Home / Manajemen / 5 Strategi Menyelamatkan UKM dari Dampak Wabah Covid-19
strategi menyelamatkan ukm

5 Strategi Menyelamatkan UKM dari Dampak Wabah Covid-19

Bagikan Sekarang!

Walau imbas yang ditimbulkan wabah Covid-19 sempat melumpuhkan sektor perekonomian, para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) perlahan bangkit untuk mengembalikan usaha mereka. Diperlukan strategi menyelamatkan UKM di saat sulit seperti ini.

Dedy Sidarta, CEO D’Consulting Business Consultant membeberkan kiat-kiat sukses yang membantu Anda untuk mengatur kembali manajemen UKM selama masa pandemi.

Buat laporan proyeksi untung-rugi

Di tengah ketidakpastian, Anda mungkin akan kesulitan saat membuat laporan keuangan. Namun, menghitung proyeksi untung-rugi selama 2-3 bulan ke depan setidaknya mempersiapkan Anda saat menyiapkan anggaran. Hilangkan juga biaya tetap dan tak tetap agar usaha berjalan maksimal.

Penghematan di pos-pos tertentu

Pos-pos tertentu dalam biaya operasional, marketing, rumah tangga kantor/usaha, hingga SDM sebenarnya bisa Anda hemat seoptimal mungkin untuk menggerakkan usaha. Jelaskan perubahan ini kepada pekerja yang membantu Anda agar mereka mengerti dan tetap memberikan kinerja terbaik.

Efisiensikan biaya untuk bahan baku

Kenaikan harga bahan baku tak dipungkiri jadi salah satu faktor yang membuat pelaku UKM sulit mengelola bisnis semasa pandemi. Salah satu cara untuk mengantisipasinya adalah menghitung buffer stock dan menjaga persediaan agar tak berlebihan. Jangan lupa atur manajemen supply chain.

Percepat pembayaran utang piutang

Jika ada klien atau konsumen yang belum melunasi piutang, negosiasikan sesegera mungkin agar mereka tak lama-lama menundanya. Hal ini berlaku juga pada Anda yang mempunyai utang. Pakai sistem seperti pembayaran di muka dan pre-order yang akan menekan utang piutang dalam usaha.

Mengubah strategi pemasaran

Dalam situasi dan kondisi seperti sekarang, Anda tentunya harus menggunakan strategi baru saat hendak memasarkan jasa maupun barang. Misalnya dengan mengoptimalkan pengiriman barang, menggunakan media sosial untuk berinteraksi, hingga menyediakan diskon untuk pesanan tertentu.

Digitalisasi juga harus diperhatikan para pelaku UKM apabila ingin menjangkau target pasar lebih luas. Pasalnya sebagian besar masyarakat kini tergantung dengan gawai (smartphone atau laptop) serta koneksi internet untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jangan lupa membarenginya dengan layanan pelanggan yang memadai.

Itulah 5 strategi menyelamatkan UKM agar tetap bertahan di masa pandemi. Dengan cara ini pelaku UKM diharapkan bisa melalui masa-masa sulit yang sampai sekarang belum jelas kapan akan berakhir.

Ikuti video menarik seputar bisnis laundry di Channel Majalah Laundry

Bagikan Sekarang!

Tidak menemukan yang Anda cari? Ketikkan kata kunci pencarian Anda di sini

Check Also

5 Tips Menghindari Kebangkrutan Bisnis Laundry

Tips Menghindari Kebangkrutan Laundry                 Tidak semua usaha yang kita jalankan dapat berjalan mulus. Tak ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares

Tips & Trik Bisnis Laundry GRATIS Langsung ke HP Anda.

Masukkan alamat email Anda, jadilah bagian dari komunitas eksklusif yang akan menerima email secara berkala seputar pengembangan bisnis laundry.