laundry adalah usaha yang cocok untuk pensiunan

Apakah Laundry Usaha yang Cocok untuk Pensiunan?

Apakah Laundry Usaha yang Cocok untuk Pensiunan

MajalahLaundry.com – Masa pensiun adalah masa yang penuh tantangan bagi sebagian orang. Ada yang biasa saja menjalaninya, namun ada juga yang mempersiapkan secara matang jauh hari sebelum masa itu tiba. Termasuk, mau usaha atau berkegiatan apa kelak semasa pensiun? Banyak peluang usaha tapi juga banyak tantangannya. Usaha apa yang cocok untuk pensiunan? Apakah usaha laundry cocok untuk dijalankan di masa pensiun? Mari kita kupas.

Kami dari Majalah Laundry beberapa kali diminta untuk mengisi acara “Enhancement Pre-Retirement” atau pemberdayaan pra-pensiun di sejumlah instansi.

Biasanya, instansi pemerintah, BUMN atau  BUMD mengadakan program enhancement pre-retirement atau pemberdayaan/peningkatan pra pensiun dengan sejumlah tujuan.

Program itu dijalankan selama tiga hari dengan berbagai kegiatan. Ada seminar di dalam kelas, ada juga kunjungan ke gerai atau tempat wirausaha.

Seminar meliputi seminar psikologi, spiritual, seminar kesehatan  dan seminar bisnis. Dalam seminar kesehatan misalnya, diberi informasi tentang penyakit, gejala, penyebab serta penanggulangan penyakit yang berkaitan dengan usia senja.

Dalam hal psikologi, biasanya seminar memiliki tujuan penting salah satunya menghindari yang namanya post power syndrome. Post power syndrome adalah penyakit psikologis yang kerap menghantui sejumlah mantan pejabat atau pegawai instansi pemerintah maupun BUMN.

Karena pernah punya jabatan, pernah hidup serba enak, serba memerintah, maka ketika pensiun ia masih menganggap dirinya seperti itu. Sehingga terjadilah sikap dan perilaku yang tidak sesuai dengan keadaan terkini yang sedang dijalaninya. Itulah yang namanya post power syndrome.

Dalam hal kewirausahaan, para calon pensiunan itu diberi pencerahan seputar usaha dan bisnis. Karena akan mendapatkan pesangon dalam jumlah besar, pihak perusahaan tidak ingin pesangon itu habis dalam waktu cepat untuk hal-hal yang tidak produktif.

Maka, dibuatlah seminar hingga pelatihan kewirausahaan bagi para calon pensiunan. Ini juga akan menentukan usaha apa yang cocok untuk pensiunan.

Nah, ketika kami memberikan seminar dan pelatihan seputar usaha laundry untuk calon pensiunan, sebagian besar tertarik.

Dengan penjelasan yang sederhana, pengenalan cara kerja yang tersistem, maka tidak sulit untuk merubah mindset bahwa laundry itu bisnis yang rumit dan sulit.

Menggunakan sistem yang kami perkenalkan, para calon pensiunan tersebut dapat terbuka pola pikirnya bahwa ternyata usaha laundry adalah usaha yang cocok untuk pensiunan.

Di usianya yang senja, mereka tak perlu lagi ikut mencuci, menyeterika atau mengantar jemput pakaian pelanggan. Sudah ada sistem yang bisa diterapkan untuk usaha laundry, bahkan untuk pemula sekalipun.

Hal ini guna mensukseskan prinsip bahwa usaha laundry adalah usaha yang dapat dijalankan dengan sistem bahkan autopilot.

Laundry koin merupakan salah satu pilihan usaha yang cocok bagi pensiunan. Bisnis ini dapat dijalankan dengan modal yang tidak terlau banyak. Bahkan cukup bagi mereka pensiunan BUMN atau instansi pemerintah.

Beberapa paket usaha laundry koin juga biasanya kami kenalkan pada mereka calon pensiunan ini. Harapannya, mereka bisa punya pertimbangan dan referensi bisnis apa yang cocok untuk pensiunan seperti mereka.

Pasalnya, saat diadakan kegiatan, bukan hanya usaha laundry yang diperkenalkan. Ada sejumlah usaha lain yang turut diperkenalkan sebagai tambahan referensi para pensiunan yang ingin memulai usaha.

Lalu, kenapa usaha laundry koin merupakan usaha yang cocok untuk pensiunan?

Inilah sejumlah alasan kenapa bisnis laundry adalah bisnis yang cocok untuk pensiunan.

Laundry koin adalah layanan laundry dengan sistem self service. Pelanggan mencuci dan mengeringkan sendiri pakaian mereka setelah membayar sesuai jumlah timbangan.

