Home / Event / Setahun Berdiri, MLTC Latih Sedikitnya 300 Pengusaha Laundry

Setahun Berdiri, MLTC Latih Sedikitnya 300 Pengusaha Laundry

Bagikan Sekarang!

Bukan hanya dari Indonesia, beberapa pengusaha laundry Malaysia pernah terdaftar ikut pelatihan.

Dalam perkembangannya, bisnis laundry telah melahirkan sejumlah bisnis-bisnis baru yang saling terkait. Hal ini disebut sebagai ekosistem. Bukan hanya terbatas pada konsumen pengguna jasa dan penyedia jasa, ekosistem bisnis laundry telah menumbuhkembangkan bisnis lain. Salah satunya adalah lembaga training.

Demi meningkatkan kapasitas, pengetahuan serta ilmu baru seputar laundry, banyak orang terus mencari ilmu dari berbagai sumber. Mendatangi pameran, membaca buku, membeli majalah hingga berseluncur di internet dilakukan oleh para pengusaha laundry. Tak terkecuali di Indonesia.

Hal inilah yang menjadikan Maria Eva mengambil kesempatan untuk mendirikan sebuah lembaga training khusus untuk bisnis laundry. Diberi nama ME Laundry Training Centre (MLTC), Maria Eva berkomitmen menghadirkan pembaruan dan update ilmu seputar bisnis laundry.

“Awal didirikan ME Laundry Training Centre ini adalah bentuk komitmen saya sebagai Sekretaris Jenderal di Asosiasi Laundry Indonesia (ASLI),” kata Eva.

Pemilik CLOP Laundry ini berkata, sebagai Sekjen ASLI ia merasa bertanggungjawab agar komitmen organisasi bekerjasama dengan asosiasi laundry sedunia CINET terus terjaga.

“CINET punya banyak program, termasuk pelatihan secara berkala. Praktis, ASLI butuh satu tempat untuk dijadikan pusat pelatihan,” ujarnya.

Dari situ, Eva bertekad untuk mematangkan konsepnya membuat pusat pelatihan. Selain itu, ME Laundry Training Centre juga sekaligus sebagai kantor sekretariat ASLI. Tempatnya berkantor saat mengurus organisasi.

Bertempat di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, MLTC kini juga dilengkapi dengan workshop laundry di lantai satu. Sehingga bisa digunakan untuk percontohan atau referensi langsung peserta training.

“Tadinya banyak yang mencibir saya bikin tempat ini. Banyak yang mencemooh ide saya,” kata Eva mengenang.

Pelatihan cuci sepatu

MLTC sempat terbengkalai tanpa program selama 6 bulan karena ia cukup disibukkan dengan sejumlah agenda organisasi. “Tekor saya. Bayar gaji dan operasional  tanpa pemasukan,” katanya terkekeh.

Namun kini, MLTC telah menjadi tempat rujukan bagi para pencari ilmu seputar bisnis laundry. Bahkan, dalam satu tahun berdiri, ia mengklaim telah berhasil membimbing 300 lebih pengusaha laundry.

Bukan hanya dari Indonesia, beberapa pengusaha laundry dari Malaysia pernah tercatat sebagai peserta pelatihan di MLTC.

Sejumlah pemateri telah ia datangkan. Bukan hanya sekedar cuci mencuci, sejumlah mentor manajemen bisnis hingga teknisi mesin laundry telah diundangnya menjadi pembicara.

Peserta Training Laundry MLTC Malaysia

Selain itu, MLTC juga telah bekerjasama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk melakukan uji kompetensi dan sertifikasi para trainer dan pengurus ASLI.

Bahkan, Eva juga telah merilis jadwal kegiatan pelatihan yang akan digelar satu tahun ke depan. Tampak sejumlah pembicara di bidang teknis mesin, manajemen bisnis, strategi marketing, bedah bisnis cuci sepatu dan tas, pelatihan cuci sofa, pelatihan cuci stroller hingga pembukuan bisnis masuk dalam jadwalnya.

Maria Eva – Pemilik MLTC

“Saya berharap dengan adanya MLTC ini bisa tumbuh profesional-profesional baru di bidang laundry agar usaha laundry ini tak lagi dipandang sebelah mata,” kata Eva bersemangat.

Dari situ ia pun berdoa agar bisnis laundry semakin maju dan dapat menyerap tenaga kerja sebanyak-banyaknya.

MLTC juga telah disupport oleh sejumlah brand-brand mesin laundry terkemuka.

ME Laundry Training Centre beralamat di:
Jl. Lapangan Ros Selatan No. 16A, Tebet Timur, Tebet, Jakarta Selatan 12820

Kontak: 081213381770
Email: info@melaundry.com
Website: www.melaundry.com
(aw)

Bagikan Sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares