Home / Mesin / Perbedaan Setrika Uap dan Setrika Listrik, Juragan Laundry Harus Tahu

Perbedaan Setrika Uap dan Setrika Listrik, Juragan Laundry Harus Tahu

Bagikan Sekarang!

Banyak yang bertanya, bagusan mana antara setrika listrik dengan setrika uap untuk laundry. Tentu saja ini banyak ditanyakan oleh para pengusaha laundry terutama bagi pemula. Banyak yang bertanya perbedaan antara setrika uap dengan setrika listrik untuk laundry.

Harga murah dan kekhawatiran akan bahaya setrika uap kerap jadi alasan sejumlah pengusaha laundry untuk memilih setrika listrik. Selain itu, setrika listrik yang ringan sangat mudah dioperasikan jadi alasan juga.

Padahal, tak sedikit pula keluhan pakaian gosong saat menyeterika dengan menggunakan setrika listrik. Bahkan, kisah setrika gosong ini sudah terjadi sejak dulu kala. Kadang, bukan pakaian yang gosong, tapi alas setrikanya yang gosong, atau seprei lantaran menyeterika di atas kasur.

Nah, lalu bagi Anda yang ingin tahu plus minum serta perbedaan antara setrika uap dan setrika listrik, berikut ini daftarnya.

Perbedaan setrika uap dan setrika listrik:

  • Setrika Uap Lebih Berat.
    Setrika uap memang lebih berat dibanding dengan strika listrik. Tetapi merasakan perbedaan berat ini hanya terjadi di awal-awal, atau bagi mereka yang belum terbiasa menggunakan setrika uap. Jika sudah terbiasa, tidak lagi merasakan beratnya setrika uap karena sudah terbiasa.

  • Harga Setrika Uap Lebih Mahal.
    Setrika uap lengkap dengan tabungnya memang bisa jadi lebih mahal dibanding setrika listrik. Harga setrika listrik merek Philips di Tokopedia berkisar antara Rp. 150.000 – Rp. 300.000. Sementara satu set setrika uap dengan kapasitas tabung 15 liter dan satu kepela setrika, rata-rata dijual dengan harga Rp. 2juta – Rp. 3juta.

  • Setrika Listrik Lebih Aman
    Jika melihatnya dari sejumlah kasus meledaknya tabung setrika uap, setrika listrik memang bisa dibilang lebih aman. Tapi tengoklah, ada banyak sekali kasus pakaian gosong karena disetrika menggunakan setrika listrik.

    Daya panas yang ada di setrika listrik tidak selalu cocok dengan pakaian pelanggan yang bermacam-macam bahannya. Ada pakaian yang butuh panas extra, ada juga pakaian yang sama sekali tidak boleh disetrika.

    Kembali ke soal tabung setrika uap meledak, itu sebetulnya permasalahan ada di perawatan. Jika tabung setrika uap dirawat dengan baik, dicek airnya, dicek perapiannya, dicek safety valve-nya, maka resiko kerusakan  dan bahaya dapat dikurangi.

    Selain itu, belilah setrika uap yang telah terbukti aman. Banyak referensi produk setrika uap lokal di grup-grup komunitas laundry di facebook.

  • Setrika Uap Lebih Cepat
    Positifnya, menggosok pakaian dengan setrika uap lebih cepat daripada setrika listrik. Uap panas yang merasuk ke lipatan dalam pakaian membuat pakaian lebih cepat halus meski tidak perlu disetrika bolak-balik.

    Bahkan tidak sedikit pengusaha laundry yang menyeterika pakaian setelah pakaian dilipat setengah. Menyeterika pakaian terlipat hasilnya lebih cepat dan tetap halus.

  • Setrika Uap Hasil Lebih Banyak
    Dengan cara menyeterika yang benar, didukung beban berat pada kepala setrika menjadikan proses setrika lebih cepat. Bagi pengusaha laundry tentu saja ini nilai tambah.

    Menggunakan setrika uap, seorang tukang setrika yang sudah lancar rata-rata hanya menghasilkan 30-40kg dalam 8 jam kerja. Sementara dengan setrika uap bisa diperoleh hingga 80kg hasil setrika.
  • Setrika Uap Tidak Bikin Bahan Kain Licin Mengkilap
    Celana katun yang sering disetrika dengan setrika uap biasanya akan meninggalkan bekas licin pada tepinya. Tidak semua pelanggan berkenan jika celana katunnya yang dipakai untuk kerja kantoran ada lipatan licin mengkilap.

    Rapi, tapi kesannya kurang elegan.

    Tapi dengan setrika uap, hal itu tidak akan terjadi. Uap panasnya mampu meluruskan serat kain tetapi tidak sampai membuatnya licin mengkilap. Pun tetap lebih rapi.
  • Setrika Uap Tidak Bikin Gosong
    Ya jelas, panas yang keluar mengenai serat kain bukanlah panas konstan yang bertahan lama. Itu hanya uap panas saja yang langsung hilang atau dingin seketika terkena udara bebas. Saat uap panas mengenai serat kain, serat kainnya lurus lalu ditimpa dengan beban setrika yang berat. Setelah dingin, kainnya tidak kembali kusut.

Nah itulah keuntungan menggunakan setrika uap dibanding setrika listrik. Bagi Anda yang masih menimbang-nimbang bagus mana antara setrika uap dan setrika listrik, tulisan ini semoga membantu.

Pilihan ada di masing-masing calon pembeli.

Ikuti video menarik seputar bisnis laundry di Channel Majalah Laundry

Bagikan Sekarang!

Tidak menemukan yang Anda cari? Ketikkan kata kunci pencarian Anda di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares

Tips & Trik Bisnis Laundry GRATIS Langsung ke HP Anda.

Masukkan alamat email Anda, jadilah bagian dari komunitas eksklusif yang akan menerima email secara berkala seputar pengembangan bisnis laundry.