cerdas laundry apakah mlm

Siapa Founder Cerdas Laundry?

Cerdas Laundry sedang menjadi trending topic di grup-grup komunitas laundry. Ini lantaran sistem investasi bisnis dan sistem rekrutmen pelanggannya yang menarik untuk dijadikan bahan diskusi.

Dari sekian komentar yang masuk, lebih banyak komentar yang kontra dengan sistem yang mereka buat. Tak heran, karena rata-rata anggota grup komunitas laundry adalah mereka yang sudah memiliki usaha laundry. Mereka sudah tahu seluk beluk usaha laundry, baik dari sisi investasi maupun sisi perekrutan pelanggan.

Sistem pembelian lisensi sebesar Rp15 juta yang diterapkan oleh Cerdas Laundry adalah hal yang paling banyak dibahas.

Banyak yang berkomentar, uang sebanyak itu mending dibelikan perlengkapan untuk memulai usaha laundry.

Selain itu, menurut anggota grup tersebut Cerdas Laundry masih berupa konsep. Belum terbukti memberikan hasil. Masih sebatas konsep bisnis.

Sementara itu jika dikaitkan dengan lisensi bisnis, ada relevansinya dengan sistem waralaba atau franchise.

Padahal, untuk menjual sebuah konsep waralaba atau franchise, sebuah bisnis haru memiliki Surat Tanda Pendaftaran Waralaba atau STPW. Sebelum mendapatkan itu, sebuah bisnis apapun tidak diperbolehkan menjual sistem waralaba.

Kalaupun ingin menjaring owner baru, bisa dengan sistem kemitraan, pembelian paket usaha atau Paket Business Opportunity.

Lalu siapa founder Cerdas Laundry?

Founder Cerdas Laundry adalah Didik Mulato. Didik Mulato adalah praktisi bisnis online. Merintis usaha penjualan komputer, usaha laundry dan berkarir di asuransi PT. Prudential dan menjadi Senior Agency Manager di kantor PT. Prudential Palangkaraya.

Malang melintang di dunia marketing rupanya membawanya ke adaptasi bisnis digital.

Didik Mulato adalah founder Komunitas Bisnis Digital atau kerap disebut KBD.

Dalam setiap promosinya, KBD selalu melampirkan prestasinya masuk rekor MURI sebagai penyelenggara seminar dengan undangan secara digital peserta terbanyak.

Hingga hari inipun, KBD terus mengadakan seminar online Komunitas Bisnis Digital.

Salah satu cara mencari pesertanya adalah dengan mengirimkan pesan melalui WhatsApp. Biasanya, pesan itu akan menyapa secara personal dengan menyebut nama bisnis kita.

Setelah itu, pesan kedua berisi ajakan untuk ikut Seminar Bisnis Digital melalui aplikasi zoom.

Nah, pesan melalui WhatsApp itu disebar dengan menggunakan sebuah sistem bernama Cerdas.In.

Cerdas.in itu juga merupakan produk besutan Didik Mulato.

Produk cerdas.in ini juga ada kemiripan dengan sistem MLM. Merekrut member baru untuk menjadi user cerdas.in bisa dapat bonus, sedangkan jika tidak merekrut dan menggunakan saja produknya, bisa untuk meningkatkan omzet bisnis. Begitu klaim mereka.

Cerdas.in ini bisa men-scrap data, lalu mengirim pesan secara massal melaui WhatsApp. Bisa digunakan untuk membroadcast promo ke pelanggan, ucapan ulang tahun atau mem-blast pesan untuk merekrut member atau pelanggan baru.

Untuk mempelajari sistem cerdas.in ini, calon member bisa mengikuti seminar online yang dipandu langsung oleh Didik Mulato.

Dalam seminar itu, selain membahas mengenai peluang bisnis, pengembangan usaha, juga tentu saja dijelaskan tentang aplikasi cerdas.id, Aman Tour dan bisnis KBD lainnya termasuk Cerdas Laundry.

Nah itulah, sekilas tentang founder Cerdas Laundry yang disebut-sebut mirip MLM.

Ikuti video menarik seputar bisnis laundry di Channel Majalah Laundry

One comment

  1. Ini waralaba laundry terparah, pengelolalanya ternyata tidak berkompeten sama sekali. calon investor tidak dibekali surat perjanjian kerjsama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tips & Trik Bisnis Laundry GRATIS Langsung ke HP Anda.

Masukkan alamat email Anda, jadilah bagian dari komunitas eksklusif yang akan menerima email secara berkala seputar pengembangan bisnis laundry.