Home / Manajemen / Cara Menghadapi Pelanggan Komplain

Cara Menghadapi Pelanggan Komplain

Bagikan Sekarang!

Siapapun tak ingin mendapatkan pelanggan complain. Setiap pengusaha tentu saja berusaha untuk menghindari keluhan pelanggan atas produk dan jasa yang dijualnya. Namun, adakalanya hal itu tak dapat dihindari.

Lalu bagaimana cara menghadapi pelanggan komplain?

Mendengarkan Keluhan Dengan Baik

Pelanggan adalah raja, mendengarkan seorang pelanggan adalah kunci utama pada sebuah bisnis. Mencoba memposisikan diri menjadi seorang pendengar yang baik. Hal ini bisa kita tunjukkan dengan mempersilahkan pelanggan menyampaikan apa yang mereka inginkan dan unek – uneknya dan tuliskan apa yang mereka katakan pada Anda untuk mendapatkan hal-hal yang spesifik..

Biarkan Mereka Bicara

Ketika seorang pelanggan sedang berbicara, hendaknya kita mendengarkan dengan seksama. Jangan menyela. Jangan menjelaskan, mempertahankan diri, atau memberikan penilaian. Mereka tidak peduli dengan terjadi masalah dan mereka tidak menginginkan cerita versi Anda. Mereka marah dan ingin melampiaskannya.

Hadapi Pelanggan Dengan Tenang dan Sopan

Tidak jarang dari kita akan menghadapi pelanggan yang sedang emosi ketika menyampaikan keluhannya. Meskipun terkadang perkataan tersebut banyak mengundang emosi diri kita sendiri, tapi kita harus bersikap tenang.

Kita tidak boleh terpancing emosi dan meluapkannya kepada pelanggan. Terus mencoba bersikap sopan kepada pelanggan, adalah kunci agar pelanggan lebih merasa didengar meskipun sedang emosi.

Tunjukkan Empati

Cara menghadapi pelanggan komplain lain adalah bersikaplah bahwa Anda juga kecewa dan sedih setelah melihat atau mendengarkan keluhan pelanggan. Tunjukkan sikap bahwa seharusnya hal tersebut tidak perlu terjadi. Posisikan diri Anda berada di pihak pelanggan. Tidak perlu menunjukkan sikap keberatan atau penolakan terhadap komplain pelanggan.

Tanyakan Pada Mereka Bagaimana Anda Bisa Memperbaikinya

Terlalu banyak karyawan yang tidak menanggapi keluhan dengan baik. Jangan terpancing untuk membahas hal – hal yang tidak berkaitan dengan keluhan, karena hal ini bisa saja memancing emosi pelanggan yang sebelumnya tidak ada. Nyatanya, mungkin Anda membuat orang lain tersinggung dengan menawarkan diskon. Cara yang lebih baik adalah menanyakan apa yang mereka inginkan.

Berikan Solusi Terbaik

Semua persoalan yang disampaikan pelanggan, tentu saja membutuhkan solusi dari kita sebagai pemilik usaha. Cobalah berikan solusi terbaik untuk pelanggan yang menyampaikan keluhannya.

Yakinkan Bahwa Anda Akan Memperbaiki Masalah Tersebut

Setiap pelanggan yang menyampaikan komplainnya mengharapkan mendapatkan tindak lanjut dari kita sebagai pemiliki usaha. Selalu lakukan yang terbaik untuk menyelesaikan komplain dari pelanggan, dan segerakan untuk memberikan jawaban kepada pelanggan.

Ambil langkah berikutnya dan yakinkan mereka bahwa Anda akan mengambil tindakan pencegahan agar tidak terulang kembali. Jangan membuat pelanggan anda menunggu terlalu lama atas jawaban komplain tersebut.

Ucapkan Terimakasih

Dari fakta di atas, maka sebetulnya kita harus mengucapkan terimakasih kepada pelanggan yang cerewet, yang suka komplain, karena pada dasarnya mereka menginginkan perbaikan kualitas dari produk / jasa yang kita jual.

Buat Pelanggan Kembali Bahagia

Komplain merupakan sebuah keadaan yang membuat pelanggan tidak bahagia atas produk dan jasa kita. Untuk itu, pastikan semua layanan terhadap complain tersebut dapat mengambalikan mood dan kebahagiaan pelanggan. Memberi voucher diskon mungkin dapat membantu membuat pelanggan kembali bahagia.

Itulah cara menghadapi pelanggan komplain yang bias Anda terapkan

Bagikan Sekarang!

Check Also

Kaidah Pengerjaan Laundry Syariah

Pertumbuhan bisnis laundry di Indonesia terbilang cukup pesat. Bisnis ini tampaknya tidak akan pernah surut. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares