten website ataupun blog Anda sehingga dapat menambah traffic pada blog maupun website Anda.

Jika target Anda adalah calon pelanggan laundry di kawasan sekitar Anda, gunakan kata kunci yang lebih spesifik. Misal, Laluna Laundry dengan website laluna-laundry.com mentargetkan pelanggan di kawasan Pasar Kliwon Solo, maka gunakan kata kunci “laundry di pasar kliwon” maka akan dengan mudah Laluna Laundry ditemukan di Google.

3. Konten Sangat Penting

Jika Anda menggunakan SEO yang bagus tetapi tidak didukung dengan konten yang solutif, itu juga kurang baik. Bagaimanapun juga Anda harus peduli dengan konten website. Konten yang Anda publikasikan melalui blog ataupun website bisnis UKM Anda haruslah memberi solusi dari permasalahan yang dimiliki target market sehingga mereka tertarik untuk menggunakan produk ataupun jasa yang Anda tawarkan. Konten yang baik menjadi salah satu strategi pemasaran jitu untuk bisnis UKM yang sedang Anda jalankan dan tentunya meningkatkan traffic pada blog maupun website Anda.

4. Jangan Hanya Jualan, Tapi Juga Berbagilah

Selain kebutuhan akan produk maupun jasa yang Anda tawarkan, pastinya target market Anda juga memiliki kebutuhan lainnya yang bersifat komplementer dengan produk maupun jasa yang Anda tawarkan melalui bisnis UKM.  Berbagai akses maupun tips dan trik akan sangat membantu dan memberi kemudahan bagi target market Anda dalam mendapatkan solusi dari permasalahan yang dialaminya.

5. Tunjukkan Bisnis UKM Anda kepada Dunia!

Maraknya penggunaan media sosial merupakan kesempatan yang bisa Anda gunakan untuk memperkenalkan dan mendekatkan diri dengan target market yang lebih luas. Strategi pemasaran melalui media sosial dapat divariasikan sehingga menjadi sangat beragam. Anda bisa melakukan perlombaan, tanya jawab, memberikan tips, dan juga memperkenalkan bisnis UKM yang Anda miliki.

6. Call-to-Action

Tawarkan visitor blog Anda informasi yang mereka inginkan lalu dapatkan email atau kontak mereka sebagai gantinya. Dengan cara seperti itu, Anda akan mendapatkan database target market dan dapat menjalankan strategi pemasaran selanjutnya dengan menghubungi mereka melalui cara yang lebih personal. Anda juga dapat langsung mengajak mereka utnuk langsung mencoba jasa atau produk yang Anda miliki dengan menambahkan tombol pada blog atau website Anda.

7. Percantik Landing Page Anda

Dengan landing page yang memiliki desain menarik, Anda dapat memukau target market Anda untuk menggunakan produk ataupun jasa yang Anda tawarkan. Selain desain landing page yang baik, Anda juga memerlukan kata-kata persuasif agar target market memutuskan untuk mencoba produk atau jasa dari bisnis UKM yang Anda promosikan.

8. Lakukan Follow-up

Terus bina hubungan Anda dengan target market maupun pelanggan Anda dengan membagikan informasi berguna. Selain itu, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih pada setiap informasi, pujian, komentar maupun keluhan yang disampaikan. Segera cari solusi dan tindak lanjuti agar masalah yang terjadi tidak berkelanjutan. Semakin gesit Anda memberikan respon terhadap pesan yang disampaikan target market, maka semakin baik pula bisnis UKM Anda di mata mereka.

9. Pantau Perkembangannya

Cek terus hasil dari kegiatan marketing yang dilakukan agar Anda dapat mengembangkan strategi pemasaran menjadi lebih baik dan juga mendulang kesuksesan lebih cepat. Anda dapat menggunakan berbagai jasa analitik untuk campaign yang dilakukan melalui email maupun media sosial.

10. Tetap Sabar dan Gigih

Berbagai pujian dan juga komentar negatif pasti akan datang menghampiri Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah tetap sabar dan gigih untuk terus memperbaiki pelayanan, produk dan jasa yang ditawarkan. Tentu saja tidak lupa dengan terus mengembangkan langkah-langkah pemasaran untuk bisnis UKM yang dijalankan.

Beberapa tips tadi tentu saja tidak dapat dilepaskan dari kebutuhan akan tampilan yang  cantik dan menarik pada bisnis UKM Anda. Tampilan tersebut bisa dimulai dari desain logo maupun desain maskot yang baik, hingga desain website yang interaktif. Selain mempersiapkan pemasaran yang cocok untuk bisnis UKM Anda, tentunya Anda juga perlu mencari jasa desain grafis yang berkualitas untuk mempercantik bisnis UKM Anda. Segera temukan penyedia jasa desain grafis yang mampu memberikan ‘wajah cantik’ pada bisnis UKM Anda sebelum mencoba tips diatas!

Bagikan Sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares