Home / Keuangan / Pahami Manajemen Keuangan Dasar Ini Agar Tak Bangkrut

Pahami Manajemen Keuangan Dasar Ini Agar Tak Bangkrut

Bagikan Sekarang!

Banyak pengusaha yang bangkrut, tutup usaha atau gulung tikar. Meski terlihat bisnisnya menguntungkan, tak jarang ada pengusaha yang terpaksa mengakhiri bisnisnya dengan unhappy ending. Apa penyebabnya? Salah satunya adalah manajemen keuangan.

            Sangatlah penting seorang pengusaha terutama sekelas UKM termasuk laundry untuk memahami betul manajemen keuangan. Meski usahanya masih terbilang sangat kecil, jangan abaikan mengenai manajemen keuangan.

            Seorang teman pernah berkelakar, “mengelola manajemen keuangan itu sama dengan mengelola sambungan listrik, harus bisa membedakan mana plus mana minus, jika tidak, maka bisa saja terjadi konslet. Keuangan juga sama, antara kredit dan debit harus seimbang dan terukur, jika tidak maka bisnis bisa konslet.”

            Memang tidak salah apa yang diucapkan teman tersebut, jika mengerti antara debit dan kredit maka kondisi keuangan bisa lancar dan aman. Hanya saja terkadang masih ada pengusaha kecil yang mencampuradukkan keuangan dan menjadikan sumber debit dan pintu kredit menjadi satu.

            Ada beberapa hal mendasar yang sebaiknya diketahui oleh pengusaha UKM agar tidak terjadi kesalahan atau ketidaksehatan keuangan usaha. Berikut kita bahas beberapa point dalam manajemen keuangan yang wajib dijalankan pelaku UKM;

Pisahkan uang usaha dan uang pribadi

            Hal ini dirasa sedikit sulit untuk pelaku UKM, banyak kesalah besar yang dilakukan oleh para pelaku UKM karena tidak memisahkan uang pribadi dan uang usaha, sehingga Anda tidak tahu mana yang pengeluaran usaha dan mana pengeluaran pribadi. Sebaiknya anda membuat dua rekening. Satu rekening usaha, dan satu lagi rekening pribadi.

Awasi Posisi Harta dan Hutang

            Buatlah laporan sederhana yang berisi laporan berapa utang yang Anda tanggung, berapa aset yang Anda miliki, dan berapa modal usaha, dengan ini anda bisa mengetahui ketersediaan barang atau aset dan posisi hutang anda. Lakukan administrasi yang baik untuk membuat laporan tersebut dan evaluasi secara berkala baik setiap bulan sekali atau tiga bulan sekali.

Siapkan dana darurat

            Persiapkan dana darurat! Dalam usaha, ada saja sesuatu yang tidak diinginkan terjadi. Seperti, order usaha yang sedang sepi, kecelakaan karyawan atau pelanggan yang protes dan minta uangnya dikembalikan. Apabila anda memiliki dana darurat maka anda siap untuk mengantisipasi semuanya. Buatlah dana darurat untuk kurang lebih selama setahun.

Cash Flow

            Dengan arus kas maka Anda dapat melihat dan mengelola pengeluaran dan pendapatan usaha. Ada banyak faktor yang mempengaruhi arus kas ini, seperti utang piutang, cara Anda memutar uang Anda. Dengan mengevaluasi arus kas yang baik maka Anda akan dapat mengetahui kapan saatnya wajib menekan jumlah persediaan, kapan waktunya mengambil kredit dengan cara-cara yang tidak membebani keuangan.

Evaluasi Laba Untung Rugi

            Sering-seringlah untuk menganalisa keuntungan dan kerugian Anda dengan membuat laporan sederhana laba rugi yang berisi biaya yang harus dikeluarkan dan pendapatan yang masuk. Dengan membuat laporan ini sebulan sekali, maka Anda akan terhindar dari pengambilan keputusan yang salah dalam menjalankan usaha.

Ekspansi

            Satu lagi kekurangan para pelaku UKM adalah tidak adanya keinginan untuk ekspansi. Terkadang Anda merasa sudah cukup dengan yang Anda miliki dan tidak berniat untuk ekspansi usaha Anda lebih lanjut. Padahal dalam manajemen keuangan ekspansi adalah salah satu hal yang penting, selain untuk menjaga kelangsungan usaha, Anda bisa juga mulai memasuki sektor-sektor baru dari usaha anda yang memiliki kesempatan yang lebih baik seperti belanja iklan atau pindah ke tempat yang lebih representatif. Tapi ingat sebelum melakukan ekspansi Anda perlu melakukan persiapan yang matang, jangan sampai salah mengambil keputusan.

            Sekali lagi, manajemen keuangan amat sangat penting bagi kelangsungan dan perkembangan usaha Anda. Dengan menerapkan manajemen keuangan yang baik Anda akan dapat menentukan keputusan-keputusan yang tepat, baik dari para pelaku bisnis besar maupun para pelaku UKM, sebaliknya dengan manajemen keuangan yang buruk, dapat beresiko kepada kebangkrutan usaha Anda.

Bagikan Sekarang!

Check Also

si penuda pekerjaan

Salah Kaprah Bagi si “Penunda Pekerjaan”

Menunda pekerjaan sekilas menyenangkan, tapi sebenarnya ia adalah musuh utama produktivitas kerja. Namun, ada perbedaan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares