Home / Serba Serbi / Laundry Boleh Buka Selama PSBB, Asalkan …

Laundry Boleh Buka Selama PSBB, Asalkan …

Bagikan Sekarang!

Selama diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa daerah, usaha laundry masih bisa beroperasi.

Semula, banyak pengusaha laundry was-was lantaran khawatir usahanya menjadi salah satu yang harus ditutup selama penerapan PSBB.

Namun, kepastian bahwa usaha laundry boleh tetap buka tersebut tercantum pada Peraturan Gubernur DKI No. 33 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Penanganan COVID-19.

Pada Pasal 14 ayat 2 huruf (b), jasa binatu boleh tetap beroperasi, tetapi harus mengikuti ketentuan pembatasan guna mencegah penyebaran virus Corona.

Hal yang sama juga terdapat pada Pergub Jawa Timur tentang Penerapan PSBB di Jawa Timur. Pergub  Jawa Timur No. 18 Tahun 2020 tersebut isinya tak jauh berbeda dengan Pergub DKI No. 33 Tahun 2020.

Tetapi, setiap pemilik usaha laundry harus patuh pada ketentuan yang sudah ditetapkan. Semua itu diatur dalam peraturan gubernur tersebut.

Lalu, apa saja ketentuan yang harus dipatuhi?

Dalam Pasal 14 Ayat 3 diatur ketentuan-ketentuan sebagai berikut:

Pertama, mengutamakan pemesanan barang secara online atau daring dengan fasilitas layanan antar. Pengusaha juga dihimbau turut menjaga stabilitas ekonomi dan kemampuan daya beli konsumen barang dengan tidak menaikkan harga barang (dan jasa).

Pemilik usaha harus melakukan disinfeksi secara berkala pada tempat usaha, melakukan deteksi dan pemantauan suhu tubuh karyawan dan konsumen yang memasuki toko serta memastikan karyawan yang bekerja tidak sedang mengalami demam ringan atau sakit.

Pemilik usaha mesti menerapkan pembatasan jarak antar sesama konsumen (physical distancing) yang datang ke toko paling sedikit dalam rentang 1 (satu) meter. Karyawan juga diminta untuk menggunakan pakaian kerja sesuai pedoman keselamatan dan kesehatan kerja.

Anjuran mencuci tangan dengan sabun dan/atau pembersih tangan (hand sanitizer) juga tercantum serta menyediakan fasilitas cuci tangan yang memadai dan mudah diakses oleh konsumen dan karyawan.

Ketentuan tadi tercantum pada Peraturan Gubernur tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Semua tentu berharap wabah COVID-19 ini segera berakhir karena meskipun usaha laundry tetap bisa beroperasi, sebagian besar mengeluh omzetnya turun drastis hingga harus merumahkan sebagian karyawan. Bahkan tak sedikit yang tutup. Selain karena sepi, juga untuk membantu pencegahan penyebaran virus yang belum ada obatnya ini. (AW)

Ikuti video menarik seputar bisnis laundry di Channel Majalah Laundry

Bagikan Sekarang!

Tidak menemukan yang Anda cari? Ketikkan kata kunci pencarian Anda di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares

Tips & Trik Bisnis Laundry GRATIS Langsung ke HP Anda.

Masukkan alamat email Anda, jadilah bagian dari komunitas eksklusif yang akan menerima email secara berkala seputar pengembangan bisnis laundry.