Home / Serba Serbi / Tips Mencuci Celana Jins

Tips Mencuci Celana Jins

Bagikan Sekarang!

Tips Mencuci Celana Jins di Mesin Cuci

Jins adalah jenis celana yang sangat populer dipakai orang. Bahannya terasa nyaman dan serbaguna, serta dapat dipadu padankan dengan kemeja dan jaket atau dikenakan santai dengan t-shirt. Kebanyakan jins terbuat dari bahan kapas, sehingga ia tahan lama dan akan bertahan lama dengan perawatan yang tepat. Belajar dasar-dasar cara mencuci celana jins akan membantu untuk menjaganya terlihat baik dan awet selama bertahun-tahun.

Berikut tips mencuci celana jins di mesin cuci:

1. Atur mesin cuci anda dengan mode soft.

Untuk menjaga jins anda terlihat sama seperti ketika anda membelinya, cucilah jins pada siklus lembut. Hal ini akan mengurangi keausan pada jins anda, sehingga warna dan desain tidak berubah.

Gunakan deterjen ramah lingkungan ketika anda mencuci jins anda. Jangan gunakan pemutih atau menggunakan deterjen dengan pemutih.

Anda juga dapat menggunakan pelembut kain jika anda ingin jins anda sedikit lebih lembut.

2. Isi mesin cuci dengan air bersuhu normal.

Jangan mencuci celana jins dengan air panas. Sebab air panas dapat menyebabkan jins kehilangan warna, terutama jins berwarna gelap.  Air panas juga dapat mengerutkan kain. Adapun air hangat bisa anda gunakan saat mencuci jins anda.

3. Balik bagian dalam jins ke luar.

Mencuci jins bisa abrasif untuk kain. Tidak hanya membuat pakaian bergesekan satu sama lain, tapi juga dapat merusak warna dan kain.

Bacalah label pada celana jins anda untuk melihat apakah ada petunjuk spesifik untuk mencuci jins yang perlu anda ikuti. Beberapa jins harus dicuci terpisah di cucian pertama. Pastikan untuk mengikuti petunjuk perawatan yang dianjurkan.

4. Masukkan jins anda ke mesin cuci hanya dengan jins atau pakaian lainnya dengan warna serupa.

Salah satu faktor utama yang perlu dipertimbangkan saat mencuci jins adalah lunturnya pewarna jins. Mencuci terlalu sering bisa membuat jins anda kehilangan warna.

Jika anda mencuci jins dengan pakaian berwarna terang, anda akan mewarnai pakaian lainnya dalam cucian anda. Agar aman, cucilah semua jins anda secara terpisah.

5. Kurangi load cucian Anda. Mencuci celana jeans yang kotor membutuhkan banyak ruang untuk membuatnya efektif dicuci. Memang sih Anda bisa menambahkan sabun, tetapi kotoran sulit dibuang keluar apabila load cuciannya terlalu banyak.

6. Keringkan secara bertahap jins anda.

Jangan letakkan jins anda dalam pengering. Hindari pengeringan berlebihan jins anda untuk mencegah penyusutan dan hilangnya warna pada kain.

Jika anda ingin mengeringkan celana jins anda dalam pengering untuk beberapa saat, keringkan pada mode low heat. Angkat jins anda ketika masih sedikit basah dan biarkan  kering pada rak penjemuran.

Sebelum anda menempatkan jins pada rak penjemuran, regangkan kain untuk membantu menghindari penyusutan.

Lipat jins sekali pada bagian lutut dan gantung pada gantungan baju atau rak kering. Memperbanyak lipatan pada jins yang baru saja kering dapat menyebabkan kain jins keriput dan berlipat.

Bagikan Sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares