6 Langkah Sukses Pengusaha Laundry

6 Langkah Jadi Pengusaha Laundry Sukses di Masa Pendemi

Dalam mempertahankan bisnis laundry, seorang pengusaha harus melakukan sesuatu yang luar biasa. Luar biasa dalam artian tidak sekedar melakukan hal yang biasa-biasa saja.  Apalagi di tengah kondisi perekonomian yang serba sulit seperti saat ini.

Bukan hanya bertahan, jika Anda cermat dalam menjalankan usaha laundry, bukan tidak mungkin bisnis Anda justru berkembang. Seperti kita ketahui, usaha laundry adalah usaha yang tidak terlalu terdampak kondisi panemi COVID-19.

Bahkan ada kecenderungan bisnis laundry memiliki peluang lebih meningkat di masa-masa sekarang. Hanya saja, banyak pengusaha laundry yang kurang fokus sehingga tidak tahu cara agar laundry ramai di saat sulit.

Jika Anda mencari cara menjadi pengusaha laundry sukses, Anda bisa terapkan 6 langkah berikut ini.

  1. Lakukan Inovasi

Anda harus berinovasi mengkreasikan pelayanan lama di laundry Anda menjadi sesuatu yang dikemas seperti baru. Bisnis laundry adalah bisnis yang dibutuhkan di masa pandemi. Buatlah “headline” baru di laundry Anda bahwa usaha laundry Anda “Peduli COVID-19”2

2. Tambah Wawasan

Anda tak perlu malu untuk menggali ilmu dari senior, bahkan junior atau bawahan Anda. Mengunjungi grup-grup komunitas laundry di media sosial atau mengikuti kelas-kelas pelatihan juga bisa menambah wawasan.

Di masa pandemi ini juga banyak seminar-seminar seputar kewirausahaan yang diselenggarakan oleh sejumlah instansi dan komunitas. Anda bisa mengikutinya melalui Zoom, Facebook atau di channel Youtube.

3. Perluas Jaringan

Sehebat apapun Anda sebagai pengusaha, Anda pasti akan membutuhkan orang lain untuk membuat bisnis berkembang maju. Jaringan sangat membantu Anda untuk menjadikan bisnis tetap sukses dan bertahan lama.

Jaringan bisa jadi peluang untuk memperluas cakupan pelanggan Anda

4. Tingkatkan Pelayanan

Dengan adanya peningkatan pelayanan yang baik maka konsumen pun akan terpuaskan. Hal ini Anda akan sangat mudah untuk menjadikan laundry Anda tetap berjalan dan bertahan diantara himpitan persaingan.

Jangan bersaing soal harga, tapi bersainglah di kualitas dan layanan. Tingkatkan pelayanan laundry Anda agar menambah kepuasan pelanggan. Sebagai owner, Anda perlu memposisikan diri sebagai pelanggan.

Ingat, customer experience itu lebih utama ketimbang customer service

5. Jangan Cepat Puas

Untuk mendapatkan sebuah rasa yang selalu haus akan sebuah pencapaian, Anda harus terus berani menantang diri Anda. Misalnya target pertama telah sukses dilakukan, maka cobalah untuk menarget yang berikutnya yang lebih besar.

Bikin check point. Tingkatkan terus check point Anda. Jangan membatasi diri. Bukan tamak, tapi seorang pengusaha mesti punya mimpi yang tinggi dan besar karena dampaknya bisa ke keluarga, kerabat, karyawan dan keluarga besar bisnis kita.

Teruslah mencari peluang

6. Waspada Ancaman Terhadap Bisnis Anda

Tetap waspada dan sigap dengan segala ancaman yang datang. Bukan hanya dari kompetitor, rekan bisnis dan mantan karyawan, diri sendiri juga bisa menjadi ancaman terhadap usaha Anda. Umumnya para pengusaha yang terlalu lengah terhadap ancaman ini bisa jatuh secara tiba-tiba.

Tetap waspada. Namun juga jangan kehilangan fokus.

Ibarat kaca mobil, ada kaca depan, kaca samping dan kaca spion. Porsi kaca depan selalu lebih besar ketimbang kaca samping atau kaca spion.

Jadi buatlah porsi yang cukup untuk target, untuk pesaing dan untuk masa silam. Tidak boleh terbalik.

Nah demikianlah 6 tips untuk pengusaha laundry sukses. Semoga kita semua menjadi orang-orang terbaik di bisnis laundry.

Salam sukses.

Ditulis oleh: Bos Pengering

Editor: Anto Wiyono

Ikuti video menarik seputar bisnis laundry di Channel Majalah Laundry

Check Also

cara menghitung gaji sales laundry

Cara Menghitung Gaji Sales Laundry

Di tengah persaingan usaha laundry yang semakin ketat, diperlukan upaya lebih agar volume order terus …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tips & Trik Bisnis Laundry GRATIS Langsung ke HP Anda.

Masukkan alamat email Anda, jadilah bagian dari komunitas eksklusif yang akan menerima email secara berkala seputar pengembangan bisnis laundry.