Meskipun banyak juga yang memakai sistem drop off, pakaian ditinggal dan dikerjakan oleh karyawan laundry.

Disediakan mesin cuci dan mesin pengering (biasanya ditumpuk/stack).

Bagaimana sistem hitungnya?

Biasanya menggunakan sistem load atau circle. Satu kali load mesin laundry koin Beko adalah 4kg. Pelanggan membayar jumlah loadnya. Tarif satu load (misal) Rp. 20.000, berisi 4kg pakaian.

Untuk mesin LG-Maytag tersedia paket load 5kg dan 7kg

Bagaimana sistem kerjanya?

Pelanggan datang, pakaian ditimbang lalu diberi koin sesuai jumlah load. Diberi deterjen dan softener dalam bungkus praktis siap pakai.

Pelanggan menghidupkan mesin dengan koin, memasukkan pakaian ke mesin cuci lalu ke mesin pengering setelah selesai cuci.

Apa tidak perlu disetrika?

Mesin pengering sudah diatur dengan kelembaban tertentu dan kelembutan tertentu sehingga pakaian yang selesai dikeringkan bisa langdung dilipat tanpa setrika.

Tetapi jika diperlukan, dapat disediakan meja untuk menyeterika. Pelanggan bisa menyeterika sendiri atau disediakan karyawan untuk menyeterika.

Berapa dibutuhkan karyawan?

Tidak banyak. Sebab tidak diperlukan tenaga untuk mencuci, menyortir pakaian, spotting, menjemur, delivery dll. Cukup 1-2 karyawan untuk jaga, membantu pelanggan dan menyeterika, jika perlu.

Apa keunggulan laundry koin dibanding dengan laundry kiloan biasa?

Sistem laundry koin dengan model load/circle adalah pilihan bagi pengusaha laundry pemula yang ingin usaha laundry dengan tersistem sejak awal.

– Hitungan HPP jelas, per load 4kg, 5g atau 7kg. Mudah untuk menghitung laba.

– Ada counter/penghitung pada box coin sehingga dapat mengetahui jumlah load setiap mesin tanpa perlu menunggui atau khawatir disurangi oleh karyawan.

– Jika menggunakan sistem self service, minim resiko karena pelanggan mencuci sendiri.

Apakah harga pada pricelist itu sudah lengkap?

Belum. Harga pada brosur adalah harga paket mesin & kelengkapan. Masih dibutuhkan biaya untuk instalasi, pipanisasi, dekorasi, rumah mesin dan kelengkapan usaha. Besaran biaya tergantung jumlah stack dan luas ruangan.

Berapa kapasitas mesin laundry Beko?

Mesin ini disetting untuk mencuci dan mengeringkan sekali load 4kg. Mencuci dalam 28 menit dan mengeringkan dalam 50 menit.

Kalau hanya 4kg, kalah dong dengan laundry lain yang sekali load 7kg?

Tidak, justru ini peluang. Tidak semua orang dapat memenuhi “kuota” pakaian kotor 7kg dalam sekali mencuci. Banyak pelanggan yang hanya bisa memenuhi “kuota” 4-5 kg dalam sekali cuci.

Soal harga, bisa dibuat lebih bersaing karena pelanggan biasanya menghitung harga perkilonya jatuh berapa.

Semua segmen ada. Untuk itulah kami sediakan paket usaha laundry koin dengan pilihan 4kg, 5kg dan 7kg merek LG-Maytag.

Berapa tarif laundry koin yang sudah berjalan?

Tergantung lokasi, segmen pasar, kualitas layanan dan ekosistem. Harga paling murah yang disarankan saat ini (update Desember 2020) adalah Rp. 6000/kg untuk kota selain kota besar (Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar).

Harga di Jakarta bervariasi bahkan mencapai Rp. 10.000/kg atau Rp. 50.000/load 5kg.

Bagaimana menemukan lokasi yang tepat untuk laundry koin?

Anda bisa memilih apartemen, pusat perbelanjaan, perumahan menengah ke atas, pertokoan, mall, sekitar kampus.

Bagaimana sistem pembayaran laundry koin bagi pelanggan?

Laundry koin kini terus berkembang sesuai kemajuan teknologi. Bukan hanya membayar dengan koin, sistem pembayaran laundry sudah ada yang menggunakan emoney hingga aplikasi, bahkan GOPAY/OVO.

Untuk paket usaha laundry koin yang cocok untuk pensiunan, silahkan klik www.laundrykoin.com

Ikuti video menarik seputar bisnis laundry di Channel Majalah Laundry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tips & Trik Bisnis Laundry GRATIS Langsung ke HP Anda.

Masukkan alamat email Anda, jadilah bagian dari komunitas eksklusif yang akan menerima email secara berkala seputar pengembangan bisnis laundry.