mobil cerdas laundry

Apakah Cerdas Laundry Itu MLM?

Beberapa hari terakhir ini di grup-grup komunitas laundry sedang ramai dibicarakan mengenai Cerdas Laundry. Promo unggulan untuk pelanggannya adalah “Laundry Gratis Seumur Hidup”. Dengan konsep member get member Cerdas Laundry ini disebut mirip Multi Level Marketing (MLM).

Ada dua hal yang dijadikan program unggulan Cerdas Laundry. Selain konsep member get member tadi, Cerdas Laundry juga membuka kesempatan gabung menjadi mitra (owner) Cerdas Laundry dengan biaya lisensi sebesar Rp. 15.000.000.

Kita bahas dulu mengenai system member get member.

MLM, pada intinya adalah seseorang mendaftar sebuah program penjualan produk, lalu mengajak orang lain untuk ikut bergabung. Dari orang yang kita ajak itu, kita mendapatkan komisi. Kemudian jika mencapai jumlah tertentu, kita akan mendapatkan bonus.

Apa bedanya komisi dan bonus?

Komisi didapat ketika sesorang berhasil menjual, atau mengajak orang lain bergabung. Tanpa ada batasan minimal atau maksimal. Termasuk komisi penjualan produknya. Meskipun kebanyakan MLM di Indonesia, penjualan tidak menggunakan sistem komisi tetapi sistem laba alias keuntungan. Member bisa kulakan ke stokist dengan harga khusus, lalu menjual dengan harga yang ditentukan perusahaan.

Sedangkan bonus, didapat ketika penjualan atau rekrutmen mencapai titik atau jumlah tertentu.

Misal merekrut dua orang dengan posisi di kaki kanan dan kaki kiri, maka seorang member MLM akan mendapatkan bonus pasangan (pairing)

Dalam sebuah MLM, ada dua hal yang bisa dijadikan ladang mencari uang. Rekrutmen dan Produk. Biasanya disebut Plan A dan Plan B. Plan A adalah sistem komisi dan bonus serta jenjang karir yang didapat dari merekrut orang (member) baru.

Sementara Plan B adalah sistem penghitungan komisi dan bonus berdasarkan hasil penjualan produknya.

MLM yang baik adalah yang memiliki Plan A dan Plan B jelas. Bisa dijalankan secara terpisah. Artinya, jika fokus rekrut saja bisa dapat uang. Atau fokus jualan tanpa merekrut orang bisa dapat untung. Berarti produknya harus bagus, bermanfaat dan terjangkau.

Hanya MLM dengan Plan A dan Plan B seimbanglah yang bertahan di Indonesia. Bahkan di dunia. Lihat saja, MLM yang bertahahan hingga saat ini biasanya memiliki sistem rekrutmen baik dan paling utama adalah produknya bermanfaat, bagus dan terjangkau. Karena pada hakikatnya bisnis utama MLM adalah produk, bukan jaringan.

Nah, apakah Cerdas Laundry itu MLM?

Untuk menjadi pelanggan pada program ini, seorang pelanggan harus membayar Rp700ribu. Rinciannya, Rp200ribu untuk biaya tas, Rp500ribu untuk biaya langganan cuci.

Lalu setiap peserta program ini mendapatkan diskon 10% laundry ketika berhasil merekrut 1 orang pelanggan baru yang juga ikut dalam program. Diskonnya bukan hanya sekali cuci, tetapi selamanya. Ketika berhasil merekrut 10 orang, maka pelanggan itu mendapatkan diskon 100% alias gratis.

Ketika melebihi 10 pelanggan baru yang direkrut, bonus ini akan dikumpulkan hingga mendapatkan reward umroh gratis.

Redaksi belum menemukan titik terang, apakah biaya Rp500ribu itu berlaku selama sebulan atau kuota tertentu.

Meskipun, dalam penjelasannya Cerdas Laundry ini tidak menggunakan sistem timbangan.

Untuk pendaftarannya, peserta program ini akan mendapatkan link referral. Link itu bisa disebarkan ke calon pelanggan lain untuk ikut bergabung.

Jelas di sini ada sebuah skema piramida layaknya sebuah MLM. Bedanya, produknya adalah jasa, bukan barang.

Yang banyak ditanyakan adalah, kalau sudah tidak ada lagi yang mendaftar, bagaimana perusahaan bisa beroperasi? Sedangkan mesti menanggung pelanggan yang sudah mendapatkan jatah cuci gratis?

Mungkin mereka punya jawabannya.

Cerdas Laundry mengklaim sedang persiapan opening di Solo 5 outlet, Jogjakarta 10 outlet dan Semarang 10 outlet. Outlet itu rencana akan mulai beroperasi di bulan November 2020 ini.

Sementara untuk kota lain, Cerdas Laundry membuka waiting list. Link referral akan segera disiapkan, jika sudah ada 250 pelanggan yang mendaftar di sebuah kota, akan dibukakan satu outlet Cerdas Laundry.

Bagaimana kalau sudah banyak yang mendaftar tetapi belum mencapai 250 orang? Berapa lama mesti menunggu? Belum ada penjelasan.

Sekilas terlihat menarik. Laundry Gratis Seumur Hidup.

Namun, kami belum menemukan skema yang jelas pada sistem tersebut. Informasi yang kami dapat sangat minim. Website Cerdas Laundry juga masih bersifat “Coming Soon” sementara video di YouTube hanya satu yang kami temukan dan baru diunggah satu hari kemarin (Minggu, 2/11/2020).

Hanya channel di Telegram yang bisa diikuti, itupun tidak ada sesi tanya jawab karena hanya admin yang bisa mengirim postingan.

Lalu siapa founder dari Cerdas Laundry?

Sebelum mengulas tentang siapa itu founder Cerdas Laundry. Mungkin Anda perlu mengingat ini, Apakah Anda pernah mendapatkan pesan di WhatsApp dari seorang yang tidak Anda kenal, tapi kenal dengan usaha Anda, lalu menawarkan seminar Online Bisnis Digital.

Pesannya biasanya begini:

“Halo, apa benar ini dengan pemilik Animo Laundry?”

Pesan selanjutnya;

“Saya si Anu, dari Komunitas Bisnis Digital menginformasikan mengenai acara Seminar Online yang telah diikuti oleh ribuan orang di 32 provinsi.  Seminar kami pernah masuk Rekor MURI karena diikuti oleh ribuan peserta….bla…bla…bla…..”

Nah, jika Anda pernah menerima pesan tersebut, maka Anda sudah terkait dengan founder Cerdas Laundry karena pesan tersebut dikirim menggunakan sebuah sistem yang juga dimiliki oleh founder Cerdas Laundry.

Siapa dia? KLIK DI SINI

Ikuti video menarik seputar bisnis laundry di Channel Majalah Laundry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tips & Trik Bisnis Laundry GRATIS Langsung ke HP Anda.

Masukkan alamat email Anda, jadilah bagian dari komunitas eksklusif yang akan menerima email secara berkala seputar pengembangan bisnis laundry.