Home / Serba Serbi / PSBB Berlaku, Usaha Laundry Boleh Tetap Buka

PSBB Berlaku, Usaha Laundry Boleh Tetap Buka

Bagikan Sekarang!

PSBB Berlaku, Usaha Laundry Boleh Tetap Buka

Wabah virus Corona atau COVID-19 sepertinya masih belum akan berakhir. Di Indonesia, belum ada tanda-tanda wabah ini akan berakhir atau minimal menunjukkan tren menurun. Sejumlah daerah telah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB.

Penerapan PSBB untuk mencegah penyebaran virus corona ( Covid-19) telah dilakukan di beberapa daerah. Penerapan PSBB diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 yang diteken Presiden Joko Widodo pada Selasa (31/3/2020).

Dalam peraturan tersebut tercantum bahwa penerapan PSBB harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari Menteri Kesehatan ( Menkes) Terawan Agus Putranto. Hingga Sabtu (18/4/2020) diketahui sudah ada dua provinsi dan 16 kabupaten dan kota yang mengajukan dan menerapkan PSBB.

Dalam beberapa hari lagi kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Gresik juga akan menerapkan PSBB. Pengajuan oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa telah disetujui oleh Menteri Kesehatan. PSBB di Jawa Timur ini akan berlaku mulai tanggal 28 April 2020 untuk 14 hari ke depan.

Sejumlah pembatasan diberlakukan. Ada usaha yang harus ditutup dan dilarang ada aktifitas. Pekerjaan dilakukan dari rumah, ada juga yang dibatasi.

Untuk usaha laundry mendapatkan perlakuan yang berbeda. Usaha jasa binatu atau laundry masih boleh beroperasi seperti biasanya. Tentu saja harus menjalankan protokol kesehatan seperi anjuran pemerintah.

Semula, banyak pengusaha laundry was-was lantaran khawatir usahanya menjadi salah satu yang harus ditutup selama penerapan PSBB.

Namun, kepastian bahwa usaha laundry boleh tetap buka tersebut tercantum pada Peraturan Gubernur DKI No. 33 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Penanganan COVID-19.

Pada Pasal 14 ayat 2 huruf (b), jasa binatu boleh tetap beroperasi, tetapi harus mengikuti ketentuan pembatasan guna mencegah penyebaran virus Corona.

Hal yang sama juga terdapat pada Pergub Jawa Timur tentang Penerapan PSBB di Jawa Timur. Pergub  Jawa Timur No. 18 Tahun 2020 tersebut isinya tak jauh berbeda dengan Pergub DKI No. 33 Tahun 2020.

Hal ini tentu saja disambut baik oleh sejumlah pengusaha laundry. Dalam pantauan Majalah Laundry, sejumlah pengusaha laundry yang tergabung di beberapa grup komunitas pengusaha laundry di Facebook saling berbagi informasi tentang pembatasan-pembatasan akibat virus Corona.

Pergub DKI Tentang PSBB dapat diunduh DI SINI
Pergub Jawa Timur Tentang PSBB dapat diunduh DI SINI (AW)

Ikuti video menarik seputar bisnis laundry di Channel Majalah Laundry

Bagikan Sekarang!

Tidak menemukan yang Anda cari? Ketikkan kata kunci pencarian Anda di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares

Tips & Trik Bisnis Laundry GRATIS Langsung ke HP Anda.

Masukkan alamat email Anda, jadilah bagian dari komunitas eksklusif yang akan menerima email secara berkala seputar pengembangan bisnis laundry.