Home / Teknologi / Cara Mencegah Penyusup Mesum Masuk Zoom

Cara Mencegah Penyusup Mesum Masuk Zoom

Bagikan Sekarang!

Pandemi Corona menjadikan gaya hidup berubah. Kampanye #workfromhome dan #dirumahsaja menggema ke seluruh dunia. Hal ini menjadikan sejumlah aplikasi meeting online diperlukan guna menghindari pertemuan-pertemuan fisik yang beresiko menularkan virus Corona atau Covid-19.

Bukan hanya meeting soal pekerjaan, sejumlah seminar hingga ngaji onlinepun dilakukan melalui aplikasi meeting, salah satunya Zoom.

Pagi ini seperti biasa, saya mengikuti sebuah kajian rutin sehabis makan sahur. Selama Ramadhan, hampir setiap hari saya mengikuti kajian ini dengan beberapa narasumber kompeten. Namun, pagi ini ada yang berbeda dan membuat kami terkejut.

Ada peserta yang membagikan tampian konten video p*rno pada acara ngaji kami.

Beruntung, host-nya cepat tanggap dan menutup “ruang meeting”. Saya yang sedang menyimak kajian kaget bukan kepalang. Bagaimana mungkin ada peserta ngaji yang membagikan konten p*rno di acara kajian.

Tetapi, saya langsung beripikir “pasti ini penyusup”.

Dan benar, peserta ngaji yang membagikan screen tak senonoh tadi adalah penyusup. Lalu, bagaimana bisa ada penyusup masuk ruang meeting? Bagaimana cara mencegahnya?

Biasanya, penyusup masuk ke “meeting room” di zoom secara acak. Mereka menggunakan link zoom dengan memasukkan ID Meeting secara acak, lalu setelah berhasil masuk, mereka membuat onar di dalam ruang meeting dengan membagikan konten tak senonoh.

Mereka membagikan tayangan atau konten p*rno melalui fitur “Share Screen” yang ada di zoom. Dengan fitur share screen, seseorang bisa membagikan apa saja layar yang sedang dilihatnya. Pengguna bisa memilih layar browser misalnya, atau layar berisi slide presentasi atau apapun.

Nah, si penyusup tadi sedang membuka situs video p*rno dan membagikannya melalui fitur share screen. Astaghfirullah.

Lalu, bagaimana cara mencegah agar meeting room di Zoom tidak dimasuki oleh penyusup? Jika Anda adalah host, atau orang yang mengadakan/menjadi admin meeting di Zoom, sebaiknya Anda memahami cara mencegah penyusup masuk ke ruang meeting di Zoom ini.

tombol manage participants

Pertama, klik “Manage Participants” lalu aktifkan fitur “Waiting Room”. Dengan fitur ini, seseorang yang akan masuk ke ruang meeting harus antri  “di luar” dan menunggu host mempersilahkan masuk. Dengan fitur ini, host bisa memfilter siapa saja yang boleh masuk, baik sebelum meeting dimulai maupun saat meeting sedang berjalan.

Fitur ini juga perlu diaktifkan jika meeting Anda adalah acara berbayar atau eksklusif. Hanya orang tertentu saja yang boleh masuk.

tombol enable waiting room

Kedua, periksa pada fitur “Share Screen” dan pastikan hanya host yang boleh membagikan screen. Klik tanda panah yang ada di samping tombol Share Screen dan klik “Advance Sharing Option” lalu pilih hanya host yang bisa share screen.

Atau, jika Anda merasa peserta grup sudah steril dari orang tak dikenal, Anda baru boleh mengaktifkan share screen allowance untuk semua. Itupun jika peserta meeting diperlukan untuk membagikan screen mereka.

Biasanya untuk meeting kantor yang membutuhkan presentasi beberapa orang, atau acara seminar yang pembicaranya lebih dari satu.

Jika Anda sedang mengadakan seminar online gratis, ada baiknya dua hal itu Anda perhatikan. Banyak organizer mengadakan seminar online gratis dengan membagikan poster di media sosial. Biasanya terpampang link ID Meeting atau nomer ID Meeting. Ini tentu saja memungkin orang bebas masuk mengikuti acara.

Jika tidak dijaga ruang meetingnya, ada kemungkinan penyusup masuk dan membuat kacau acara Anda.

Nah, itulah cara mencegah penyusup masuk ke aplikasi zoom agar ruang meeting Anda tetap terjaga dan bermanfaat. (AW)

Ikuti video menarik seputar bisnis laundry di Channel Majalah Laundry

Bagikan Sekarang!

Tidak menemukan yang Anda cari? Ketikkan kata kunci pencarian Anda di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares

Tips & Trik Bisnis Laundry GRATIS Langsung ke HP Anda.

Masukkan alamat email Anda, jadilah bagian dari komunitas eksklusif yang akan menerima email secara berkala seputar pengembangan bisnis laundry.