Home / Mesin / Nyuci di Laundry Bisa Tangkal Corona? Ini Penjelasannya
virus corona mati di laundry 2

Nyuci di Laundry Bisa Tangkal Corona? Ini Penjelasannya

Bagikan Sekarang!

Wabah Corona atau COVID-19 telah masuk ke Indonesia. Hampir semua usaha terkena dampak wabah ini. Baik usaha kecil maupun perusahaan besar. Bahkan, pedagang kecil maupun ojek online-pun tak lepas dari dampak virus Corona ini.

Berbagai tindakan penanggulangan serta antisipasi dilakukan di berbagai tempat untuk mencegah penyebaran virus ini. Mulai dari jaga jarak sosial, bekerja dari rumah hingga penyemprotan disinfektan di berbagai ruang publik.

Kabarnya, virus ini dapat mati dengan disinfektan, atau terkena udara panas dengan suhu tertentu.

Lalu, benarkah mencuci di laundry dapat membantu membunuh virus Corona?

Berikut ini 5 fakta mencuci di laundry dapat membunuh virus Corona, sesuai penjelasan dari Widia Cahyadi, Ketua Bidang Standarisasi Asosiasi Laundry Indonesia (ASLI) dengan data pembanding dari berbagai sumber terpercaya.

Inilah 5 fakta mencuci di laundry dapat membunuh virus Corona;

  1. Pakaian dicuci dengan deterjen mengandung disinfektan. Menurut sejumlah pakar kesehatan, berbagai virus termasuk virus Corona dapat mati ketika terkena kandungan aktif deterjen seperti natrium hipoklorit dan hidogen peroksida.

    Melansir dari The Atlantic, sebuah studi mengungkapkan bahwa pada dasarnya virus corona mudah dihancurkan. Setiap partikel virus terdiri dari satu set gen kecil, dikelilingi oleh bola molekul lemak. Sementara, cangkang lipid mudah terkoyak oleh sabun. Jika virus menempel pada pakaian, maka ketika pakaian dicuci dengan deterjen maka virus akan mati.

  2. Pakaian dikeringkan dengan suhu mesin pengering. Mesin pengering dengan suhu 60% dan diputar selama sekitar 60 menit dapat mematikan virus termasuk virus Corona. Sejumlah pengusaha laundry telah melengkapi usahanya dengan mesin pengering sehingga dapat membantu mengurangi penyebaran virus Corona yang dikhawatirkan menempel pada pakaian.


  3. Pakaian disetrika dengan uap panas. Uap panas dari setrika uap dapat membantu membunuh virus Corona. Meskipun sudah dikeringkan dengan mesin pengering otomatis, namun jika dikhawatirkan masih terdapat virus menempel, uap panas setrika dapat membantu membunuh virus.


  4. Pakaian disemprot dengan parfum beralkohol. Alhokol dikenal sebagai bahan pembuat disinfektan. Alkohol jenis metanol yang digunakan sebagai pelarut parfum laundry dapat membantu menghentikan penyebaran virus Corona yang dikhawatirkan menempel pada pakaian.


  5. Pakaian dipacking rapat bebas debu dan kotoran udara. Ketika pakaian sudah selesai dicuci, dikeringkan dan disetrika, saatnya dipacking. Dengan packing rapat, dipastikan pakaian bebas debu dan kotoran udara. Silica gel yang diselipkan pada packing juga dapat membantu mencegah tumbuhnya jamur dan bau. Pakaian sudah bebas virus, bebas pula bakteri dan jamur hingga siap dipakai kembali.

Menurut Widia, lima hal itu saat ini sedang disosialisasikan oleh Asosiasi Laundry Indonesia dalam membantu mencegah penyebaran virus Corona yang sedang mewabah.

“Ini juga mendorong pengusaha laundry lainnya agar membuat standar baku dalam proses bisnisnya,” kata Widia.

Standar baku yang dimaksud adalah standarisasi yang selama ini digunakan di asosiasi. “Standarisasi itu bukan hanya untuk anggota, tetapi juga bisa dipakai oleh pemilik usaha laundry lain agar bisnisnya bersaing dalam kualitas layanan,” pungkasnya. (AW)

Bagikan Sekarang!

Check Also

Tips Mengatasi Kejenuhan

Dalam menjalankan bisnis seringkali dihantui kejenuhan. Awalnya menggebu-gebu, jelang beberapa bulan semangat kendur. Jangankan berinovasi  ...

One comment

  1. Mantap! Semangat selalu untuk Asosiasi Laundry Indonesia. Semoga upaya yang dilakukan mampu memberikan solusi khususnya persoalan Virus Corona 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares