PPKM Darurat Diperpanjang, Laundry Boleh Buka Sampai Pukul 9 Malam

Kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang berlaku di Jawa – Bali diperpanjang. Perpanjangan PPKM Darurat atau selanjutnya disebut PPKM level  4 dilanjutkan mulai tanggal 26 JUli 2021 hingga tanggal 2 Agustus 2021.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo melalui siaran streaming di kanal Youtube Sekretariat Presiden pada hari Minggu, 25 JUli 2021 pukul 19.00 WIB.

Pada awalnya, Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih atas pengertian dan dukungan masyarakat Indonesia terhadap kebijakan pemberlakukan pembatasa kegiatan masyarakat yang berlangsung selama 23 hari hingga 25 Juli 2021.

Presiden juga menyebutkan tren penurunan kasus COVID-19 di Indonesia termasuk BOR (Bed Occupancy Rate) atau tingkat keterisian bangsal rumah sakit pasien COVID-19 serta Positivity Rate.

Meski begitu, Presiden menyebut kita tetap harus waspada terhadap Virus Corona varian Delta yang sangat menular.

Lalu, Presiden menyampaikan bahwa PPKM ini diperpanjang hingga tanggal 2 Agustus 2021. Namun, ada kebijakan pelonggaran sejumlah tempat usaha demi mempertimbangkan unsur sosial ekonomi masyarakat di tengah pandemi.

Secara khusus, Presiden juga menyebut usaha laundry termasuk usaha kecil yang dijinkan untuk buka selama PPKM lanjutan ini.

“Pedagang kaki lima, toko kelontong, agen atau outlet voucher, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan dan usaha-usaha kecil yang sejenis dijinkan buka dengan protokol kesehatan ketat sampai pukul 21.00,” kata Jokowi.

Untuk hal-hal terperinci terkait kebijakan tersebut, menteri terkait akan menyampaikan lebih detail. Sementara perturan mengenai pelonggaran kebijakan PPKM itu akan diatur oleh masing-masing pemerintah daerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *